Tips untuk Tetap Aman Ketika Berkendara saat Hujan, Nomor 3 Paling Penting! Yuk perhatikan beberapa hal ini ketika berkendara saat hujan. (Foto: TheWeatherStation.com)

HUJAN membuat kondisi jalan menjadi basah, ban kendaraanmu pun menjadi licin. Sehingga ketika kamu menginjak atau menarik rem, putaran ban akan mudah terkunci dan mudah slip. Belum lagi jika terdapat genangan serta jarak pandang yang memburuk ketika terjadi hujan sangat deras.

Jika kondisi cuaca sedang hujan, kamu yang membawa kendaraan harus extra hati-hati nih. Tidak hanya bisa membahayakan dirimu sendiri, tapi juga bisa membahayakan orang lain lo!

Dilansir dari roodpoortrecord.com yang bekerjasama dengan Netcare 911, ada beberapa tips buat bikin kamu terhindar dari kecelakaan saat hujan turun. Yuk disimak!

1. Pastikan semua lampu dan wiper kendaraan berfungsi

Tips untuk Tetap Aman Ketika Berkendara saat Hujan
Pastikan semua lampu kendaraan berfungsi ketika hujan. (Foto: extremetech.com)

Bukan hanya saat musim hujan saja, tapi memang seluruh lampu di kendaraan kalian sudah seharusnya berfungsi dengan baik.

Jika kamu tidak memiliki lampu yang berfungsi, selain itu berpotensi mencelakakan diri sendiri, kamu juga bisa membahayakan pengguna jalan lainnya lo.

2. Pastikan ban dalam bentuk dan keadaan yang baik

Tips untuk Tetap Aman Ketika Berkendara saat Hujan
Pastikan ban kendaraanmu memadai ketika hujan. (Foto: pakwheels.com)

Kamu harus memastikan ban kamu masih layak pakai, dan diisi dengan angin yang sesuai dengan ukuran yang seharusnya. Jangan lupa selalu gunakan sabuk pengaman setiap kali kamu berkendara.

3. Jangan menambah kecepatan, jaga jarak, dan fokus

Tips untuk Tetap Aman Ketika Berkendara saat Hujan
Kurangi kecepatan dan jagalah jarak dengan kendaraan lain. (Foto: earthmagazine.com)

Ketika musim hujan, usahakan untuk mengindari menambah kecepatan. Kamu juga harus mengukur jarak dengan kendaraan lain untuk menghindari tabrakan ketika mengerem mendadak.

Saat berkendara, kamu juga harus fokus pada jalanan dan jangan menggunakan hal-hal yang bisa menganggu konsentrasimu.

4. Pelankan kendaraan ketika ada genangan

Tips untuk Tetap Aman Ketika Berkendara saat Hujan
Berkendara perlahan ketika ada genangan air. (Foto: activerain.com)

Jika kamu melihat adanya genangan air di jalan, maka sebaiknya kamu melambatkan laju kendaraanmu. Hal ini dikarenakan kamu tidak tahu seberapa dalam lubang pada jalan, dan juga jalanan yang licin bisa membuat mobilmu tergelincir. Sebisa mungkin hindari daerah-daerah yang memiliki kondisi jalan yang buruk ketika hujan.

5. Pastikan kendaraanmu memiliki bahan bakar yang cukup

Tips untuk Tetap Aman Ketika Berkendara saat Hujan
Pastikan kamu memiliki bensin. (Foto: Dailyexpress.com)

Untuk memperlancar perjalananmu, pikirkanlah segala kemungkinan. Siapkanlah kendaraanmu dengan cukup bahan bakar, sehingga ketika hujan datang, kamu tidak perlu khawatir lagi jika ada hal-hal yang menjadi masalah selama perjalanan. (shn)



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH