Kuliner
Magdalena, Food Vlogger Jagoan Bagi UMKM Kuliner di Masa Pandemi Magdalena kerap memberikan dampak positif bagi para UMKM Kuliner (Foto: instagram @mgdalenaf)

SEJAK pandemi COVID-19 melanda Indonesia, banyak orang-orang yang mengalami kesulitan. Karena dampak pandemi begitu besar pada kehidupan banyak orang.

Salah satu yang cukup terdampak yakni sektor industri kuliner. Banyak para pedagang yang mengeluhkan turunnya omset bahkan terpaksa berhenti berjualan, karena tidak berputarnya modal lantaran sepi pembeli.

Baca Juga:

Jeny Tjahyawati, Jagoan Modest Fashion Indonesia

Berawal dari banyaknya keluhan dari para pelaku UMKM (Foto: screenshot YouTube MGDALENAF)

Melihat hal itu salah satu food vlogger ternama tanah air, Magdalena, terus berupaya untuk membantu para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) kuliner, agar bisa bertahan di masa pandemi COVID-19.

Dalam video di kanal YouTubenya, Magdalena mengaku bahwa masa pandemi khususnya di tahun 2020 merupakan tahun yang berat bagi setiap orang. Dari mulai kehilangan pekerjaan, kehilangan kesempatan kerja, hingga kehilangan anggota keluarga.

Tak terkecuali dirinya sendiri karena, saat pandemi banyak pekerjaan yang terpaksa tertunda akibat Pandemi COVID-19.

"Saat itu gue mendapat penyadaran, harusnya keluh kesah gue enggak boleh lebih besar dari rasa syukur gue," ujar Magdalena pada kanal YouTube MGDALENAF.

Saat itu ketika pemerintah menerapkan Pembatasn Sosial Berskala Besar (PSBB), Magdalena banyak menerima Direct Message (DM) di Instagramnya, perihal keluh kesah para pelaku UMKM tentang bisnis makannya. Hingga akhirnya Magdalena berserta tim berupaya melakukan sebuah pergerakan.

"Akhirnya waktu itu gue kumpulin DM, terus gue riset singkat via DM. Gue ajak ngobrol gimana kondisi warungnya, lalu tim gue riset mendalam secara langsung. Gue suruh mereka buat datengin, buat nyobain makanannya dan buat datengin warungnya apa bener kayak gitu," tutur food vlogger yang murah senyum tersebut.

Baca Juga:

Batavia Artanugraha, Wedding Organizer Jagoan Bagi Calon Pengantin

Steak Potik, salah satu UMKM yang merasakan dampak luar biasa setelah didatangi oleh Magdalena (Foto: screenshot YouTube MGDALENAF)

Dari sekian banyak DM yang masuk, salah satu yang akhirnya dipilih Magdalena untuk di datangi dan dibuatkan video tentang makanan dan tempat makan tersebut adalah Steak Potik, yang berada di kawasan Tangerang.

Saat itu Madgalena mendapat DM dari followersnya, bahwa di dekat rumahnya ada warung steak murah meriah, yang penjualnya merupakan manan pekerja di restoran bintang 5. Magdalena menjelaskan, bahwa selama pandemi COVID-19 melanda, warung steaknya jadi sangat sepi, dan selama 5 tahun perkembangan warungnya tidak signifikan.

Akhirnya Magdalena pun memilih untuk membuatkan video. Kemudian, malam hari setelah video tayang, warung steak tersebut langsung antri hingga 3 jam. Setelah sekitar satu bulan di datangi oleh Magdalena. Dirinya sempat syuk ketika datang kembali, tempat steak potik menjadi luas, dan bahkan sudah ada dua ruko, dari semula hanya ruko kecil saja.

Dampak video yang dibuat oleh Magdalena tentang warung steak tersebut, sangat luar biasa. Hal itu diakui oleh Suminto, pemilik Steak Potik, yang sempat bekerja di restoran bintang lima.

"Kesannya setelah didatangi mbak Magdalena, sangat-sangat menggetarkan. Iya betul antrinya sempat tiga jam, karena karyawannya waktu itu baru 4-5, sekarang udah 20," ujar Suminto dengan nada sumringah.

Mendapat kabar tersebut, Magdalena pun mengaku sangat senang karena dampak videonya sangat positif.

"Selamat yah pak, sebetulnya saya fasilitator doang.Kalau memang makanannya menarik, ceritanya juga menarik pasti temen-temen bakal dateng, dan puji tuhan ternyata efeknya luar biasa," kata Magdalena.

Baca Juga:

Pelatih, Sosok di Balik Kesuksesan Atlet Negeri Aing

Warung Nasi Goreng Warna-Warni Pak Thole mendadak ramai paska dikunjungi oleh Magdalena (Foto: screenshot YouTube MGDALENAF)

Menariknya lagi, berdasarkan penuturan pemilik Steak Potik, daging yang awalnya per hari cuma 1-5 kg, saat ini bisa habis 30-40 kg per harinya. Ini membuat Magdalena semakin senang, karena dalam kurun waktu sekitar sebulan sejak videonya tayang, perkembangannya sudah sangat besar.

Selain itu, menurut Magdalena, dari sisi kualitas daging di Steak Potik semakin membaik, rasanya tetap enak, dan yang pasti harganya murah banget. Kemudian UMKM pilihan Magdalena yang lainnya yakni Nasi Goreng Warna, Warni Pak Thole, yang dahulu pegawai Chef William Wongso.

