Resep Dalgona Coffee, Minuman Hits di Instagram Cocok untuk #DiRumahAja Dalgona Coffee hanya membutuhkan empat bahan. (Foto: Elite Daily)

MEDIA sosial menjadi sasaran orang-orang membunuh kesepian dalam isolasi mandiri. Salah satu yang tengah viral membuat minuman favorit karantina saat ini, Dalgona Coffee.

Dilansir dari JessicaInTheKitchen.com, dalgona coffee (Korean coffee) disebut juga dengan istilah whipped coffee atau Tiktok coffee. Karena pertama kali dipopulerkan melalui Tiktok. Karena bahan yang digunakan tidak banyak cara pembuatannya mudah, yuk coba buat sendiri Dalgona Coffee biar enggak ketinggalan tren!

Baca juga:

3 Sarapan Sehat yang Mudah Dibuat Saat 'Self Quarantine'

1. Buat whipped coffee terlebih dahulu

Aduk sampai teksturnya menyerupai gambar. (Foto: jessica in the kitchen)
Aduk sampai teksturnya menyerupai gambar. (Foto: jessica in the kitchen)

Bahan-bahan yang dibutuhkan biasanya pasti dimiliki oleh setiap dapur di rumah, yaitu kopi instan, gula, susu, dan air panas. Dengan menggunakan mixer, kamu bisa membuat kopi ini dalam waktu lima menit saja lo!

Dilansir dari JessicaInTheKitchen.com, pertama-tama kamu harus membuat whipped coffee terlebih dahulu. Ambil dua sendok teh kopi hitam bubuk instan, dua sendok teh gula pasir, dan dua sendok teh air panas ke mangkuk bersih.

Aduk menggunakan mixer selama dua sampai lima menit. Jika kamu tidak memiliki mixer, kamu bisa menggunakan alat hand whisk dan mengaduknya dengan tangan selama kurang lebih 15 menit. Kuncinya adalah melakukan gerakan zig zag ketika mengaduknya, tidak harus selalu dengan gerakan lingkaran besar yang searah.

Tidak dianjurkan menggunakan sendok untuk mengaduknya karena akan memakan waktu yang sangat lama dan bisa membuatmu pegal.

Baca juga:

5 Hobi 'Crafting' untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik, Nomer 4 Paling Keren!

2. Membuat Dalgona Coffee versi panas atau dingin

Iced Dalgona Coffee. (Foto: Jessica in the kitchen. )
Iced Dalgona Coffee. (Foto: Jessica in the kitchen. )

Dalgona coffee bisa dibuat versi dingin maupun panas sesuai selera. Jika kamu ingin yang panas, kamu bisa menghangatkan susunya terlebih dahulu, baru kemudian ditambahkan whipped coffee yang telah dibuat. Jika lebih menyukai kopi dingin, kamu bisa menggunakan susu dingin atau tambahkan es batu.

3. Bahan lain

Dalgona coffee versi Green Tea. (Foto: TikTok @veggiekins)
Dalgona coffee versi Green Tea. (Foto: TikTok @veggiekins)

Kamu bisa menggunakan brownies sebagai topping, atau mencelupkan cookies ke dalgona coffee yang telah kamu buat. Jika kamu penyuka rasa manis, kamu juga bisa menambahkan karamel di atasnya. Jika kamu ingin membuat versi matcha green tea, kamu bisa mengganti kopi instan menjadi bubuk matcha. (shn)

Baca Juga:

Bobot Aman Selama #DiRumahAja

Kredit : shenna

Tags Artikel Ini

Shenna

LAINNYA DARI MERAH PUTIH