Tips dan Cara Menghadapi 'Bullying' di Sekolah Tips dan Trik Menghadapi Bullying yang terjadi di Sekolah (Foto: Pixabay/Anemone 123)

SETIAP sekolah di negara manapun pasti memiliki siswa yang suka melakukan bully pada temannya sendiri. Memang intimidasi akan selalu ada dari teman sebaya sampai tingkat tertentu. Maka penting bagi setiap siswa untuk mengembangkan keterampilan yang menjadikan dirinya bukan sasaran bullying. Melansir laman verywellfamily, Berikut beberapa cara menghadapi bullying di sekolah.

1. Tunjukkan kepercayaan diri

Tips dan Cara Menghadapi 'Bullying' di Sekolah
Ajarkan Anak Untuk Lebih Percaya Diri (Foto: Pixabay/Igorovsyannykov)

Para pelaku bullying mencari anak-anak yang memperlihatkan rasa takut dan rendah diri. Mereka bisa melihat korbannya dengan cara meresponnya, apakah mereka akan menunduk saat dipanggil, ataupun nada suara yang mereka gunakan mungkin bisa menjadi sasaran empuk para pelaku.

Baca juga:

Jangan Sampai Didiamkan, Ini Cara Menghentikan Tindakan 'Bullying'

Terkadang mengajarkan anak untuk percaya diri sedikit sulit, tetapi lebih sulit menasihatkan para pelaku bullying. Untuk menghadapinya kamu harus mengajarkan kepada anak agar selalu percaya diri dimanapun mereka berada, berjalan dengan tegak dan memiliki suara yang lantang itu dapat membantu mereka.

2. Melakukan kontak mata

Tips dan Cara Menghadapi 'Bullying' di Sekolah
Pelaku Bully Tidak Berani Dengan Tatapan Yang Tajam (Foto: Pixabay/Wjgomes)

Karena para pelaku intimidasi mencari target yang terlihat gelisah, ajari anak kamu bagaimana melakukan kontak mata yang kuat dan tajam sehingga mengirimkan pesan non-verbal yang seolah mengatakan "hentikan".

Baca juga:

5 Dampak Buruk yang Terjadi Bagi Korban Bullying

Perlu diingat bahwa kontak mata mengkomunikasikan kepercayaan dan harga diri seseorang. Para pelaku intimidasi cenderung tidak akan mengganggu jika target mereka mereka berani menatap matanya.

3. Jauhi tempat pelaku bully berkumpul

Tips dan Cara Menghadapi 'Bullying' di Sekolah
Jauhi Tempat Para Pelaku Bully Bergerombol (Foto: Pixabay/Dos77)

Pastikan anak mengetahui dimana para pelaku bullying berkumpul di sekolah. Bantu mereka bagaimana tempat-tempat tersebut bisa lebih aman untuk mereka. Misalnya dengan beritahu anakmu untuk selalu mengajak satu atau dua teman saat melewati tempat tersebut.

Baca juga:

Terlihat Tanda-Tanda Seperti Ini, Sangat Mungkin Anak Jadi Korban Bullying

Karena para pelaku cenderung melakukannya ketika sasaran mereka sedang sendirian. Jadi tipsnya adalah jangan melewati tempat para pelaku berkumpul sendirian.

4. Perbanyak teman

Tips dan Cara Menghadapi 'Bullying' di Sekolah
Perbanyaklah Teman di sekolah (Foto: Pixabay/Stokpic)

Biasanya para pelaku bullying mencari korban yang tidak memiliki teman. Sementara anak-anak yang memiliki banyak teman mereka tidak akan mengganggunya.

Baca juga:

Ketika Anak Jadi Korban Cyber Bullying, ini yang Harus Dilakukan Orang tua

Walaupun anakmu tetap menjadi sasaran, temannya akan memberitahukan bahwa apa yang dikatakan oleh para pelaku bullying bukanlah sesuatu yang ada pada anakmu. (ape)



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH