Belajar dari Kasus Audrey, 5 Dampak Buruk yang Terjadi Bagi Korban Bullying Korban bullying akan membawa dampak negatifnya dalam hidup. (Foto: learnsafe)

TRAGIS mungkin kata yang tepat menggembarkan siswi SMP bernama Audrey. Ia menjadi korban pengeroyokan oleh 12 siswa SMA. Siswi berusia 14 tahun tengah dalam perawatan di rumah sakit akibat tindakan penganiayaan itu.

Kasus ini mendapat perhatian luas dari publik, bahkan seleb internasional Kareena Kapoor Khan menunjukan dukungannya di akun instagramnya. Pihak kepolisian sudah melakukan tindakan yang diperlukan untuk menuntaskan kasus ini.

Jadi dari kasus Audrey yang sudah kita lalui ini, kamu harus mengerti apa dampak buruk yang terjadi bagi korban bullying! Dari berbagai sumber terangkum dampak para korban bullying ini.

1. Rasa malu

pria
Korban bullying akan membawa rasa malu dalam dirinya. (Foto: Pexels/Bich Tran)

Korban bullying akan membawa rasa malu bahkan percaya dirinya akan menurun dan tak mau melakukan apapun. Seperti yang dikutip dari bullyonline.org "Tindakan itu menghancurkan rasa percaya diri korban." Rasa malu juga akan memicu kurangnya motivasi untuk hidup.

2. Merasa terancam

pria
Selalu merasa ancaman terhadap dirinya. (Foto: freegreatpictures)

Yang dilakukan oleh pelaku bullying sangat berdampak pada korbannya. Korban bullying akan selalu merasa dihantui oleh ancaman yang datang sewaktu-waktu. Korban bullying sangat mudah diserang panik jika ia merasakan ancaman pada dirinya.


3. Insomnia dan hipersomnia

pria
Tidak dapat istirahat dengan baik. (Foto: freegreatpictures)


Tekanan yang dialami oleh korban bullying sangat mengganggu kehidupannya. Ketenangan dalam hidupnya dapat sirna, waktu istirahat dipenuhi dengan berbagai pikiran ancaman bully. Tak mengherankan kalau korban bullying biasanya mengalami insomnia. Atau malah sebaliknya dia akan banyak tidur atau hypersomnia untuk menghindari kontak sosial.

4. Fisik lemah

pria
Merasa badan cepat lelah melakukan aktivitas. (Foto: Pixabay/NeuPaddy)

Fisik korban bullying biasanya akan melemah setelah kejadian bully. Dia juga merasa badannya cepat lelah dalam kehidupannya sehari-hari. Aktivitas menjadi sangat terganggu. Dikutip dari medicaldaily.com bahwa "Mimpi buruk yang dikarenakan korban bullying dialami oleh 36% dari anak yang mengalami susah tidur."


5. Mengalami Mimpi Buruk

pria
Selalu ada mimpi buruk dalam dirinya. (Foto: Pexels/Gerd Altmann)

Kejadian yang menimpa korban bullying akan tersimpan dalam alam bawah sadarnya. Alih-alih melupakan peristiwa itu, biasanya korban akan mengalami mimpi buruk. Ini membuat dirinya tidak nyaman dan mengganggu kesehatan dirinya. (ald)


Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH