Banjir dan Longsor di Sebagian Wilayah Sulawesi Utara, BNPB: 4 Tewas dan 1 Hilang

Zulfikar SyZulfikar Sy - Jumat, 24 Juni 2016
Banjir dan Longsor di Sebagian Wilayah Sulawesi Utara, BNPB: 4 Tewas dan 1 Hilang
Ilustrasi

Merahputih Nasional- Hujan lebat disertai cuaca ekstrem dan gelombang tinggi menyebabkan banjir dan longsor terjadi di beberapa daerah di Provinsi Sulawesi Utara pada Selasa (21/6) pagi hari. Data sementara yang dihimpun BPBD Provinsi Sulawesi Utara bencana banjir dan longsor terjadi di Kota Manado, Kota Tomohon, Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Kepulauan Sitaro, Kabupaten dan Kepulauan Sangihe.

Akibat bencana alam tersebut dilaporkan empat orang meninggal dunia dan satu orang hilang. "Data sementara dampak bencana banjir dan longsor 4 tewas, 1 orang hilang, dan ratusan rumah rusak," terang Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho melalui siaran pers, baru-baru ini.

Berdasarkan paparannya, empat korwan tewas, tiga orang diantaranya tersapu banjir dan lonsor di Kebupaten Kepulauan Sangihe. Sementara satu orang lagi tewas tertimpa pohon tumbang saat melintasi jalan di Kota Manado.

Lebih lanjut, akibat cuaca ekstrim tersebut akses laut menuju Kepulauan Sangihe belum dapat dilakukan dengan kapal laut. Komunikasi dengan BPBD setempat juga terkendala sehingga data masih terbatas.

Namun, upaya penanganan darurat tetap dilakukan. BPBD dibantu TNI, POLRI, SAR, dan masyarakat setempat telah melakukan evakuasi, pendataan dan mendropping logistik berupa makanan siap saji serta peralatan tidur.

"Pendataan masih dilakukan. Posko BNPB terus memantau perkembangan dan berkoordinasi dengan BPBD Provinsi dan BPBD Kabupaten/Kota. Logistik dan peralatan bantuan BNPB di gudang BPBD dikerahkan untuk memberikan bantuan kepada masyarakat terdampak," tuntasnya.

BACA JUGA:

  1. Duka Mendalam Jokowi Untuk Korban Banjir dan Tanah Longsor di Jawa Tengah
  2. Bengawan Solo Meluap, Warga : Sudah Biasa
  3. Bengawan Solo Siaga, BPBD Terus Evakuasi Korban Banjir
  4. Sejumlah Kecamatan di Solo Terendam Banjir
  5. Menu Opor Ayam Pedas Manis Solo Untuk Hari Raya
#Sulawesi Utara #BNPB #Bencana Alam
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan