Tips Membeli Aki Rekondisi Membeli aki rekondisi adalah pilihan terakhir. (Foto: Pixabay/kaboompics)

SALAH satu organ penting pada mobil adalah baterai atau umumnya disebut aki. Aki kelihatannya sederhana saja, bahkan sering terlewat dalam perawatannya.

Perawatan mobil yang tak kalah penting. Bagian ini termasuk salah satu komponen vital yang tugasnya menyediakan energi. Energi ini yang akan memutar dinamo starter dan menjalankan siklus mesin.

Baca Juga:

Tips untuk Tetap Aman Ketika Berkendara saat Hujan, Nomor 3 Paling Penting!

mobil
Aki harus pula dirawat untuk menjaga usianya. (Foto: Pixabay/BruceEmmerling)

Aki memiliki peran menyediakan dan menyimpan daya untuk semua kebutuhan energi listrik di mobil. Tak hanya untuk dinamo starter, bagian lain seperti lampu hingga sistem elektrik mobil juga mendapat energi dari aki.

Bila memakai aki kering, biasanya membuat pemilik kendaraan dengan mudah melupakan perawatannya. Bila sudah terjadi aki soak, baru pemilik kendaraan mencari aki baru. Bagaimana bila kantong lagi cekak? Pilihan biasanya pada aki rekondisi. Baguskah?

Namanya juga barang rekondisi pasti ada plus-minusnya. Kalau lagi beruntung bisa mendapatkan aki dengan kondisi prima seperti baru. Laman KabarOto menuliskan cara mengetahui aki rekondisi yang baik.

Baca Juga:

Lebih Baik Pakai Shampo, Jangan Sabun!

mobil
Perhatikan bentuk fisiknya sebelum membeli. (Foto: Pixabay/jpj2000nl)

Yang harus diperhatikan sebelum membeli aki rekondisi adalah memperhatikan bagian yang terlihat oleh mata. Umumnya yang paling mudah adalah bagian covernya. Bila covernya menggelembung maka kondisinya sudah tidak baik. Warna yang memudar juga menunjukan bahwa aki tersebut usianya sudah lama sekali.

Kemudian pada bagian kutub tidak mulus terdapat banyak goresan, menandakan penghantaran arus listriknya sudah tidak bagus lagi. Lalu bila penawaran garansi dari penjual di bawah satu tahun, maka kamu harus waspada bahwa keawetan aki tersebut segera berakhir. (*)

Baca Juga:

Jangan Salah Pilih Ban Dalam Supaya Selamat di Jalan Raya!

Kredit : paksi

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH