Nikmati Ketenangan di Candi Banyunibo

Zulfikar SyZulfikar Sy - Kamis, 17 Maret 2016
Nikmati Ketenangan di Candi Banyunibo
Candi Banyunibo (Foto: Fredy WP)

MerahPutih Wisata - Banyak wisatawan mencari ketenangan di tempat-tempat terpencil maupun objek wisata perkebunan. Objek wisata jenis ini dikunjungi karena suasananya dapat membuat pikiran tenang.

Nah, untuk menuju lokasi seperti itu biasanya perlu menempuh perjalanan jauh karena letaknya yang selalu jauh dari pusat perkotaan. Namun, tidak demikian bila mengunjungi Yogyakarta.

Di Kota Seribu Candi ini terdapat destinasi wisata candi yang terletak di antara perkebunan dan persawahan. Jaraknya dari Kota Yogyakarta pun tidak jauh. Objek wisata ini ialah Candi Banyunibo.

Candi Banyunibo terletak di Dusun Cepi, Dusun Bokoharjo, Prambanan, Sleman, DI Yogyakarta. Jaraknya dari Kota Yogyakarta hanya sekira 17-18 km. Waktu tempuhnya hanya 45 menit. Bagaimana, cukup dekat kan?

Untuk mengunjungi Candi Banyunibo dari Kota Yogyakarta, ambil jalur Jalan Adisutjipto. Dari jalan ini, ambil arah menuju Solo, yang akan melintasi Jalan Raya Solo-Yogyakarta.

Bila sudah sampai di Kecamatan Prambanan, akan ada papan petunjuk candi peninggalan umat Budha ini. Dari jalan raya, pengunjung harus melintasi jalanan di mana akan banyak menemui para petani.

Candi Banyunibo berada di antara perkebunan dan perwasahan, sehingga selain ketenangan di hamparan pemandangan nan asri. Tak ada suara-suara gemuruh aktivitas masyarakat kota. Tak ada suara lalu lintas kendaraan bermotor. Sesekali suara burung terdengar.

Tips berkunjung ke Candi Banyunibo, bawalah air secukupnya. Bawa pula sedikit camilan untuk melengkapi lidah saat menikmati alam di sebelah candi. Tidak ada warung di dekat candi ini. (fre)

BACA JUGA:

  1. Menapaki Jejak Budha Era Mataram Kuno di Candi Banyunibo
  2. Candi Gebang Tempat Pemujaan Umat Hindu Saat Sulit
  3. Candi Gebang Suguhkan Suasana Lingkungan Asri
  4. Wisata Sejarah Pertanian Jawa Kuno di Candi Kedulan
  5. Candi Kedulan, Bukti Nyata Kemajuan Sistem Pertanian Jawa Kuno
#Candi Banyunibo #Yogyakarta #Wisata Candi
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan