Sains

Mimpi Tenggelam? Ini Penjelasan Ilmiahnya

P Suryo RP Suryo R - Rabu, 14 Oktober 2020
Mimpi Tenggelam? Ini Penjelasan Ilmiahnya
Makna di balik mimpi tenggelam. (Foto Unsplash/Cristian Palmer)

MIMPI terkadang seperti mendekati kenyataan. Seperti mimpi terjatuh, dikejar-kejar, telanjang, dan tersesat adalah sebagian kecil dari banyak mimpi yang biasanya disebut sebagai vivid dreams.

Vivid dreams ialah istilah ketika mimpi terasa sangat nyata sampai membuat kita susah untuk membedakan apakah hal yang kita mimpikan itu nyata atau tidak. Ternyata ada makna di balik setiap vivid dreams. Lantas bagaimana dengan mimpi tenggelam. Apa makna di baliknya?

Baca Juga:

Ketahui 5 Fakta Tentang "Lucid Dream", Kegiatan Mengatur Mimpi saat Tidur

mimpi
Mimpi tenggelam artinya kamu sedang mengalami rasa stres dalam hidup. (Foto: Pexels/Life Of Pix)

Jika kamu pernah bermimpi tenggelam, kamu pasti familiar dengan perasaan takut yang begitu mencekam. Kamu tidak bisa bernapas karena seolah sedang berusaha keluar dari air. Setelah terbangun dari mimpi ini, kamu akan merasa lebih tenang karena akhirnya tersadar bahwa sebenarnya kamu aman berada di atas kasur, bukan di dalam air.

Nah, menurut studi dari Amerisleep hampir sembilan persen orang mengaku pernah mengalami mimpi berulang tentang tenggelam. Mengutip 'Bustle', mimpi tenggelam terjadi karena kamu sedang mengalami rasa stres dalam hidup.

Melansir 'Dream Moods', jika kamu bermimpi sedang tenggelam artinya kamu sedang merasa kewalahan dengan semua emosi yang kamu rasakan. Emosi ini bukan hanya berkaitan dengan rasa marah saja. Bisa jadi kamu sedang kewalahan dengan emosi bahagia, sedih, kesal, takut, jijik, terkejut, dan sebagainya.

Sementara air dilambangkan sebagai elemen yang berkaitan dengan emosi atau perasaan. Jadi masuk akal jika perasaan seolah-olah berada dalam air berhubungan dengan emosi intens yang kamu rasakan di dunia nyata.

Baca Juga:

Mimpi Buruk Ternyata Ada Manfaatnya

mimpi
Bermimpi melihat orang tenggelam artinya kamu sedang terlibat dalam sesuatu di luar kendalimu (Foto: Pexels/Luca Nardone)

Cynthia Richmond, pakar mimpi dan penulis buku Dream Power: How to Use Your Night Dreams to Change Your Life, mengatakan bahwa takut tenggelam dalam bahasa mimpi ialah rasa takut terlalu terlibat dalam perasaan serta takut kehilangan diri sendiri.

Tempat tenggelam dalam mimpi juga memiliki arti yang berbeda-beda. Ketika bermimpi tenggelam di laut dan terbawa arus atau ombak, ini menunjukkan bahwa si pemimpi sedang dilanda situasi yang tiba-tiba dalam hidup yang sulit untuk diproses atau ditangani secara emosional.

Jika bermimpi tenggelam di kolam berenang mungkin menunjukkan bahwa ada beberapa hal baik yang terjadi dalam hidup namun tidak seindah kelihatannya. Sementara jika kamu bermimpi tenggelam dalam tsunami ini merupakan tanda adanya ketakutan atau trauma yang belum terselesaikan.

Sebaliknya jika kamu menyaksikan orang lain tenggelam dalam mimpi artinya kamu mungkin sedang terlibat dalam sesuatu yang berada di luar kendalimu. Atau bisa juga kamu sedang merasa kehilangan identitas diri sendiri alias krisis eksistensi.

Baca Juga:

Ilmuwan MIT Kini Bisa Kendalikan Mimpi

mimpi
Mimpi tenggelam adalah vivid dreams yang tidak menyenangkan. (Foto: Pexels/Evelyn Chong)

Lain ceritanya jika kamu bermimpi sedang menyelamatkan seseorang yang sedang tenggelam. Mimpi ini bisa berarti kamu sudah berhasil mengenali emosi tertentu yang sedang dirasakan di dunia nyata. Tapi jika kamu gagal menyelamatkan orang tersebut, mungkin kamu sedang merasakan ketakutan atau ketidakmampuan dalam menangani sesuatu. Jika memimpikan peristiwa ini artinya kamu perlu mencari tahu apa yang membuatmu merasa takut atau terjebak.

Terakhir jika kamu bermimpi sedang menenggelamkan seseorang ini bisa mengindikasikan kamu sedang berusaha menekan emosi tentang sebuah peristiwa atau orang tertentu. Misalnya kamu bermimpi sedang menenggelamkan mantan. Itu bukan berarti kamu ingin menyakitinya tapi lebih kepada kamu ingin menghapus maupun menekan perasaan yang kamu miliki dengan si mantan.

Pada dasarnya mimpi tenggelam memang salah, vivid dreams yang tidak menyenangkan. Untuk menyelesaikannya, kamu perlu mencari tahu terlebih dahulu emosi apa yang kamu rasakan di dunia nyata dan berusaha mengatasinya. Dengan begitu harapannya mimpi tenggelam ini tidak akan berulang dan membuat tidurmu jadi lebih nyenyak. (sam)

Baca Juga:

Benarkah Mimpi Buruk Dapat Membunuhmu?

#Teknologi #Mimpi #Tidur
Bagikan
Ditulis Oleh

Samantha Samsuddin

Be the one who brings happiness
Bagikan