Wajib Nonton, Rekomendasi 5 Film Dokumenter Tentang Musik di Netflix Beberapa rekomendasi film dokumenter musik yang bisa kamu tonton. (Foto: YouTube/Hip-Hop Evolution)

ERA digital membawa banyak perubahan, tak terkecuali di industri hiburan. Netflix salah satunya. Platform streaming film maupun serial yang belakangan banyak diminati. Menyediakan banyak tayangan menarik untuk para penggunananya. Tidak sedikit orang sudah menjadikan Netflix sebagai sarana hiburan sehari-hari.

Bagi kamu para pecinta musik, tidak lengkap rasanya jika tidak menonton film-film dokumenter seputar perkembangannya. Kamu bisa mendapatkan pengetahuan baru tentang musik yang kamu suka dari pegiatnya langsung.

Baca juga:

Homecoming, Film Dokumenter Penampilan Istimewa Beyonce di Coachella 2018 Segera Tayang di Netflix

Selain film dan serial, Netflix juga menyediakan beberapa film dokumenter. Tidak kalah menarik untuk ditonton dan tentunya memberikan pengetahuan mendalam untuk penontonnya. Dilansir dari berbagai sumber, berikut lima rekomendasi film dokumenter musik yang bisa kamu nikmati di Netflix.

1. Mr. Dynamite: The Rise of James Brown

Siapa yang tidak mengenal legenda musik soul Amerika Serikat James Brown? Penyanyi yang sering dijuluki sebagai 'The Godfather of Soul' itu, merupakan salah satu figur publik yang banyak memberikan pengaruh terhadap musik populer di abad 20.

Wafatnya James Brown pada 25 Desember 2006 silam, meninggalkan duka mendalam bagi penggemarnya. Kurang lengkap rasanya jika kamu tidak menonton film dokumenter musik yang satu ini. Film ini menceritakan tentang sisi-sisi seorang James Brown yang tidak diketahui banyak orang.

Dilansir dari laman IMDb, film yang disutradarai oleh Alex Gibney ini sempat mendapatkan Grammy Awards sebagai kategori Best Music Film pada 2016.

2. Amy

Film dokumenter yang disutradarai oleh Asif Kapadia ini membahas tentang kehidupan penyanyi sekaligus pengarang lagu Britania, Amy Winehouse.

Kamu bisa menyaksikan kehidupan Winehouse yang berjuang melawan penyalahgunaan obat-obatan sebelum dan sesudah karirnya melejit.

Sampai akhirnya ketergantungan obat yang dialami Winehouse menjadi penyebab kematiannya. Kisah baik maupun buruk dari seorang Amy Winehouse diceritakan secara jujur dalam dokumenter ini.

Baca juga:

Setelah Bohemian Rhapsody, ini 5 Film Biopik Lain yang akan Dibuat

3. Hip-Hop Evolution

Hip-Hop Evolution merupakan seri dokumenter musik Kanada yang mulanya diproduksi HBO Kanada pada 2016, telah diambil alih oleh Netflix.

Dalam dokumenter ini banyak pendapat dan hasil wawancara dari para musisi yang memberikan gambaran tentang sejarah musik hip-hop itu sendiri.

Dokumenter ini diproduksi oleh Russell Peters, Scot McFadyen, Sam Dunn, dan Nelson George. Film ini juga sudah memenangkan beberapa penghargaan diantaranya Peabody Award 2016 dan International Emmy Award 2017 untuk kategori Best Art Programming.

4. Chasing Trane

Film yang ditulis dan disturadarai oleh John Scheinfeld ini menceritakan tentang sebuah gambaran tentang kehidupan dari legenda musik jazz, John Coltrane.

Mulai dari keluarga, mantan rekan dalam dunia musik, hingga penggemarnya yang juga seorang musisi seperti Kamasi Washington, Wynton Marsalis, sampai Presiden AS ke-42 Bill Clinton. Semua dikemas secara apik dalam film dokumenter ini.

5. What Happened, Miss Someone?

What Happened, Miss Someone? adalah film dokumenter yang membahas tentang kehidupan seorang penyanyi berkebangsaan Amerika, Nina Simone.

Disutradarai oleh Liz Garbus, film ini menggambarkan bagaimana perjuangan seorang musisi perempuan dalam berkarya sekaligus menyikapi permasalahan sosial di saat yang bersamaan. Film dokumenter ini tayang perdana di Sundance Film Festival 2015. (And)

Baca juga:

Film Yesterday, Mencoba Mengingatkan Penonton pada Era Keemasan The Beatles


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH