Hibur Anak di Tengah Pandemi, J.K. Rowling Rilis Buku Dongeng 'The Ickabog' Gratis J.K. Rowling persembahkan buku baru berjudul 'The Ickabog' (Foto: jkrowling.com)

PENULIS buku ternama J.K Rowling telah kembali! Bukan dengan buku Harry Potter terbaru, melainkan cerita dongeng untuk anak.

Sempat vakum selama beberapa tahun, Rowling kembali mengeluarkan buku terbarunya bertajuk The Ickabog. Walau baru dirilis, buku anak-anak ini sebenarnya sudah ditulisnya lebih dari satu dekade lalu lho.

Seperti dikutip dari website resminya, J.K. Rowling menuturkan bahwa ide cerita The Ickabog sebenarnya sudah ada sejak ia masih mengerjakan buku Harry Potter.

Mulanya The Ickabog akan diterbitkan Rowling setelah buku terakhir Harry Potter and the Deathly Hallows selesai ditulis. Namun sayangnya setelah cerita penyihir muda itu berakhir, Rowling memutuskan untuk beristirahat sejenak, ia justru membuat buku lain yaitu The Casual Vacancy juga The Cuckoo's Calling.

Baca juga:

Usir Bosan #DiRumahAja dengan Sihir Bersama 'Harry Potter At Home'

Cerita dongeng ini awalnya hanya untuk dibacakan kepada dua anaknya. Beruntungnya sekarang kamu juga bisa membaca kisah petualangan The Ickabog ini. Pasalanya sejak 26 Mei lalu Rowling mengumumkan akan membagikan cerita tersebut secara gratis melalui website theickabog.com.

Buku dongeng The Ickabog ditujukan untuk semua anak di dunia yang mengalami kejenuhan karena harus tinggal #DiRumahAja. Kabarnya, Rowling akan mengeluarkan satu sampai tiga bab setiap minggunya sejak 26 Mei sampai 10 Juli 2020. Nantinya akan ada total 34 bab dari buku ini.

Hibur Anak di Tengah Pandemi, J.K. Rowling Rilis Buku Dongeng 'The Ickabog' Gratis
Lima bab dongeng The Ickabog yang sudah diunggah (Foto: theickabog.com)

The Ickabog sendiri bercerita tentang kejujuran dan penyalahgunaan kekuatan. "Ini bukan Harry Potter dan tidak ada sihir. Benar-benar cerita yang berbeda," tulis Rowling.

Sampai 28 Mei 2020 sudah ada lima bab yang diunggah, yaitu King Fred the Fearless, The Ickabog, Death of a Seamstress, The Quiet House, dan Daisy Dovetail. Dari kelima bab tersebut, kamu akan diperkenalkan dengan dunia imajinasi Cornucopia dan beberapa karakternya.

Buku resminya akan dipublikasikan pada November mendatang dalam bentuk fisik, eBook, dan format audiobook. Royalti dari penjualan buku The Ickabog akan didonasikan untuk membantu orang-orang yang terdampak oleh pandemi COVID-19.

Selain bisa membacanya, Rowling juga menyelenggarakan kompetisi ilustrasi untuk buku The Ickabog. Tujuannya agar anak-anak bisa berpartisipasi dalam penerbitan buku ini sambil mengisi waktu karantina atau lockdown di rumah.

Kamu bisa memberikan gambar ilustrasi tersebut via website. Orangtua juga bisa membantu anak-anaknya dengan membagikan karya mereka melalui Twitter dengan menggunakan tagar #TheIckabog. Nantinya gambar ilustrasi yang dipilih akan dimasukkan ke dalam buku yang diterbitkan pada November 2020. (sam)

Baca juga:

Daniel Radcliffe Siap Bacakan Cerita 'Harry Potter and The Philosopher's Stone' Untukmu


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH