Berkas Ahok Akan Ditindaklanjuti KPK

Noer ArdiansjahNoer Ardiansjah - Selasa, 01 Desember 2015
Berkas Ahok Akan Ditindaklanjuti KPK
Prabowo Soenirman anggota Komisi D DPRD DKI Jakarta (Foto: Facebook Prabowo Soenirman)

MerahPutih Megapolitan - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaya Purnama atau Ahok dilaporkan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) oleh Panitia Khusus (Pansus) Laporan Hasil Pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (LHP BPK) DPRD DKI Jakarta, hari ini, Senin (30/11). Ahok dilaporkan ke KPK terkait pembelian lahan Rumah Sakit (RS) Sumber Waras di Grogol, Jakarta Barat seluas 36 hektare.

"Kami ke KPK untuk menyerahkan tembusan berkas Pansus LHP BPK. Salah satu rekomendasi kami meminta KPK mengambil langkah hukum karena Pemprov DKI tidak mengikuti rekomendasi BPK dan adanya indikasi kerugian daerah sebesar Rp191 miliar," ujar Wakil Ketua Pansus LHP BPK Prabowo Soenirman, Senin (30/11).

Selain data yang diserahkan Pansus LHP BPK, sebelumnya pengamat perkotaan dari Budgeting Metropolitan Watch (BMW) Amir Hamzah menyampaikan data tambahan soal pembelian lahan RS Sumber Waras ke KPK. Amir melapor ke KPK pada 19 Agustus lalu. Ia lalu menerima surat tanggapan dari KPK pada 10 September.

"Setelah mereka mempelajari, mereka jawab tanggapan bahwa akan ditindaklanjuti. Sudah ada surat itu, saya mendapatkan data baru. Ada kejanggalan dalam pembelian lahan Rumah Sakit Sumber Waras. Hal itu terlihat pada nilai jual objek pajak (NJOP). Perbedaan yang sangat ganjil adalah dari 2009 sampai 2013 tidak ada kenaikan Rp12 juta saja. Pada 2014, tiba-tiba naik jadi Rp20 juta. Ini keterangan NJOP dari pelayanan pajak," ujar Amir. (aka)

 

BACA JUGA:

  1. Sanusi Bantah Seret Ahok ke KPK sebagai Dendam Antarlembaga
  2. Muhammad Sanusi: KPK Wajib Tindak Lanjuti Laporan BPK
  3. Kasus RS Sumber Waras Bakal Seret Ahok ke KPK
  4. Hasil Pemeriksaan Ahok Segera Diserahkan kepada KPK
  5. Kasus Sumber Waras Ahok Sewot, M Taufik: Itu Sudah Kebiasaan
#DPRD DKI Jakarta #Gubernur Ahok #Kasus RS Sumber Waras #Rumah Sakit Sumber Waras #Prabowo Soenirman
Bagikan
Ditulis Oleh

Noer Ardiansjah

Tukang sulap.
Bagikan