Singkat cerita Pak Thole memutuskan memulai usaha sendiri, karena sudah 10 tahun bekerja tidak ada peningkatan ekonomi yang signifikan. Warung makan Nasi Goreng Pak Thole dikabarkan sempat ramai di tahun 2014. Namun pada tahun 2017 mulai sepi, dan ditambah lagi pandemi COVID-19 yang membuat warungnya semakin sepi.

Karena hal itulah Magdalena langsung menyambangi warung nasi goreng warna-warni Pak Thole, dan membuatkan sebuah video yang ditayangkan di kanal YouTubenya. Tak lama sejak videonya tayang, malam hari warungnya yang terletak di kawasan Panglima Polim, Jakarta Selatan, langsung diserbu pembeli.

"Semenjak mbak Magda kesini alhamdulillah pelanggan-pelanggan pada dateng semua. Bisa tiga kali lipat lebih jumlahnya. Waktu pertama kali pas video tayang bisa dua jam ngantrinya. kalau sekarang sih sekitar setengah jam," ungkap Pak Thole seraya menebar senyum dengan wajah yang ceria.

Baca Juga:

Ismawanty, Jagoan Bagi Anjing Terlantar

Magdalena sangat senang bisa memberikan perubahan yang sangat besar bagi kehidupan Pak Thole dan keluarga (Foto: screenshot YouTube MGDALENAF)

Ketika kembali berkunjung ke warung nasi goreng warna-warni Pak Thole, Magdalena menjelaskan bahwa pengunjungnya sangat-sangat ramai. Apalagi dia datang di malam Minggu, dan harus antri lebih dari setengah jam untuk bisa menikmat nasi goreng warna-warni Pak Thole.

Selain itu, ketik kehadiran Magdalena yang kedua kalinya di sana, membuat istri dari Pak Thole tak kuasa menahan haru hingga menitihkan air mata bahagia. Banyak perubahan yang signifikan, sesudah warung tersebut dikunjungi oleh food vlogger Magdalena.

"Saya mau ngucapin makasih banyak, mau curhat sedikit, sebelum kakak (Magdalena) datang. Saya dan suami agak kesulitan keuangan, mau bayar kontrakan aja sulit. Terus sekarang sudah alhamdulillah, bersyukur banget, makasih banyak kak," ujar istri Pak Thole, seraya memeluk Magdalena.

Saat itu Magdalena pun langsung memeluk Istri dari Pak Thole yang tengah menangis haru bahagia, dan menyatakan turut berbahagia atas dampak positif dari video yang dibuat olehnya. Selain Steak Potik dan Nasi Goreng Warna-Warni Pak Thole, Magdalena juga telah menyambangi sejumlah UMKM Kuliner lainnya, dan memberikan dampak positif dan langsung menjadi Viral.

Berkat pergerakannya di media sosial dan memberikan dampak positif, Magdalena layak disebut sebagai 'Jagoan' dalam memviralkan UMKM Kuliner yang mengalami kesulitan di masa pandemi. (Ryn)

Baca Juga:

Rumah Harapan Melanie, Jagoan Bagi Masyarakat Rentan

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Bantuan Tabung Oksigen dan Sembako untuk Penanganan COVID-19 di Karawang
Hiburan & Gaya Hidup
Bantuan Tabung Oksigen dan Sembako untuk Penanganan COVID-19 di Karawang

TMMIN dan BenihBaik.com sumbang 100 tabung oksigen ukuran 6 meter kubik.

Logan Paul Pakai Kartu Pokemon Sebagai Jimat Lawan Floyd Mayweather
Fun
Logan Paul Pakai Kartu Pokemon Sebagai Jimat Lawan Floyd Mayweather

Kartu tersebut memiliki nilai yang sangat mahal.

Kemenpora Dorong E-Sports Masuk Pembahasan UU Sistem Keolahragaan Nasional
Fun
Kemenpora Dorong E-Sports Masuk Pembahasan UU Sistem Keolahragaan Nasional

E-sports di Indonesia telah menunjukkan grafik peningkatan yang cukup signifikan

Beberapa Jenis Bunga yang Bisa Dikonsumsi
Fun
Beberapa Jenis Bunga yang Bisa Dikonsumsi

Berikut ini bunga-bunga yang bisa kalian konsumsi.

Bossy Banget, Zodiak ini Terkenal Jadi si Tukang Ngatur
Fun
Bossy Banget, Zodiak ini Terkenal Jadi si Tukang Ngatur

Mengontrol karena mereka tegas dan memiliki sudut pandang yang kuat tentang cara hidup seharusnya.

Intip Trailer 'Old', Film Thriller Psikologis Terbaru dari M. Night Shyamalan
ShowBiz
Intip Trailer 'Old', Film Thriller Psikologis Terbaru dari M. Night Shyamalan

Diproduseri, disutradarai, dan ditulis oleh Shyamalan sendiri.

Mengenal Toprak Razgatlioglu, Juara Baru WSBK
Fun
Mengenal Toprak Razgatlioglu, Juara Baru WSBK

Ia menjadi pembalap Turki pertama yang menjadi juara dunia WSBK.

Diamond untuk Akselerasi Game Free Fire
Fun
Diamond untuk Akselerasi Game Free Fire

Mendapatkan diamond dengan biaya minimal.

Pentingnya Memastikan Tumbuh Kembang Anak di Masa Pandemi
Fun
Pentingnya Memastikan Tumbuh Kembang Anak di Masa Pandemi

Periode tumbuh kembang anak tidak tergantikan.

GTA VI akan Pakai Latar Tema Vice City?
Fun
GTA VI akan Pakai Latar Tema Vice City?

GTA VI rumornya akan rilis pada 2025.