5 Kebiasaan ini Akan Membantumu Lebih Efektif dalam Belajar Tips efektif untuk Belajar (Foto: Pixabay)

KURANG bisa mengerti apa yang kamu sedang pelajari? Atau kamu sering mendapatkan ujian mendadak tetapi kamu belajar untuk persiapan? Atau kamu tidak dapat berkonsentrasi saat belajar? Merangkum laman oxfordlearning, cobalah untuk melakukan beberapa kebiasaan di bawah ini agar ilmu atau pelajaran yang kamu dapat di kelas bisa dikuasai dengan baik.

1. Terorganisir

5 Kebiasaan ini Akan Membantumu Lebih Efektif dalam Belajar
Kunci efektif dalam belajar (Foto: Oregon State University)

Cobalah untuk membuat tugas-tugas kamu terorganisir. Jika ada PR atau tugas kuliah, kamu dapat menulisnya di catatan kecil kamu.

Cara yang cukup efektif adalah dengan menggunakan sticky notes yang bisa kamu tempel di kamar kamu dan tulislah tugas apa yang akan datang besok. Jadi kamu tidak akan lupa jika kamu punya PR yang kamu harus kerjakan.

2. Selalu Simak Pelajaranmu di Kelas

5 Kebiasaan ini Akan Membantumu Lebih Efektif dalam Belajar
Lakukan partisisipasi saat belajar di kelas (Foto: Kaplan Financial)

Simak pelajaranmu di kelas, bertanya kepada guru atau dosen kamu jika kamu tidak mengerti. Jika hal ini sering kamu lakukan maka kamu akan dapat menyerap ilmu dengan lebih baik dan efektif, ketimbang duduk diam menunggu kelas selesai.

3. Jangan Biarkan Waktu Belajar Terganggu

5 Kebiasaan ini Akan Membantumu Lebih Efektif dalam Belajar
Carilah tempat yang menurutmu paling nyaman dan kondusif untuk belajar (Foto: The Versed)

Mungkin ini yang paling sulit dan sering banyak dialami oleh banyak orang, ketika mereka tidak bisa fokus dikala ada yang mengganggu saat sedang belajar.

Cobalah untuk mencari tempat yang cocok seperti perpustakaan, cafe, atau gunakan headset jika kamu sedang dirumah dan dengarkan lagu-lagu yang memotivasikan kamu untuk belajar.

4. Pastikan Catatanmu Lengkap

5 Kebiasaan ini Akan Membantumu Lebih Efektif dalam Belajar
Membuat catatan adalah hal yang penting dan efektif dalam belajar (Foto: The Best Colleges)

Catatan lengkap adalah kunci kesuksesan kamu pada saat kamu menghadapi ujian. Jika catatanmu tidak lengkap, cobalah untuk meminta temanmu untuk meminjamkan catatannya untuk melengkapi catatanmu.

Baca juga:

Metode Belajar Daring Makin Diminati Masyarakat Luas

Melihat Berbagai Manfaat Belajar Seni untuk Tumbuh Kembang Anak

Atau, cobalah mencari beberapa referensi di toko buku terdekat, agar pengetahuan yang kamu dapat tidak hanya dari sekolah atau kampus saja.

5. Buat jadwalmu

5 Kebiasaan ini Akan Membantumu Lebih Efektif dalam Belajar
Jadwalkan waktu belajar agar lebih efektif (Foto: 4Test Blog)

Ini adalah cara paling efektif. Cobalah untuk membuat jadwalmu kapan kamu harus belajar dan kapan kamu harus bermain atau free time kamu.

Beberapa orang mungkin ingin melebihkan waktu belajarnya daripada waktu bermainnya, dan juga sebaliknya. Cobalah untuk dapat menjadwalkannya dengan bijak. (dnz)


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya