Voldemort v Grindelwald, Siapa yang Lebih Kuat? Siapa yang lebih kuat antara Voldemort dan Grindelwald (Foto: IMDb)

PENGGEMAR film Fantastic Beasts patut berbahagia karena akhirnya syuting film ketiganya kembali dilanjutkan setelah sempat tertunda karena pandemi Corona. Salah satu karakter yang paling ditunggu selain Newt Scamander tentu saja adalah sang penjahat sendiri, Gellert Grindelwald.

Tapi pernahkah kamu bertanya-tanya, jika Grindelwald dan Voldermort berduel, kira-kira siapa yang akan menang ya? Soalnya secara posisi dua karakter ini memang ahlinya meneror dunia sihir buatan J.K. Rowling. Keduanya sama-sama kuat, sama-sama jahat, dan dibenci.

Baca juga:

'The Batman' dan 'Fantastic Beasts 3' Kembali Lanjutkan Syuting di Britania Raya

Namun di antara Voldermort dan Grindelwald, siapa yang lebih kuat? Ternyata menurut ScreenRant, Grindelwald lebih unggul lho. Mengapa? Yuk simak jawabannya.

Grindelwald lebih menguasai tongkat sihir elder

Voldemort v Grindelwald, Siapa yang Lebih Kuat?
Voldemort tidak berkuasa atas tongkat elder (Foto: IMDb)

Kalau kamu penggemar beratnya dunia sihir Harry Potter kamu pasti mengetahui tentang cerita tiga kakak beradik yang mencurangi kematian.

Berpura-pura memberi selamat, sang kematian memberikan tiga hadiah untuk masing-masing dari mereka, yaitu tongkat sihir yang paling sakti bernama elder wand, resurrection stone batu yang bisa membangkitkan orang yang sudah meninggal, dan the cloak of invisibility jubah sihir yang membuat pemakainya tidak terlihat.

Nah di buku terakhir Harry Potter and The Deathly Hallows, Voldemort berusaha mendapatkan tongkat elder tersebut agar bisa mengalahkan Harry Potter karena kabarnya tongkat ini bisa membuat pemiliknya mengalahkan penyihir manapun.

Sayangnya, tongkat sihir itu hanya melayani orang yang berhasil mengalahkan pemilik sebelumnya dan karena pada dasarnya pemilik asli dari tongkat itu adalah Harry Potter maka Voldemort enggak bisa mengalahkannya.

Sebelum mendapatkan tongkat elder dari makamnya Dumbledore, Grindelwald sebenarnya sudah memiliki tongkat ini sejak ia masih muda. Hal ini membuatnya bisa lebih mengeksplor kekuatan optimal dari tongkat sihir tersebut.

Makanya kalau dilihat dari perlengkapan, Grindelwald lebih kuat dari Voldemort karena pada saat itu, tidak seperti Voldemort, tongkat sihir elder setia sama Grindelwald karena dialah pemilik sahnya.

Baca juga:

Hibur Anak di Tengah Pandemi, J.K. Rowling Rilis Buku Dongeng 'The Ickabog' Gratis

Kelemahan fatal Voldemort karena Hocruxes

Voldemort v Grindelwald, Siapa yang Lebih Kuat?
Kelemahan fatal Voldemort terletak pada Hocruxes nya (Foto: IMDb)

Hal berikutnya yang membuat Grindelwald lebih unggul adalah kelemahan fatal dari Voldemort. Seperti yang kamu tahu, Voldemort enggak mudah mati karena dia membagi-bagi jiwanya ke beberapa benda yang bernama hocruxes.

Walaupun sekilas penggunaan hocruxes ini terlihat menguntungkan, namun sebenarnya ini adalah kunci kegagalannya Voldemort. Hal tersebut menunjukkan arogansi dan ketakutannya terhadap kematian.

Apalagi ia menaruh jiwanya ke dalam benda-benda monumental yang mudah dicari, seperti cincin kakeknya, piala Hufflepuff, kalung Slytherin, dan tiara Ravenclaw. Hal ini memudahkan Harry dan kawan-kawan untuk memusnahkannya. Sisi arogan dan ketakutannya terhadap kematian justru menjadi kelemahan fatalnya.

Berbeda dengan Grindelwald yang enggak punya ketakutan terhadap kematian. Ia percaya dengan dirinya sendiri dan hal ini justru membuatnya semakin kuat.

Kemampuan hebat Grindelwald sebagai pemimpin

Voldemort v Grindelwald, Siapa yang Lebih Kuat?
Perbedaan gaya kepemimpinan antara Voldemort dan Grindelwald (Foto: IMDb)

Terakhir dan yang mungkin paling terpenting adalah kemampuan keduanya sebagai seorang pemimpin. Grindelwald punya kemampuan hebat yang enggak dimiliki oleh Voldemort yaitu kehebatannya dalam mempersuasi dan memanipulasi orang di sekitarnya.

Ia mendapatkan dukungan dari pengikutnya dengan tipu daya serta propaganda namun dengan cara yang lembut dan indah. Sehingga orang mau mengikutinya.

Kamu bisa melihat contoh nyatanya dalam adegan akhir film Fantastic Beasts: Thh Crimes of Grindelwald ketika Queenie Goldstein akhirnya memutuskan untuk mengikuti Grindelwald karena mendengar janji-janji palsunya.

Berbeda 180 derajat dengan Grindelwad, Voldemort justru mendapatkan pengikut lewat ketakutan dan kebencian. Memang sih terkadang ketakutan memiliki kekuatan, namun loyalitas punya kekuatan yang lebih besar.

Misalnya nih intimidasinya Voldemort terhadap Snape enggak bisa membuatnya berbalik dari cintanya kepada Lily. Atau cintanya Narcissa Malfoy pada putranya justru membuat ia berbohong pada the dark lord. Sementara Grindelwald bisa membuat orang tetap loyal kepadanya karena ia bisa menghasut mereka untuk mencintainya.

Itu dia beberapa alasan mengapa Grindelwald jauh lebih kuat dibandingkan Voldemort. Apalagi Grindelwald punya satu keuntungan lagi yaitu dia lebih tampan karena memiliki hidung. (sam)

Baca juga:

Desain Masker Ajaib ala Peta Perampok di Dunia Sihir Harry Potter



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH