Kenali Dampak Buruk Penggunaan Ponsel Sebelum Tidur Hati-hati untuk kamu yang suka main ponsel sebelum tidur (Foto: pixabay/kristopherk)

SAAT ini ponsel merupakan salah satu 'benda wajib' bagi para masyarakat dunia, tak terkecuali di indonesia. Bahkan beberapa orang mungkin tak bisa sama sekali jauh dari ponsel.

Hal itu lantaran hanya dari genggaman tangan, ponsel bisa berguna untuk pekerjaan, berkomunkasi dengan keluarga, mengambil gambar & video, berbisnis, menambah pengetahuan dan masih banyak lagi.

Tak ayal jika banyak orang menjadikan ponsel seperti 'separuh jiwanya'. Bahkan disaat ingin tidur pada malam hari, banyak orang yang menggunakan ponsel sebelum tidur.

Main ponsel sebelum tidur akan memberikan efek buruk pada kualitas tidur (Foto: pixabay/pexels)

Tak banyak yang tahu, jika hal itu bisa memberikan dampak buruk bagi penggunanya. Seperti yang dilansir dari laman alodokter, penelitian yang ada menunjukan jika penggunaan handphone sebelum tidur, justru memberikan efek yang buruk pada kualitas tidur.

Karena penggunaan ponsel atau gadget sebelum tidur, akan menyebabkan mata kamu terpapar dengan sinar matahari dari layar ponsel yang menyerupai cahaya di siang hari. Hingga seseorang akan menjadi sulit tidur.

Sebetulnya seseorang akan mudah tertidur jika berada dalam kedaan cahaya yang redup. Hal itu lantaran akan memengaruhi produksi hormon melatonin yang membuat seseorang mudah mengantuk.

Jauhi ponsel disaat kamu hendak tidur (Foto: pixabay/stocksnap)

Ketika menggunakan ponsel menjelang tidur, seseorang harus tetap terjaga dan waspada saat hendak tidur. Hal itu membuat hormon adrenalin meningkat, hingga mata kamu menjadi susah untuk tertidur.

Selain itu, tidur berdekatan dengan ponsel pun dapat memengaruhi kualitas tidur. Karena pada keadaan aktif ponsel dapat berdering atau bergetar menandakan adanya panggilan masuk atau pesan singkat. Hingga ketika kamu tak melakukan aktivitas tersebut, kamu menjadi tak tenang dan sulit untuk tidur (perasaan cemas karena tidak tau informasi apa yang masuk ke ponsel kamu).

Baca juga:

Girls! Tidur 8 Jam Sehari Bisa Membuatmu Lebih Cantik, Ini Penjelasan Ilmiahnya

So, sebaiknya, kebiasaan mempergunakan ponsel sebelum tidur harus dijauhi yah guys, agar kualitas tidur kamu tetap terjaga dengan baik, semoga bermanfaat. (Ryn)

Kredit : raden_yusuf

Tags Artikel Ini

Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH