Coba Malam Ini, 3 Posisi Tidur Ini Sangat Menyehatkan 3 Posisi Tidur serta akibatnya untuk tubuh. (Foto: healthline)

KUALITAS tidur kita pastinya mempengaruhi berbagai hal. Mulai dari mood, tingkat konsentrasi, sampai kesehatan tubuh kita sendiri. Tidak hanya itu, kesehatan kita juga bergantung dengan seperti apa posisi saat tidur.

Laman Healthline memuat, posisi tidur mampu mempengaruhi kesehatan kita lho! Jika posisi tidur tidak nyaman, maka kita akan mendapatkan tidur yang kurang berkualitas. Kamu pun akan cenderung merasa lemas dan tidak bersemangat. Posisi tidur juga mampu memperbaiki masalah pencernaan, sakit pinggang, dan kebiasaan suka ngorok.

Berikut merupakan tiga posisi tidur serta dampaknya bagi tubuh:

Baca juga:

Vaksin Corona Sudah Ada, Seperti Apa Khasiatnya?

1. Tidur menghadap sisi kiri memperlancar buang air besar

Tidur hadap kiri bermanfaat untuk pencernaanmu. (Foto: healthline)
Tidur hadap kiri bermanfaat untuk pencernaanmu (Foto: healthline)

Dilansir dari Healthline, tidur menghadap sisi kiri memiliki manfaat kesehatan yang paling banyak menurut para ahli. Ini disebabkan karena tubuh kita sesungguhnya tidak simetris. Meskipun tubuh kita terlihat simetris, namun penempatan organ tubuh membuat kita asimetris secara internal.

Posisi tidur mampu mempengaruhi sistem tubuh kita mengarahkan dan memproses limbah (feses dan urin) sehingga memudahkan kinerja ususmu. Jika kamu menderita radang usus, sulit buang air besar, sembelit, atau kondisi gastrointestinal lainnya, maka posisi tidur menyamping ke kiri membantu melancarkan pencernaanmu.

Baca juga:

Cegah Corona dengan Mengonsumsi 5 Makanan Peningkat Sistem Imun Tubuh

2. Tidur telentang membuat tulang belakang tetap lurus

Tidur telentang baik untuk mereka yang menderita sakit pinggang dan radang sendi. (Foto: healthline)
Tidur telentang baik untuk mereka yang menderita sakit pinggang dan radang sendi (Foto: healthline)

Bill Fish, seorang pelatih tidur yang telah tersertifikasi mengatakan tidur telentang mampu mengurangi beban pada pundak, rahang, dan mengurangi ketegangan dari sakit kepala. Tidur telentang juga ideal untuk mereka yang menderita sakit pinggang, lutut, radang sendi, radang kandung lendir, fibromyalgia, serta hidung tersumbat atau sinus.

Baca juga:

Ternyata Kepribadianmu Bisa Melindungi Dari Serangan Penyakit

3. Tidur tengkurap tidak baik walau ada manfaatnya

Hindari posisi tidur tengkurap.  (Foto: healthline)
Hindari posisi tidur tengkurap (Foto: healthline)

Bobot tubuh manusia paling besar berada di pusat tubuh. Itu menekan ke permukaan tubuh, sehingga menimbulkan ketegangan tulang punggung ke arah yang salah sehingga menyebabkan sakit punggung dan leher.

Fish mengatakan bahwa satu-satunya manfaat tidur tengkurap adalah membantu menjaga saluran udara agar tetap terbuka jika kamu suka mendengkur atau ngorok kencang. Namun, disarankan untuk tidur menghadap miring saja untuk menghindari ngorok. (shn)

Baca juga:

Apakah Aman Berenang di Tengah Pandemi Virus Corona?

Kredit : shenna

Tags Artikel Ini

Shenna

LAINNYA DARI MERAH PUTIH