Catat, Ini Kelebihan dan Kekurangan Situs-situs Belanja Online Lazada salah satu situs belanja online yang cukup banyak peminat di Indonesia (Foto: lazada.co.id)

MerahPutih.Com - Ada beberapa situs belanja online yang ada di Indonesia. Dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi masa kini, aktifitas jual beli pun semakin mudah. Diantara situs-situs belanja online tersebut diantaranya adalah Lazada, BukaLapak, Tokopedia, dan Shopee.

Dari semua e-commerce yang ada di Indonesia tersebut, tentu saja masing-masing memiliki kelebihan dan juga kelemahan. Dan kelebihan dari setiap e-commerce menjadi ciri khas untuk membangun brand.

Sebagai konsumen, tentu kamu harus tahu apa saja kelabihan dan juga kekurangan dari masing-masing situs belanja online. Yang pasti, dari segi keamanan, semuanya bisa dikatakan aman. Anda tidak perlu khawatir bertransaksi dengan semua e-commerce yang diulas berikut ini. Akan tetapi, tentu bukan hanya keamanan bertransaksi saja yang menjadi satu-satunya pertimbangan, bukan? Ada hal lain seperti kecepatan pengiriman, service memuaskan, kenyamanan dalam bertransaksi, dan lain sebagainya.

Baca juga: Memilih Marketplace Indonesia yang Bisa Dipercaya

Berikut kelebihan dan kekurangan dari situs-situs belanja online tersebut.

Lazada
Promo khas Lazada (Foto: lazada.co.id)

1. Lazada

Situs belanja online yang satu ini memang cukup mempunyai banyak pengguna di Indonesia. Lazada ini mempunyai beberapa kelebihan, diantaranya adalah:

Produk yang ditawarkan sangat beraneka ragam

Berbagai diskon pembelian yang cukup beraneka ragam

Website dari lazada ini cukup bersahabat dengan penggunanya

Bebas ongkos kirim untuk beberapa wilayah tertentu di Indonesia

Melayani COD atau Cash On Delivery, hal ini berguna bagi para pembeli yang merasa kurang percaya dan takut akan adanya penipuan.

Pengiriman barang yang cukup cepat bila dibandingkan dengan situs online lainnya.

Kekurangan yang ada di Lazada adalah:

Konfirmasi pembayaran yang terbilang lama. Hal ini sering membuat para pembelinya merasa khawatir.

Fasilitas COD yang masih terbatas di wilayah sekitar Ibukota Jakarta saja. Sehingga untuk daerah-daerah lainnya masih harus menggunakan fasilitas jasa kirim barang.

Kantor Tokopedia
Aktivitas di Kantor Pusat Tokopedia (Foto: tokopedia.id)

2. Tokopedia

Untuk mengarungi kerasnya situs pembelian online di Indonesia, Tokopedia memang cukup kuat bertahan. Berikut ini adalah beberapa kelebihan yang dihadirkan oleh Tokopedia:

Produk dagang yang ada di Tokopedia sangat bervariasi.

Dalam melakukan transaksi pembayaran, Tokopedia cukup sigap.

Produk yang dijual di Tokopedia bisa dijamin keadaannya dalam kondisi yang baik.

Tokopedia mempunyai syarat dan ketentuan yang berlaku untuk melakukan transaksi jual beli secara online

Tokopedia menyediakan fitur pembukaan toko online pribadi yang gratis tanpa pungutan biaya.

Dengan kelebihan yang diberikan oleh Tokopedia, tentu mempunyai beberapa kekurangan di dalamnya. Berikut ini adalah beberapa kekurangan Tokopedia:

Dengan adanya fitur pembukaan toko online pribadi, tentu akan ada beberapa penjual online yang mempunyai barang dagangan yang sama. Hal ini kurang dibatasi oleh Tokopedia sehingga akan ada banyak persaingan yang ketat dengan penjualan produk yang sama. (Baca juga: Seberapa Perlu Payment Gateway untuk Bisnis Kamu?)

Ketentuan yang yang kurang tegas tentang penawaran dari pembeli. Sehingga banyak pembeli yang hanya main-main atau iseng saja dalam menawar barang yang dijual.

Tokopedia kurang lengkap dalam menampilkan nomor telepon yang bisa dihubungi untuk konfirmasi setelah melakukan transaksi pembayaran dan juga pengiriman barang.

Logo Shopee
Logo Shopee (Foto: shopee.id)

3. Shopee

Salah satu situs jual beli online yang cukup tenar akhir-akhir ini. Penawaran promo yang berbeda membuat Shopee cepat mentereng dengan situs-situs jual beli online yang sudah lebih lama hadir di dunia internet. Berikut ini adalah beberapa kelebihan dari Shopee:

Shopee ini memberikan kemudahan bagi penjual untuk mengunggah foto barang dagangan mereka hingga 9 foto. Sehingga pembeli bisa menilik lebih jeli tentang barang yang hendak dia beli.

Ada semacam fitur pemberitahuan tentang pembayaran sampai dengan penyelesaian transaksi. Sehingga memudahkan penjual dalam mengecek transaksi jual beli online mereka.

Pengguna Shopee akan melihat fitur khusus barang yang diblokir ketika adal masalah dengan barang yang akan dijual.

Shopee memberi kemudahan bagi produk yang memilik varian motif, warna hingga ukuran.

Shopee memberikan fitur pengunduhan foto melalui Instagram dan bisa menambahkan hastag sampai 18 buah.

Karena semakin majunya inovasi dari telepon genggam sekarang, Shoppee mempunyai aplikasi khusus yang bisa didownload di Play Store.

Dari beberapa kelebihan diatas, Shopee ini mempunyai kekurangan sebagai berikut:

Terkesan sedikit rumit karena ada bagian pembeli dan penjual yang dibedakan.

Shopee ini memberikan solusi pengiriman gratis ke penggunanya namun syarat yang diajukan terkesan rumit sehingga pengguna terkadang malas untuk melakoninya.

Tampilan dari penjelasan produk yang kurang menarik bagi sebagian pengguna situs belanja online ini.

Setelah proses transaksi sukses dilaksanakan, pencairan dana ke rekening yang bersangkutan terkesan lama.

Karena banyaknya yang mengakses situs jual beli online ini, terkadang pada jam-jam tertentu situs ini cukup susah atau lambat untuk diakses.

Penjual diberi kesempatan mengunggah foto dari produk yang akan dijual dengan jumlah yang banyak, namun tidak jarang foto yang di unggah mengalami kesalahan dan bahkan gagal di unggah.

Penginputan nomor resi juga sering mengalami kegagalan pada waktu-waktu tertentu.

Bukalapak, salah satu situs jual beli online karya anak negeri
Bukalapak salah satu situs jual beli online karya anak negeri (Foto: bukalapak.com)

4. Bukalapak

Situs jual beli online terakhir yang cukup ngetren akhir-akhir ini adalah Bukalapak. Berikut adalah beberapa kelebihan dari situs yang satu ini:

Inovasi yang lebih baik dalam hal tampilan. Karena situs ini merupakan salah satu situs yang cukup lama berkecimpung dalam dunia situs jual beli online, maka situs ini merefresh tampilannya.

Penginputan foto produk tidak terlalu bermasalah walaupun di unggah 5 foto sekaligus.

Manajemen stok produk yang akurat. Hal ini untuk mengantisipasi pembelian stok produk yang kosong.

Banyak opsi jasa pengiriman yang ditawarkan dalam situs ini.

Banyak tawaran promo dan diskon untuk produknya.

Proses transfer yang terbilang cepat.

Mempunyai fitur yang bisa dipakai untuk promosi lapak ke situs lainnya.

Kelemahan atau kekurangan dari situs Bukalapak:

SEO yang kurang optimal ketika hendak dicari di Google.

Aplikasi Bukalapak ini membutuhkan RAM yang baik. Sehingga sering lambat dalam pengoperasiannya.

Tidak memiliki fitur pemblokiran terhadap pembeli yang bermasalah.

Nah, di atas adalah beberapa ulasan untuk situs-situs belanja online di Indonesia sehingga Anda bisa mempertimbangkan hendak memakai jasa situs belanja online yang mana.

Terlepas dari hal tersebut, sekarang ini semakin banyak e-commerce bermunculan. Akankah 4 situs belanja online tersebut di atas akan tergeser? Sangat mungkin. Apalagi jika dilihat dari atmosfir kompetisi semakin ketat. Setiap ecommerce ingin memberikan layanan yang jauh lebih daripada yang lain. Mereka tidak lagi bertarung dari segi harga saja, tapi juga tambahan keuntungan yang lain seperti potongan harga, free ongkos kirim dan lain sebagainya.

Di sisi lain, para penjual juga sudah mulai melirik cara baru, yaitu membuat toko online. Ini dibuat sebagai kanal lain untuk mendapatkan customer selain mengandalkan situs belanja online.(*)

*Artikel ini diolah merahputih.com dari berbagai sumber



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH