Jangan Salah Pilih Ban Dalam Supaya Selamat di Jalan Raya! Cermat saat membeli ban dalam (Foto: Pexels/Artem Beliaikin)

BAN dalam berperan penting terhadap keselamatanmu saat mengendarai sepeda motor di jalan raya. Salah pilih ban dalam, bisa membuat motormu tergelincir. Bukan karena ban dalam yang kamu gunakan sudah berumur. Hal itu bisa terjadi karena ban dalam yang kamu gunakan palsu dan kualitasnya kaleng-kaleng.

Ban dalam palsu masih banyak beredar di pasaran, dan bentuknya sekilas juga hampir sama dengan ban dalam orisinil. Sehingga kamu harus lebih cermat lagi saat membeli ban dalam dan mendengarkan saran dari ahli yang satu ini.

Baca juga:

Biar Cutting Sticker Awet, Jangan Dilap!

Melansir KabarOto, Dodiyanto, Senior Brand Executive & Product Development PT Gajah Tunggal Tbk menegaskan ban dalam palsu dapat mengakibatkan kecelakaan. Soalnya, ban dalam palsu bisa saja robek tanpa sebab saat digunakan.

Ban dalam palsu bisa membuatmu mengalami kecelakaan (Foto: Pexels/Rodolfo Clix)

Hal tersebut kata Dodi, sapaan akrabnya, dikarenakan bahan kimia pada ban dalam palsu lebih banyak ketimbang karet. "Itu membuat ban dalam palsu kehilangan daya elastis karet sehingga mudah pecah atau robek," ucap Dodi.

Lalu, seperti apa ciri ban dalam yang asli dan berkualitas? Menurut Dodi, untuk mengetahui ban dalam palsu cukup mudah. Orang awam pun bisa membedakan antara ban dalam asli dan palsu.

Baca juga:

Setelah Motor ‘Berenang’ Dibanjir, Ini Tips Mengatasinya

Ciri paling umum ban dalam asli tidak memiliki aroma karet dan bahan kimia yang menyengat. Soalnya, ban dalam asli tidak memiliki campuran bahan kimia yang berlebihan seperti ban dalam palsu.

Belilah ban dalam di bengkel terpercaya (Foto: Pexels/Splitshire)

Selain itu, lanjut Dodi, kamu bisa memperhatikan kualitas dudukan pentil ban dalam. Jika ban dalam tersebut palsu, Dodi memastikan dudukan pentil akan mudah robek dan rusak. "Itu disebabkan karena karet ban dan karet dudukan pentil tidak senyawa sehingga mudah getas dan bocor," imbuhnya.

Yuk sahabat Merah Putih, lebih teliti lagi saat membeli ban dalam. Belilah di bengkel atau produsen ban terpercaya yang kualitasnya sudah tak perlu dipertanyakan lagi. (ikh)

Baca juga:

Musim Hujan Riding? Jangan Khawatir, Ikuti Tips ini

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH