Ternyata Kepribadianmu Bisa Melindungi Dari Serangan Penyakit Kepribadian bisa mempengaruhi kekebalan sistem imun. (Foto: inc.com)

SEPERTI tidak ada kaitannya, memang dianggap konyol bagaimana mungkin kepribadianmu bisa berhubungan dengan kesehatan atau kekebalan seseorang terhadap serangan penyakit. Meskipun begitu, hasil penelitian yang dilakukan oleh University of Nottingham ternyata berkata lain lho!

Penelitian yang dilakukan tahun 2014 ini menunjukkan hasil tes yang menyimpulkan bahwa kepribadian seseorang bisa memperngaruhi kekebalan tubuh terhadap penyakit lewat beberapa sampel darah dari gen yang berbeda. Yuk kita lihat kesimpulan dari penelitian tersebut.

Baca juga:

Ilmuwan: Kepribadian Seseorang Bisa Diketahui dari Cara Menggunakan Ponsel

1. Sampel darah dari partisipan yang memiliki lima dimensi kepribadian yang berbeda

Ternyata Kepribadianmu Bisa Melindungi Dari Serangan Penyakit
Tes darah dilakukan dalam penelitian ini. (Foto: New Atlas)

Dilansir dari laman sciencedaily, para ilmuwan dari University of Nottingham melakukan penelitian terhadap hubungan antara kesehatan dengan kepribadian seseorang.

Dari penelitian yang dilakukan pada bulan Desember 2014 tersebut, mereka menggunakan sampel darah dari partisipan yang telah melakukan tes lima dimensi kepribadian antara lain extroversion, neuroticism, opennes, agreeablesness, dan conscientiusness.

2. Ekstrovert lebih kebal penyakit

Ternyata Kepribadianmu Bisa Melindungi Dari Serangan Penyakit
Ekstrovert lebih kebal penyakit. (Foto: Fimela.com)

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa para partisipan yang memiliki kepribadian ekstrovert secara signifikan dikaitkan dengan peningkatan gen pro-inflammatory yang membantu memberantas penyakit. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ekstrovert lebih kuat dan memiliki kekebalan sistem imun yang lebih aktif.

Baca juga:

4 Zodiak ini Ternyata Pintar Menyembunyikan Kepribadian Asli Mereka

3. Introverts lebih rentan sakit

Ternyata Kepribadianmu Bisa Melindungi Dari Serangan Penyakit
Introvert dianggap lebih rentan sakit daripada ekstrovert. (Foto: BBC)

Sedangkan orang dengan kepribadian yang lebih teliti atau lebih berhati-hati seperti para introvert, memiliki ekspresi gen pro-inflammatory yang kurang daripada para ekstrovert, sehingga lebih rentan terserang penyakit.

4. Kenapa kepribadian bisa terkait dengan kesehatan?

Ternyata Kepribadianmu Bisa Melindungi Dari Serangan Penyakit
Apa kaitannya? (Foto: kiplinger.com)

Meskipun telah disimpulkan bahwa ekstrovert lebih memiliki imun yang kuat, tetapi para ilmuwan belum bisa memastikan apakah kepribadian yang mempengaruhi biologi atau biologi yang mempengaruhi kepribadian seseorang. Meskipun begitu, mereka memiliki tebakan dengan eksposur yang sederhana.

Semakin sering kamu keluar dan berhubungan dengan orang banyak, maka akan lebih banyak kesempatan kamu berhubungan dengan segala jenis bakteri atau virus yang bisa membuatmu merasa sakit.

Maka dari itu, tubuhmu akan memberikan warning terhadap sistem kekebalan tubuh sehingga mereka akan bekerja lebih berat. Maka dari itu banyaknya bakteri yang telah dikenal oleh tubuhmu akan membuat dinding pertahanan yang lebih kuat agar kamu tidak mudah terserang penyakit.

Mudahnya, tubuhmu sudah terbiasa dengan banyak bakteri dan telah tahu cara membuat pertahanannya sehingga kamu tidak mudah terserang penyakit. (shn)

Baca juga:

Psikopat dan Sosiopat, Ketahui Dahulu Perbedaan Keduanya



Ananda Dimas Prasetya