Lebih Baik Pakai Shampo, Jangan Sabun! Fungsi wiper membersihkan air dari kaca depan. (Foto: Pexels/it's me neosiam)

BANYAK pemilik kendaraan yang memasukan sabun ke dalam cairan wipernya. Konon kabarnya dapat membantu penglihatan di kala hujan. Wiper memang memiliki fungsi menyapu air hujan kaca depan dan belakang untuk menjaga visibilitas maksimal.

Celakanya ada saja yang menggunakan wiper untuk membersihkan kotoran pada kaca. Sebenarnya sah-sah saja, kalau air dalam tabung wiper tersedia. Bila kosong, selamat kamu sudah membaret kaca depan mobil.

wiper
Selalu cek tabung air untuk wiper. (Foto: Pixabay/Foundry)

Penggunaan sabun yang dimasukan ke dalam tabung air wiper masih umum dipakai. Seperti yang dijelaskan oleh Roy selaku owner Roy Glass Poles kepada Kabaroto, "Sebaiknya jangan (pakai) sabun, kalau mau sih pakai shampo saja. Apapun mereknya terserah, tapi jangan sabun."

Namun yang paling baik adalah mengisi dengan washer fluid sudah cukup loh. Namun, banyak yang berpikir atau merasa bahwa penggunaan air sabun sebagai cairan wiper ini bisa membersihkan kaca lebih maksimal. Selayaknya ketika cuci mobil, pasti akan lebih bersih jika menggunakan sabun kan.

wiper
Sebaiknya menggunakan shampo daripada sabun. (Foto: Pexels/Lucas Pezeta)

Tidak semua yang berbusa itu membersihkan ya ternyata. Nah, penggunaan shampo lebih di rekomendasikan karena partikel dan zat-zat yang ada pada shampo lebih aman dibandingkan dengan sabun, baik sabun mandi maupun sabun cuci.

Anjuran untuk tidak menggunakan sabun sebagai isi ulang washer fluid sebenarnya dilihat dari kandungan di dalamnya. Sehingga kalau shampo yang digunakan memiliki kandungan atau bahan berbahaya untuk kaca harus dihindari. Salah satunya shampo yang baik digunakan adalah untuk rambut berketombe. (*)

Kredit : paksi

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH