4 Film Seputar Musik yang Mampu Mengubah Perspektifmu! Sing Street (2016) (Foto: Cut Print Film)

SERING dianggap sebagai bahasa yang universal, musik bisa dimaknai sebagai bentuk pengekspresian diri dan perasaan, pelarian, perjuangan, penghibur, atau inspirasi kehidupan.

Tidak hanya untuk manusia, musik juga sering menjadi inspirasi untuk pembuatan film. Mulai dari genre romansa sampai drama/LGBT, berikut merupakan empat film inspiratif yang berkorelasi dengan musik.

Baca juga:

Self-Quarantine Bagai LDR, Lakukan 4 Cara Pacaran Ala Pandemi Corona!

1. Sing Street (2016)

Film berlatar 80-an ini menceritakan tentang Conor, seorang remaja yang harus pindah ke sekolah yang lebih jelek dari sebelumnya. Selagi menyesuaikan kehidupannya dengan lingkungan yang baru, ia bertemu dan jatuh cinta dengan seorang perempuan. Untuk menarik perhatiannya, ia rela melakukan segala cara, termasuk membentuk band agar ia bisa terlihat keren dimata sang pujangga.

Sing Street mengekspresikan kearoganan remaja sekaligus pemberontakan yang sering terjadi di masa puber. Mengandung beberapa adegan yang manis seputar persahabatan dan percintaan, film ini juga menunjukkan seberapa penting peran keluarga dalam pembentukan karakter seorang anak.

Baca juga:

Ganti 4 Kebiasaan Buruk Pacaran Ala Gen Z dengan Cara 'Old Fashioned'

2. Green Book (2018)

Film yang berhasil menerima lebih dari 14 penghargaan termasuk tiga piala Oscar, tiga piala Golden Globe, BAFTA, dan Toronto International Film Festival ini memang memiliki cerita yang sangat inspiratif dan bermakna. Green Book mengandung unsur LGBT dan diskriminasi pada orang berkulit hitam pada zaman dahulu.

Film ini menceritakan tentang Don Shirley, seorang musisi terkenal yang kerap diundang kemana-mana namun tetap didiskriminasi berdasarkan warna kulitnya. Don mempekerjakan supir berkulit putih, yang sebenarnya juga cukup rasis dengan orang berkulit hitam. Namun seiring berjalannya waktu, kebersamaan mereka selama tur mampu mencairkan ketegangan dan memberikan perspektif baru yang positif satu sama lain.

Baca juga:

3 Film Legendaris yang Mempengaruhi Budaya Populer, Wajib Kamu Tonton #DirumahAja!

3. The Dirt (2019)

The Dirt adalah film biografi komedi garapan Netflix yang menceritakan tentang kisah nyata dari band heavy metal yang terkenal di era 80-an, Mötley Crüe.

Diperankan oleh Machine Gun Kelly, Daniel Webber, Iwan Rheon, dan Douglas Booth, film ini menjelaskan bagaimana kekayaan, popularitas, dan penggunaan obat-obatan terlarang menjadi penyebab kehancuran manusia.

Baca juga:

Putus Cinta Saat 'Self Quarantine'? 5 Lagu Ini Bikin Nangis Jadi 'All Out'

4. Yesterday (2019)

Film komedi romantis ini menggambarkan bagaimana jadinya dunia tanpa kehadiran The Beatles. Jack Malik, seorang musisi yang tidak tenar menjadi orang satu-satunya yang mengetahui karya-karya The Beatles, sehingga ia mengambil keuntungan dari mengklaim karya band asal Inggris tersebut.

Langsung meraih ketenaran secara instan, Jack Malik sadar bahwa tidak seharusnya ia meraih kesuksesan dengan membohongi semua orang. (shn)

Baca juga:

4 Film Disney Terbaik Dengan Makna yang Menyentuh!

Kredit : shenna

Tags Artikel Ini

Shenna

LAINNYA DARI MERAH PUTIH