Awas! Penggunaan Ponsel Berlebih Bisa Berpengaruh Buruk Pada Postur Tubuh Penggunaan ponsel berlebihan bisa berdampak buruk pada postur tubuh (Foto: pixabay/nastya_gepp)

SAAT kamu mengalami nyeri punggung atau leher tanpa alasan yang jelas, ada kemungkinan lantaran penggunaan ponsel. Karena di era digital saat ini, banyak sekali orang-orang yang menghabiskan seharian waktunya di depan layar ponsel.

Namun tak ada yang menyadari jika fakta selain meciptakan jarak sosial, gawai juga bisa memberikan pengaruh buruk pada postur tubuh kamu.

Baca Juga:

Kenali Waktu Terlarang Memakai Kacamata Hitam

Seperti yang dilansir dari laman Go Dok, penelitian terbaru yang diadakan oleh seorang dokter di Amerika, 'text neck' menjadi epidemik yang bisa berujung pada kerusakan permanen.

Dampak Buruk Ponsel
Jangan anggap remeh penggunaan ponsel secara berlebihan (Foto: pixabay/nastya_gepp)

Postur yang diadopsi saat kamu melihat layar ponsel, bisa meningkatkan ketegangan pada leher dan dapat menyebabkan kelelahan berlebih. Selain itu juga bisa mengakibatkan kelainan pada sendi yang lama kelamaan mungkin memerlukan sebuah operasi untuk memperbaikinya.

Untuk itu, kamu perlu memerhatikan posisi serta durasi penggunaan ponsel sehari-hari. Sebaiknya kamu juga mengetahui bagaimana efek lain dari penggunaan ponsel bagi postur tubuh kamu.

Terkait bahayanya ponsel bagi postur tubuh, Kepala biasanya memiliki berat sekitar 5-6 kg saat berada seimbang di pundak. Tapi dengan setiap kemiringan ekstra ke depan, berat pada tulang belakang kamu bisa bertambah hingga 30 kg, bahkan lebih dari itu. Berat yang berlebih pada tulang belakang itu sendiri, bisa berujung pada kerapuhan di kemudian hari.

Terlalu sering menggunakan gawai, bisa menyebabkan peradangan pada jari telunjuk, tendon, dan sendi jempol. Apalagi mengetuk dengan satu jempil tanpa jeda juga bisa memberikan tekanan yang berlebihan pada jemari.

Baca Juga:

Pernah Merinding Saat Mendengar Lagu? Ini Penjelasan Ilmiahnya

Bahaya Ponsel
Penggunaan ponsel secara berlebihan bisa berakibat buruk (Foto: pixabay/pexels)

Selain itu, kebanyakan orang biasanya menggunakan ponsel dengan membungkuk, pundak yang merosot dan leher yang dibungkukan ke depan. Cara itu bisa memicu ketidakselarasan tulang punggung yang dapat memperburuk kesehatan kamu. Karena tulang punggung kamu melindungi sistem syaraf, mengkoordinir dan mengatur beragam fungsi tubuh. Untuk itu gangguan apapun kemungkinan mengakibatkan konsekuensi yang buruk.

Postur yang buruk pun akan berdampak buruk pada ligamen dan otot. Seperti mengakibatkan berbagai komplikasi seperti masalah pencernaan, nyeri punggung atau leher, kebengkokan parah pada tulang punggung, serta meningkatkan risiko terjadinya masalah arterial dan paru-paru.

Nah untuk mengurangi efek dari pemakaian ponsel pada postur tubuh sendiri, kamu bisa berenang, memberi jeda pandangan pada ponsel sekitar 20-25 menit, gunakan dudukan atau memakai kibor eksternal (Agar kamu bisa memandang lurus kedepan), dan Bersandarlah dengan menggunakan bantal untuk menyangga leher kamu. (ryn)

Baca Juga:

Jangan Asal Pilih Klinik Kecantikan, Perhatikan Beberapa Hal ini agar Kamu tak Menyesal

Kredit : raden_yusuf


Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH