Di SMA Selamat Pagi Indonesia, Diajarkan 'Life Skill' istem Pendidikan 'Spesial' di SMA Selamat Pagi Indonesia, menjadikan para siswa memiliki kemampuan lebih dalam life skill (Foto: Mp/Aldi Fadlillah)

MENAPAKI jejak awal mula terbentuknya SMA Selamat Pagi Indonesia yang berada di Jl. Pandanrejo No.1, Batu, Jawa Timur. Sekolah ini memang memiliki rekam prestasi yang luar biasa.

Narasumber pada kesempatan kali ini yakni Risna Amalia Ulfa, S.Si., M.M., yang merupakan Kepala Sekolah SMA Selamat Pagi Indonesia.

Sebelum SMA Selamat Pagi Indonesia dibuka pada Juni 2007, pada awal tahun 2007 Risna telah mendapat informasi dari beberapa rekannya, jika akan ada sekolah gratis untuk anak yatim piatu yang membutuhkan guru matematika.

Baca Juga: Menapaki Jejak SMA Selamat Pagi Indonesia yang Inspiratif

Ketika itu Risna pun langsung melamar pekerjaan di SMA Selamat Pagi Indonesia yang mengajarkan mata pelajaran matematika.

Namun awalnya Risna sempat ragu untuk mengajar di SMA Selamat Pagi Indonesia. Ia tak yakin dirinya bisa. Hal itu lantaran background dari para siswa yang notabene merupakan anak-anak yatim piatu dan tidak mampu.

"Saya sempat ragu awalnya ketika ditawari untuk menjadi guru disini, karena latar belakang mereka anak-anak yatim piatu dan tidak mampu. Pasti mereka membutuhkan sesuatu yang lebih dari apa yang saya ajarkan di matematika. Kemudian saat dijalani malah hari demi hari membuat saya semakin yakin bahwa saya harus bisa menjadi bagian dari sekolah ini," jelas Risna Amalia Ulfa, Kepala Sekolah SMA Selamat Pagi Indonesia.

Kepala Sekolah SMA Selamat Pagi Indonesia, Risna Amalia Ulfa, S.Si., M.M. (Foto: Mp/Aldi Fadlillah)

Bagi Risna, bisa dipercaya bisa mengajar di SMA Selamat Pagi Indonesia bukanlah sebuah kebetulan. Apalagi Sekolah tersebut memberikan pendidikan dan biaya hidup gratis untuk anak-anak yatim piatu yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Tentunya dengan latar belakang yang beragam seperti suku, ras, agama dan golongan. Risna percaya jika ini rencana Tuhan yang indah untuk hidupnya.

Sejak tahun 2007 ia menjadi guru matematika di SMA itu. Baru pada akhirnya pada tahun 2009 Risna dipercaya oleh yayasan untuk menjadi Kepala sekolah SMA Selamat Pagi Indonesia.

Bukan sekedar ijazah saja

Divisi bisnis berawal dari kegelisahan para calon alumni angkatan pertama di tahun 2009 (Foto: Mp/Aldi Fadlillah)

Menurut Rina, Julianto Eka Putra selaku founder dari sekolah ini mengajaknya untuk menjadi bagian dari orang-orang yang mau terlibat langsung untuk berbuat lebih, melayani lebih dari sekedar pendidikan akademis di sekolah ini.

Tantangan bagi SMA Selamat Pagi Indonesia adalah siswa-siswanya tak hanya membutuhkan pendidikan formal saja. Ini karena karena latar belakang mereka. Seperti tak mempunyai keluarga atau faktor mutu pendidikan yang rendah di SD atau SMPnya. Jadi bekal siswa-siswa setelah lulus dari sekolah ini bukan sekedar ijazah, mereka harus memiliki kemampuan untuk hidup mendiri.

Saat itulah pihak sekolah menjadikan usaha yang ada menjadi usaha bersama dari para calon alumni. Karena begitu dilakukan voting, ada lebih dari 60% alumni yang memutuskan ingin tetap tinggal di SMA Selamat Pagi Indonesia.

Beberapa divisi bisnis pun lahir berkat kegigihan para siswa dalam mengembangkannya (foto: Mp/Aldi Fadlillah)

Setelah itu muncul permasalahan yang kedua. Dimana para siswa yang ada di SMA Selamat Pagi Indonesia, kesulitan untuk mengikuti kurikulum yang ditetapkan oleh kementerian. Mengapa demikian? Karena kondisi sebelumnya mereka sangat beragam, ada yang baru lancar membaca, ada juga yang mempunyai kognisi sangat rendah. Hingga ketika sekolah menjalani kurikulum yang harus setara SMA, para guru mempunyai kesulitan yang cukup besar.

Dari berbagai permasalahan tersebut, pihak sekolah menjadikan usaha yang ada sebagai laboratorium untuk siswa-siswi yang masih belajar. Karena pihak sekolah menyadari, pendidikan karakter atau life skill tak cukup jika hanya mengajar di sebuah kelas tertutup. Para siswa harus berbuat, mereka harus mengalami tantangan dan menghadapi masalah sebagai asahannya. Laboratorium itulah yang dibuat pihak sekolah sebagai asahan untuk siswa siswi mempunyai pendidikan lebih untuk bekal hidup mereka masing-masing.

Pendidikan life skill juga diutamakan

Selain pendidikan akademis, pendidikan life skill juga diutamakan (Foto: Mp/Aldi Fadlillah)

SMA Selamat Pagi Indonesia mengembangkan pendidikan life skill, orientasi pendidikan menuju kepada anak yang mempunyai kemampuan untuk dapat mandiri bukan hanya akademik saja.

Dalam artian, akademik skill tetap penting untuk kebutuhan jenjang SMA, namun pendidikan life skill juga diutamakan. Sama dengan sekolah pada umumnya dengan kurikulum yang sudah ditetapkan, namun di SMA Selamat Pagi indonesia mempunyai style berbeda didalam layanan pendidikan.

BACA JUGA: Anak Garuda, Kisah Nyata Tujuh Alumni Sekolah SPI Meraih Kesuksesan

Jadi setiap siswa akan menjalani jadwal pelajaran seperti biasa, namun layanan pendidikannya lebih panjang. Dimana akan ada siswa yang menjalani pelajaran akademis seperti biasa, dan secara bergantian siswa juga wajib menjalani praktik di laboratorium pendidikan life skill.

"Lebih jelasnya, yang membuat khusus sekolah ini adalah jadwal pelajaran yang berjalan dari jam 08.00 WIB pagi hingga pukul 22.00 WIB. Dimana Jam 07.30 - 15.00 WIB gunakan untuk pembelajaran akademis seperti biasa. Di jam itu ada anak yang tatap muka, ada anak yang harus praktik," jelas Risna, Kepala Sekolah SMA Selamat Pagi Indonesia.

Pendidikan Akademik tetap berjalan seperti sekolah pada umumnya (foto: Mp/Aldi Fadlillah)

Untuk anak yang tatap muka seperti pemberian mata pelajaran biasa. Bagi anak yang praktik, maka mereka akan mendapat layanan dari jam 15.00 sampai 22.00 WIB untuk akademis dengan private lecturer.

Konsekuensi dari sistem layanan yang ada pada SMA Selamat Pagi Indonesia , akhirnya setiap guru mata pelajaran, mempunyai bahan ajar khusus yang diberikan pada siswa yang disebut dengan sale, student expreience learning. Sale merupakan kontekstual dari disetiap pelajaran yang ada pada mata pelajaran.

Dalam perjalanan hingga tahun ke-13 SMA ini, ada banyak hal signifikan terjadi. Sang Kepala Sekolah menuturkan jika kini karakter anak-anak sangat terasah dan pembentukan karakternya sangat terukur.

Selain terjun langsung ke divis usaha, para siswa juga dibekali pebiasaan karakter hidup yang baik (Foto: Mp/Aldi Fadlillah)

Hal itu tak terlepas dari corporate culture yang ada di SMA ini, yakni karakter hidup yang baik dengan PAKSA (Pray, Attitude, Knowledge, Skill dan Action). Mereka harus berdoa/beribadah, kemudian menambah pengetahuan, memiliki kemampuan yang dipraktikan lewat divisi usaha, dan memiliki kecerdasan dalam bertindak.

Karena pada ujungnya, pihak sekolah akan mengeluarkan dua sertifikat. Sertifikat pertama itu berupa ijazah resmi dari kementerian pendidikan. Kemudian sertifikat kedua yaitu sertifikat PAKSA sebagai penilaian life skill dari pihak sekolah ambil sejak mereka masuk ke sekolah itu sampai mereka lulus. Harapannya sertifikat itulah yang bisa mengantarkan mereka ke dunia kerja atau untuk mendapatkan pendidikan yang lebih tinggi.

Baca Juga: 5 Kebiasaan ini Akan Membantumu Lebih Efektif dalam Belajar

Menerapkan sistem pendidikan yang mengutamakan life skill

Ada beberapa kendala dalam menerapkan pendidikan life skill (Foto: Mp/Aldi Fadlillah)

Menurut Rina, kendala awalnya ialah membuat siswa siswi bisa mempunyai pola pikir yang benar tentang hakekat sebuah pendidikan. Karena di awal itu para murid menganggap pendidikan ialah di dalam kelas, tatap muka dengan guru dan materi yang mereka temui ialah pembelajaran. Tidak ada yang lebih rendah atau tinggi dalam proses pembelajaran.

"Karena jika itu benar-benar jadi passion dan para siswa menemukan talent mereka ada disana. Justru inilah yang menjadi bekal hidup mereka. Jadi membuat mereka terbuka pola pikirnya itu tantangan di awal yah bukan menjadi faktor penghambat tapi tantangan di awal," jelas Risna Amalia Ulfa.

Seiring berjalannya waktu, dalam prosesnya, tantangan selanjutnya adalah bagaimana cara mengupgrade bahan ajar guru harus selalu up to date di SMA Selamat pagi indonesia.

Aturan yang tak boleh dilanggar

ada beberapa peraturan yang tak boleh dilanggar (foto: Mp/Aldi Fadlillah)

Pada SMA Selamat Pagi Indonesia, ada beberapa peraturan yang tak boleh dilanggar. Peraturan yang tak bisa ditoleransi pertama yaitu mencuri, yang kedua berpacaran, dan yang ketiga itu untuk mereka yang pindah agama, karena SMA Selamat Pagi Indonesi menginginkan setiap siswa untuk mencintai agama mereka masing-masing. Jika mereka ada pilihan, bisa dilakukan tapi di luar SMA Selamat Pagi Indonesia. Konsekuensi bagi para pelanggar peraturan itu, ialah akan dikembalikan pada orangtua atau orang yang mengantarkan siswa tersebut ke SMA Selamat Pagi Indonesia.


Syarat Untuk Mendaftar Masuk Sekolah

Siswa di SMA Selamat Pagi Indonesia berasal dari berbagai wilayah di Indonesia (foto: selamatpagiindonesia.org)

Syarat utama untuk mereka yang bisa diterima menjadi siswa SMA selamat pagi indonesia, lebih diutamakan yatim piatu dulu. Kedua yatim saja atau yang piatu saja. Setelah itu yang orangtuanya masih ada tapi pihak sekolah memastikan keadaannya benar-benar tidak mampu. Tentunya diseperti lampiran berkas penunjang seperti surat keterangan kematian, dan surat keterangan tidak mampu.

Namun selain pengisian formulir dengan syarat-syarat tersebut, yang menjadi seleksi utama pihak sekolah dalam bagian dari perekrutan yaitu wawancara lewat video call. Dimana ada beberapa pertanyaan yang akan disampaikan lewat video call, sebagai pertimbangan sekolah untuk masukan mereka dalam kriteria lulus seleksi.

Karena menurut pihak sekolah, saat ini whatsapp sangat mudah dijangkau dimana-mana. Jadi saat mengisi formulir itu harus mencantumkan nomor whatsapp keluarga/ibu panti atau siapapun yang bisa kami ajak mereka wawancara.

Baca Juga: Belajar Bahasa Asing Dapat Menunda Terjadinya Demensia


Waktu libur

Hari Sabtu Minggu diisi untuk full praktek di laboratorium yang sekaligus menjadi divisi usaha (foto: Mp/Aldi Fadlillah)

Waktu bersekolah disini dilaksanakan dari mulai hari Senin sampai Jumat. Sementara Sabtu dan Minggu mengikuti kegiatan praktik yang berhubungan dengan orang-orang di luar sekolah.

Jika dari hari Senin hingga Minggu ada banyak kegiatan? Lantas kapan ada jadwal libur? Mereka akan bisa libur pada tiap akhir semester. Mereka diperbolehkan pulang ke daerah atau ke keluarganya, namun atas biaya sendiri. Karena pihak sekolah telah mengcover segala kebutuhan kehidupan dan pendidikan, dari mulai mereka datang hingga lulus. Tetapi jika waktu senggang izin keluar untuk pergi ke tempat wisata terdekat diperbolehkan, hanya saja secara bergantian.

"Kalau boleh ditanya setiap hari mana tegangnya? Jadi ya rileks aja, karena kan ada layanan yayasan yang istimewa banget. Tiap semester rekreasi, semester 1 misalnya ke Jatim Park , semester 2 ke Surabaya ke Bromo. Kelas 11 ke Jogja 5 hari 3 malam menginap di hotel bintang 4 gratis difasilitasi yayasan, ke Bali 3 hari 2 malam gratis. Belum lagi ketika kita menjalankan program literasi, dimana para siswa diwajibkan nonton film ke bioskop, ya anak-anak kita secara bergilir kita ajak nonton film-film update ke XXI atau Cinemaxx gitu," ucap Risna.

Terdapat sebuah program experiental learning, dimana para siswa bisa belajar dengan berkunjung keluar negeri (foto: selamatpagiindonesiaorg)

Selain itu, Risna juga menambahkan jika ada program berkelanjutan experiental learning, dimana para siswa belajar seraya pergi keluar negeri. Seperti Singapura, Macau, Eropa dan sebagainya. Namun tak semua siswa, hanya siswa yang mempunyai nilai PAKSA (Pray, Attitude, Knowledge, Skill dan Action) baik yang bisa direkomendasikan pergi ke luar negeri.

Sedikit informasi pada SMA Selamat Pagi Indonesia, seluruh biaya pendidikan sekolah gratis tanpa dipungut biaya sedikitpun. Selain itu para Siswa juga mendapat fasilitas asrama, makan gratis 3 kali sehari, snack, pakaian, sepatu, seragam sekolah, peralatan mandi hingga asuransi seluruhnya dicover oleh sekolah. (ryn)

Baca Juga: Melihat Berbagai Manfaat Belajar Seni untuk Tumbuh Kembang Anak

Kredit : raden_yusuf


Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH