Penuh Kontroversial, Ini 4 Hal Seputar Mugshot Challenge

annehsannehs - Jumat, 10 April 2020
Penuh Kontroversial, Ini 4 Hal Seputar Mugshot Challenge
Mugshot challenge vs. real mugshot. (Foto: Instagram @JamesCharles/NY Daily News)

NAMPAKNYA kebosanan self-quarantine di tengah Corona membuat orang semakin kreatif dalam membuat berbagai tantangan. Mulai dari Until Tommorow Challenge, Dalgona Coffee, Nasi KFC, sampai tari-tarian TikTok, kini muncul lagi tren bernama Mugshot Challenge yang cukup kontroversial.

Berikut merupakan segala informasi seputar Mugshot Challenge!

Baca juga:

Putus Cinta Saat 'Self Quarantine'? 5 Lagu Ini Bikin Nangis Jadi 'All Out'

1. Apa itu Mugshot Challenge?

Mugshot Abby Roberts. (Foto: twitter @Taylorlorenz)
Mugshot Abby Roberts. (Foto: twitter @Taylorlorenz)

Dilansir dari Vox, Mugshot Challenge adalah tren yang dimulai sekitar minggu lalu, dimana para make-up artist dan influencer mulai merekam diri mereka menggunakan make-up yang berantakan seperti maskara yang menyebar ke bawah mata seperti habis menangis, darah palsu di bagian wajah, serta lebam-lebam.

Baca juga:

Sudah Eksis Ikut #UntilTomorrowChallenge Belum?

2. Ini arti mugshot sesungguhnya

Mugshot Ted Bundy, pembunuh berantai psikopat. (Foto: NY Daily News)
Mugshot Ted Bundy, pembunuh berantai psikopat. (Foto: NY Daily News)

Dilansir dari Vocabulary, mugshot merupakan foto yang diambil polisi ketika seseorang ditangkap dan terlibat dalam suatu kasus. Biasanya mugshot diambil seketika pelaku dibawa ke kantor polisi.

Baca juga:

3 Film Legendaris yang Mempengaruhi Budaya Populer, Wajib Kamu Tonton #DirumahAja!

3. Apa tujuan dari #mugshotchallenge?

Mugshot milik Corinna Kopf. (Foto: twitter.com @corinnakopf)
Mugshot milik Corinna Kopf. (Foto: twitter.com @corinnakopf)

#mugshotchallenge bukan tentang menunjukkan foto mugshot-mu yang sesungguhnya. Ide yang ingin ditampilkan adalah ingin menunjukkan seperti apa kondisimu di kondisi lain. Kamu akan memberikan bayangan bahwa kamu akan tetep terlihat lucu ketika berada di dalam masalah.

Baca juga:

Ganti 4 Kebiasaan Buruk Pacaran Ala Gen Z dengan Cara 'Old Fashioned'

4. Para beauty influencer mendapatkan respon negatif dari netizen

View this post on Instagram

mugshot

A post shared by James Charles (@jamescharles) on

Beberapa influencer terkenal di dunia tampak mengikuti challenge ini termasuk James Charles, Corinna Kopf, dan Abby Roberts.

Namun respon negatif kerap didapati di kolom komentar media sosial mereka. Contohnya James Charles, ia dianggap kurang sensitif, tidak bertanggung jawab dan dianggap mengecilkan kekerasan dalam rumah tangga.

Baca juga:

Resep Dalgona Coffee, Minuman Hits di Instagram Cocok untuk #DiRumahAja

Salah seorang netizen Twitter bernama Carrie Day juga mengatakan bahwa mugshot challenge dari James Charles ini mengingatkannya pada dua operasi hidung yang harus ia lakukan akibat kekerasan dalam rumah tangga yang ia alaminya.

"(...) ini bukan masalah yang bisa dianggap enteng. Kamu harus lebih paham. Kamu harus meminta maaf kepada orang-orang. Ini bisa menjadi pemicu dan menyinggung," ungkapnya di Twitter.

Menanggapinya, Charles menulis, "Hi babe, I’m so sorry that you went through something so awful and traumatic. It’s a TikTok trend going around where people post their ‘mugshots’ and has nothing to do with domestic violence whatsoever. Love you.”

"Hai sayang, aku sangat menyesal kamu harus melewati sesuatu yang begitu mengerikan dan traumatis. Ini adalah tren Tiktok di mana orang-orang mengunggah 'mugshot' mereka dan tidak ada hubungannya sama sekali dengan kekerasan dalam rumah tangga. Love you." (shn)

Baca juga:

Instagram@mas_fotokopi Ajak Pelaku Coffeshop Jalankan Tiga Inisiatif Keren Ini

Bagikan
Ditulis Oleh

annehs

Bagikan