Bertransaksi Semakin Mudah Melalui Rekening Ponsel

WAJAR saja jika saat ini lebih banyak yang beralih menggunakan rekening ponsel saat bertransaksi karena lebih mudah dan juga terbilang jauh lebih praktis.

Kemajuan teknologi di bidang perbankan menjadikan transaksi dengan menggunakan uang tunai sudah mulai tersingkirkan. Saking canggihnya, saat ini hampir semua jenis transaksi bisa dilakukan hanya dengan menggunakan telepon seluler. (Baca juga: Mulai Banyak Digunakan, Ini Kelemahan Uang Elektronik)

Mulai dari belanja, tarik tunai, sampai dengan transfer bisa Anda lakukan melalui cara yang satu ini. Tentunya selain lebih praktis, cara seperti ini bisa Anda lakukan kapanpun dan di manapun.

Kini, pelan tapi pasti fungsi dari buku tabungan, kartu ATM, bahkan mesin ATM sudah mulai berkurang. Terlebih lagi dengan semakin gencarnya transaksi non tunai berbasis online semacam ini.

Sistem Kerja Dari Rekening Ponsel

ponsel
Format SMS Banking. Foto:InfoPerbankan

Transaksi non tunai berbasis online seperti ini sudah pasti bisa membuat semua transaksi perbankan terasa lebih praktis, mulai dari setor transaksi tunia, tarik tunia, cek saldo, riwayat transaksi, transaksi di ATM, dan bayar tagihan. (Baca: Kebijakan Paypal Indonesia Makin Ketat Tapi Mempermudah Pebisnis Online)

Model transaksi semacam ini sebenarnya merupakan sebuah cara baru yang menggunakan nomor ponsel sebagai nomor rekening bank. Seperti halnya rekening bank, nomor ponsel ini bisa digunakan untuk mengakses semua layanan bank seperti yang sudah disebutkan tadi.

Yang paling menarik sebenarnya adalah transaksi bisa dilakukan lintas operator. Oleh sebab itu, wajar saja jika saat ini banyak yang lebih memilih melakukan transaksi non tunia melalui cara yang satu ini.

Fitur dan Keuntungan Menggunakan Rekening Ponsel

Transaksi non tunai berbasis online juga dibekali dengan berbagai macam fitur yang sangat menarik. Beberapa kelebihan yang langsung bisa dirasakan saat menggunakan cara yang satu ini adalah:

1. Kemudahan bertransaksi di ATM tanpa menggunakan kartu
Salah satu hal menarik dari model transaksi yang satu ini adalah potensi untuk meniadakan fungsi dari kartu ATM. Kenapa? Sebab dalam hal ini ponsel bisa mengaktifkan serta mengendalikan mesin ATM tersebut.

Kenapa bisa seperti itu? Kondisi semacam ini bisa terjadi lantaran nomor ponsel dijadikan sebagai pengganti dari kartu ATM itu sendiri. Maksudnya bagaimana? Pada saat memasukkan nomor ponsel, saat itu juga mesin ATM akan langsung mengirimkan semacam kode passcode atau password sementara ke nomor ponsel yang sudah Anda masukkan tadi. (Baca: Kelebihan dan Kekurangan Situs-situs Belanja Online)

Passcode ini fungsinya adalah untuk melanjutkan transaksi yang Anda lakukan di mesin ATM tadi. Jika memang seperti itu, bagaimana dengan tingkat keamanannya? Anda tidak perlu khawatir, justru hal seperti ini dirasa lebih aman jika dibandingkan dengan menggunakan kartu ATM.

Menariknya lagi, jika rumah Anda jauh dari mesin ATM, penarikan tunai bisa Anda lakukan di gerai minimarket semacam Alfamart ataupun Indomart. Sebab kedua gerai minimarket ini sekarang sudah ada kerja sama dengan pihak bank yang memiliki layanan transaksi semacam ini.

2. Layanan lebih mudah, bisa bayar tagihan dalam satu transaksi
Metode transaksi yang satu ini juga bisa Anda manfaatkan untuk membayar semua tagihan mulai dari telepon, listrik, kartu kredit, premi asuransi, angsuran, dan tagihan-tagihan sejenis.

3. Bisa belanja sepuasnya di Merchant yang sudah ada kerjasama dengan pihak bank
Menariknya lagi, saat melakukan pembayaran Anda tinggal menyebutkan nomor ponsel saat berada di kasir. Setelah itu kasir akan menginput nomor Anda ini dalam tagihan belanja. Setelah itu, Anda akan memperoleh notifikasi berupa SMS. Kemudian Anda akan diminta untuk membalasnya dengan PIN/m-banking. Saat itu juga proses pembayaran selesai.

4. Bisa menikmati fasilitas tanpa adanya saldo minimum
Seluruh isi yang ada di rekening Anda ini bisa digunakan tanpa tersisa. Inilah yang membedakan dengan rekening tabungan biasa. Pada rekening tabungan biasa Anda diharuskan untuk menyisakan saldo minimal tergantung dari kebijakan bank.

Ilus banking
Ilustrasi. Foto:kaskus

5. Keamanannya lebih terjamin
Kelemahan terbesar dari rekening tabungan adalah banyak pemiliknya yang lupa nomor rekeningnya. Tapi berbeda dengan yang satu ini, sebab yang digunakan sebagai nomor rekening adalah nomor ponsel Anda sendiri. Sehingga sudah pasti Anda lebih mudah mengingatnya.

Hal menarik lainnya adalah ponsel ini merupakan aset pribadi yang bisa dengan bebas Anda bawa ke manapun. Oleh sebab itu Anda bisa menggunakannya kapanpun dan di mananpun. Kemudian dari segi keamanannya Anda tidak perlu khawatir lagi. Sebab sistem keamanannya sudah dirancang sedemikian rupa sehingga transaksi benar-benar dilakukan oleh pemilik rekening tersebut.

Meskipun demikian, pastinya Anda akan berpikir bagaimana jika ponsel hilang? Pasti Anda beranggapan akan berakibat fatal. Tapi Anda tidak perlu mengkhawatirkannya, sebab ada PIN dan juga passcode.

Oleh sebab itu, uang yang ada di dalam rekening akan terjaga keamanannya selama penemu ponsel Anda ini tidak mengetahui PIN dan passcode. Sebab semua jenis transaksi hanya bisa dilakukan jika menggunakan PIN dan passcode terlebih dahulu.

Sekarang Anda sudah tahu apa saja fitur dan keuntungan yang bisa Anda nikmati ketika menggunakan model transaksi modern yang satu ini. Yang menjadi pertanyaannya kemudian adalah bagaimana caranya untuk membuka rekening seperti ini?

Saat ini, hampir semua ponsel atau smartphone keluaran terbaru sudah dibekali dengan aplikasi GoMobile, baik ponsel berbasis Android maupun iOS. Anda tinggal mengaktifkan fiturnya saja. Setelah fitur aktif, secara otomatif Anda bisa menikmatinya.

Internet Banking
Ilustrasi (pixabay)

Cara Aman Mengisi Nominal Rekening

Ada berbagai macam cara yang bisa Anda pilih saat ingin mengisi rekening. Selain Anda langsung setor ke teller bank yang bersangkutan, Anda juga bisa meminta bantuan teman yang juga memiliki rekening yang serupa untuk mentransfernya.

Meskipun demikian, untuk kenyaman dan juga kepraktisan, Anda bisa mengisi rekening dengan cara melakukan transfer antar bank. Memangnya berapa saldo maksimal yang bisa disimpan di rekening ini?

Maksimal Saldo Yang Bisa Anda Simpan

Terkait dengan berapa jumlah maksimal saldo yang bisa Anda simpan pada rekening ini adalah Rp 5 juta untuk setiap nomor ponsel yang sudah terdaftar. Jika memang seperti itu, bagaimana dengan nomor ponsel yang belum terdaftar?

Untuk nomor ponsel yang belum terdaftar, saldo maksimumnya hanya Rp 1 juta saja. Maka dari itu, sebaiknya segera daftarkan nomor ponsel Anda agar supaya bisa menyimpan saldo yang lebih besar. Kemudian apakah ada maksimum limit transaksi gabungan per bulan tidak? Jawabannya adalah ada, dan maksimun limit transaksi per bulannya adalah sebesar Rp 20 juta.

Menjadikan Transaksi Semakin Mudah Dan Praktis

Dengan adanya model transaksi semacam ini, sudah pasti akan banyak transaksi yang dipermudah. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya Anda ikut memanfaatkan fitur teknologi modern seperti ini.

Terlebih lagi, pada masa yang akan datang, potensi pengguanaan uang fisik sudah tidak diperlukan lagi sangatlah besar. Tapi yang mesti diingat adalah tetap mengontrol penggunaan rekening ponsel supaya uang tidak habis dengan sia-sia. (*)

Artikel ini diolah MerahPutih.com dari berbagai sumber.



Teguh Riyanto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH