Viral! Akibat Menggunakan Ponsel Berlebihan, Perempuan Ini Buta Warna Main ponsel berlebihan bisa berakibat fatal (Foto: pixabay/pexels)

PONSEL saat ini menjadi salah satu kebutuhan 'wajib' bagi seseorang. Karena berbagai fungsi krusial ada di ponsel. Dari sekedar berkomunikasi sampai menjalani bisnis.

Namun penggunaan ponsel yang berlebihan bisa berakibat fatal. seperti halnya yang terjadi pada seorang perempuan berusia 16 tahun dari Kaohsiung bermarga Liu. Dia menjadi buta warna karena penggunaan ponsel yang berlebihan.

Baca Juga:

Awas! Penggunaan Ponsel Berlebih Bisa Berpengaruh Buruk Pada Postur Tubuh

Akibat main ponsel berlebihan, seorang perempuan alami kebutaan warna (Foto: Pixabay/skitterphoto)

Seperti yang dilansir dari laman asiaone, menurut Dr. Hung Chi-ting, paparan sinar biru yang terus menerus merusak sel di matanya, hingga menyebabkan kebutaan pada warna merah-hijau. Dokter mengatakan pada Liberty Times, jika apa yang terjadi pada perempuan itu merupakan kasus pertama di dunia.

Pada kasus ini, Liu cukup beruntung karena dia memulai perawatan medis pada tahap awal. Dr. Hung menambahkan jika Liu telah pulih sepenuhnya dari kondisinya. Menurut media setempat, Liu menghabiskan lebih dari 10 jam sehari di ponselnya. Dia sering menggunakan ponselnya dalam keadaan gelap selama liburan musik panas.

Liu memulai perawatan medisnya di bulan September. Dia kemudian menyadari jika tak bisa membedakan lampu lalu lintas lagi. Kekhawatiran lain ialah bahwa Liu secara bertahap kehilangan kemampuannya untuk melihat dalam gelap.

Baca Juga:

Aplikasi ini Wajib Ada di Ponsel saat Traveling Ke Luar Negeri

Bermain ponsel dalam keadaan gelap menjadi penyebab utama Liu alami kebutaan warna (foto: pixabay/stocksnap)

"Saya tidak tahu lampu merah. Seorang kerabat, yang menarik saya kembali ketika saya bermaksud menyeberang jalan. Dia bertanya kepada saya, mengapa saya dengan ceroboh menyeberang jalan ketika lampu merah," kata Liu.

Setelah perawatannya, Dokter Hung merekomendasikan jangan menghabiskan waktu lebih dari 5 jam di ponsel pintar kamu, serta menyarankan untuk beristirahat 10 menit setiap tiga puluh menit.

Melihat apa yang terjadi pada Liu akibat penggunaan ponsel berlebihan, semoga bisa menjadi sebuah peringatan untuk kamu yang berjam-jam menghabiskan waktu didepan ponsel yah gengs, mencegah lebih baik dari pada mengobati. (ryn)

Baca Juga:

Kenali Dampak Buruk Penggunaan Ponsel Sebelum Tidur

Kredit : raden_yusuf


Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH