Lippo Group Minati DIRE Asal BI Rate Turun

Luhung SaptoLuhung Sapto - Rabu, 04 November 2015
Lippo Group Minati DIRE Asal BI Rate Turun
Menko Perekonomian Darmin Nasution menjawab pertanyaan wartawan usai dipanggil Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Kamis (27/8). (Foto Setkab.go.id)

MerahPutih Properti - Penghapusan pajak ganda Dana Investasi Real Estate (DIRE) diminati Lippo Group. Lippo Group berencana memindahkan sebagian portofolio DIRE sebesar Rp35 triliun dari Singapura ke Indonesia tahun depan, asalkan pemerintah mau menurunkan suku bunga acuan (BI Rate).

Menanggapi hal tersebut, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution tidak banyak berkomentar dan hanya bisa tertawa geli.

"Menarik itu, tapi coba tanyakan itu ke Bank Indonesia (BI). Masa ke pemerintah, nanti dikira pemerintah intervensi BI," ujarnya sambil tertawa geli ketika ditemui di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Rabu (4/11).

Beberapa waktu lalu, pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) - Jusuf Kalla (JK) telah menerbitkan Paket Kebijakan Ekonomi Tahap V. Salah satu isi dari paket kebijakan itu adalah pemangkasan pajak ganda untuk instrumen keuangan yang disebut Kontrak Investasi Kolektif dari Dana Investasi Real Estate (KIK-DIRE).

Pemangkasan pajak berganda diyakini dapat menarik investasi yang biasa dilakukan perusahaan properti di luar negeri untuk kembali ke Indonesia. Sebab biasanya perusahaan properti membentuk perusahan baru khusus untuk mengelola asetnya. Perusahaan bentukan itu kemudian yang mengelola aset dan kemudian bermain di pasar modal, utamanya kebanyakan di Singapura.

Biasanya, pemerintah mengenakan pajak terhadap perusahaan properti dan anak perusahaannya. Namun dengan dikeluarkannya paket kebijakan tersebut, perusahaan hanya perlu membayar pajak satu kali. (rfd)

BACA JUGA:

  1. Upah Buruh Naik Tiap Tahun Berdasarkan Kenaikan Inflasi dan Pertumbuhan Ekonomi
  2. Ironis! Produksi Meningkat, Upah Pekerja Rokok Terendah
  3. Paket Ekonomi V Terdiri dari Dua Paket
  4. BPJS Ketenagakerjaan dan Bank BTN Kerjasama Wujudkan Rumah Murah
  5. Harga Rumah Naik Akhir Tahun

 

 

#Dana Investasi Real Estate (DIRE) #Darmin Nasution #Paket Kebijakan Ekonomi Jilid V
Bagikan
Ditulis Oleh

Luhung Sapto

Penggemar Jones, Penjelajah, suka makan dan antimasak
Bagikan