Ilmuwan MIT Kini Bisa Kendalikan Mimpi Mengendalikan mimpi bukan lagi hal yang mustahil (Sumber: Pixabay)

FILM Hollywood Inception menggambarkan tentang kemampuan seseorang untuk masuk ke dalam mimpi dan mengendalikannya. Film science fiction tersebut terasa begitu jenius dan sangat fiktif. Namun kini mengendalikan mimpi bukan lagi menjadi hal mustahil.

Sekelompok ilmuwan dari Massachusetts Institute of Technology (MIT) mengklaim mereka mampu mengendalikan mimpi lewat reaksi kimia dari dalam tubuh. Tim Dream Lab dari MIT percaya bahwa memasukkan suara dan aroma ke alam mimpi dapat membuat hidup kita lebih baik. Sebelum mengeluarkan kesimpulan tersebut, mereka membuat penelitian yang fokus di hipnagogia (keadaan saat seseorang hendak memasuki alam mimpi yang terletak di antara alam sadar dan alam bawah sadar).

Baca juga:

Langkah Mudah dan Praktis Untuk Tidur Cepat

Penelitian tersebut menggunakan sebuah alat bernama Dormio. Alat tersebut mirip sarung tangan, dilengkapi dengan sensor yang memantau pergerakan otot, detak jantung, dan konduktansi kulit. Dormio digunakan untuk mengetahui perjalanan nokturnal seseorang.

Tidur
Kendalikan mimpi saat kita tertidur (Sumber: Dreams)

Baca juga:

Bangun Tidur Kepala Terasa Berat, Bisa Jadi Kamu Was-Was

Ketika pemakai memasuki tahap hipnagogia, Dormio akan memainkan cuplikan audio dan merekam apapun respon dari pengguna. Ketika alat Dormio menyebut kata 'harimau', para peserta uji coba memimpikan kucing besar tersebut. Percobaan tersebut membuktikan bahwa suara memengaruhi mimpi kita. Lebih menariknya lagi, para peneliti menemukan isyarat audio juga dapat meningkatkan kemampuan mereka pada tugas yang menuntut kreativitas.

Tidur
Kendalikan mimpi dapat meningkatkan kreativitas (Sumber: Sourcefed)

Sementara untuk aroma, para peneliti percaya aroma tertentu menuntun seseorang pada ingatan tertentu. Aroma yang positif disebut bisa menaklukkan ingatan traumatis. "Kamu bisa sembuh tanpa sepenuhnya sadar," ucap peneliti Dream Lab, Judith Amores.

Penelitian brilian tersebut rupanya menimbulkan kontroversi tersendiri. Ada masalah etika yang begitu serius. Pengendalian alam mimpi seseorang bisa menganggu pola tidur seseorang dan membuat mereka insomnia. Terlepas dari pro kontra yang timbul, penelitian ini menunjukkan bahwa teknologi membuka potensi pada otak saat kita terlelap. (avia)

Baca juga:

Bahaya Dari Tidur Kelamaan

Kredit : iftinavia


Iftinavia Pradinantia

LAINNYA DARI MERAH PUTIH