Kemendag Gelar Operasi Pasar Murah Beras Petugas Bulog memeriksa beras (ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto)

MerahPutih, Bisnis-Kementerian Perdagangan (Kemendag) menggelar operasi pasar beras ke sejumlah pasar tradisional di wilayah DKI Jakarta dan Pasar Induk Cipinang. Langkah ini dilakukan untuk menurunkan harga beras yang mengalami kenaikan dalam satu bulan terakhir. 

Berdasarkan data Sistem Pemantauan Pasar Kebutuhan Pokok Kemendag, harga beras medium secara nasional merangkak naik selama satu bulan terakhir. Pada 26 Agustus 2015, harga beras medium rata-rata nasional Rp10.164 per kilogram. Namun, pada Jumat (25/9) harga beras medium rata-rata nasional sudah mencapai Rp10.283 per kilogram. Artinya harga beras medium rata-rata nasional selama sebulan itu belum pernah di bawah Rp10.000 per kilogram. Normalnya, harga beras medium rata-rata nasional adalah Rp8.500 per kilogram.

Kemendag menilai kenaikan beras yang terjadi masih diambang batas normal. "Yang jelas kenaikannya itu tidak sampai 2 persen kalau dilihat," kata Direktur Jenderal (Dirjen) Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Srie Agustina di kantor Kemendag di jalan M.I. Ridwan Rais, Jakarta Pusat, Senin (28/9).

Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, Kemendag, Perum Badan Urusan Logistik (Bulog), dan Kementerian Pertanian (Kementan) menggelar operasi pasar murah. Bulog meluncurkan 21 truk beras sejumlah 140 ton yang akan disebar ke pasar-pasar tradisional DKI serta Pasar Induk Cipinang. 

"Biasanya untuk mengembalikan harga seperti sebelumnya kita akan melakukan operasi pasar. Dan, ini sudah jalan. Sudah dilakukan Selasa kemarin di Gudang Bulog," ujarnya. (rfd)

Baca Juga:

  1. Antisipasi Dampak El Nino, Pemerintah Tambah Kuota Beras Sejahtera
  2. Kebakaran di Kementerian ESDM Berasal dari Korsleting Listrik
  3. Pejabat Kemendag Belum Tahu Rencana Impor Beras
  4. Soal Impor 1,5 Juta Ton Beras Thailand, Jokowi Beda Pendapat dengan JK
  5. Polda Metro Jaya Bongkar Sindikat Pemalsuan Beras

 



Luhung Sapto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH