Kesehatan

Mimpi Buruk Ternyata Ada Manfaatnya

P Suryo RP Suryo R - Selasa, 06 Oktober 2020
Mimpi Buruk Ternyata Ada Manfaatnya
Mimpi adalah bunga tidur, bagaimana kalau mimpi buruk? (Foto: Pexels/Pixabay)

MIMPI adalah bunga tidur, menurut anggapan dalam masyarakat. Namun kalau yang hadir mimpi burul, apakah dianggap sebagai bunga tidur?

Toh, mimpi buruk yang menyeramkan penuh dengan hantu atau bentuk hal yang menakutkan lainnya, ternyata memberikan manfaat. Faktanya sebuah hasil penelitian yang dimuat pada jurnal ilmiah berjudul Human Brain Mapping, disebutkan bahwa mimpi buruk memberikan manfaat.

Baca Juga:

Sering Mimpi Buruk? Begini Cara Mengatasinya

Menyiapkan otak

mimpi
Tidak kaget saat terjadi di dunia nyata. (Foto: Pixabay/hainguyenrp)


Yup, kamu mengalami mimpi buruk misalnya dimarahi bos. Maka, kamu tidak akan kaget ketika di kehidupan nyata mengalami hal serupa. Karena, mimpi buruk membantu otak untuk mempelajari situasi yang mengerikan ketika bermimpi buruk. Sehingga ketika terjadi di dunia nyata, otak akan memberikan respon yang lebih baik dalam artian tidak memberikan respon kaget kepada tubuh.

2. Melepaskan emosional

mimpi
Menjadi tempat pelepasan emosi. (Foto: Pexels/cottonbro)


Sebuah video yang keluarkan oleh New York Megazine, The Good Side of Bad Dreams menunjukan bahwa mimpi buruk dapat melepaskan emosional. Saat bermimpi buruk terjadi di tengah malam, kamu mungkin akan melepaskan semua emosional yang terjadi di kehidupan nyata sebelumnya. Sehingga hal ini berdampak positif ketika sudah bangun di pagi hari. Kamu akan merasa lebih ringan dan lebih bahagia.

Baca Juga:

6 Makanan Ini Ternyata Penyebab Kamu Bermimpi Buruk

3. Kesehatan fisik

mimpi
Mimpi buruk dapat membakar kalori. (Foto: Pexels/Ricardo Esquivel)


Ketika mimpi buruk, secara tidak langsung otak memberikan reaksi kepada tubuh seperti meningkatkan aliran darah, ketakutan yang membuat badan berkeringat dan meningkatkan detak jantung.Mengutip laman time.com, tidur yang mengalami mimpi buruk dapat membakar kalori sebanyak 50 sampai 100 kalori.

4. Penyebab mimpi buruk

mimpi
Ada beberapa faktor yang menjadi pemicu terjadinya mimpi buruk. (Foto: Pexels/Anatoliy Valentine)

Nah, lalu apa saja yang menjadi penyebab seseorang mengalami mimpi buruk? Ternyata orang yang memiliki depresi, makan sebelum tidur, mengomsumsi alkohol dan kurang tidur. Maka dari itu hindari hal-hal tersebut agar tidur lebih berkualitias. Dikutip laman alodokter, waktu ideal dewasa remaja rentang umur 18-25 tahun adalah 7-9 jam per harinya. (ray)

Baca Juga:

Benarkah Mimpi Buruk Dapat Membunuhmu?

#Kesehatan #Mimpi #Tidur
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan