The Lucky Dime, Benarkah Koin Keberuntungan Paman Gober? Koin keberuntungan Paman Gober disimpan di dalam kaca (Foto: tumblr.com)

THE Scrooge McDuck alias Paman Gober masih berusia 10 tahun. Ia lahir di Glasgow dan mencari peruntungan di kota Skotlandia. Gober saban hari hanya duduk di tepi jalan berharap orang datang menyemir sepatu.

Namun, profesi itu menjadi titik awal paman Gober menemukan jati diri meraih kesuksesan. Menurut laman Fandom, Paman Gober mendapatkan koin keberuntungan atau disebut the Lucky Dime dari pelanggan semir sepatunya.

Baca juga:

Gerombolan Siberat, Penjahat Selalu Sial Musuh Donal Bebek

Suatu hari Paman Gober tengah menyemir sepatu pelanggannya bernama Burt. Setelah selesai, pelanggan itu membayar dengan uang receh koin. Uang tersebut ternyata tidak bermata uang Skotlandia, melainkan Amerika.

Tentu mata uang Amerika tidak berlaku di Skotlandia. Paman Gober kesal saat mengetahui koin itu tidak ada nilainya. Namun ia tidak pernah membuangnya.

Setelah menjadi bebek kaya ia menyimpan koin itu di dalam kaca beralaskan bantal. Paman Gober yakin koin tersebut membawa keberuntungan. Apa benar begitu?

1. the Lucky Dime menjadi motivasi Paman Gober untuk sukses di Amerika

the Lucky Dime membuat Paman Gober bertekad menjadi bebek kaya (Foto: d23.com)

Paman Gober bertekad agar tidak tertipu lagi dengan orang seperti Burt. Paman Gober selalu menyimpan koin tersebut sebagai pengingat pernah mengalami masa sulit.

"Uang receh itu mengilhami saya untuk pindah ke Amerika dan menemukan kekayaan saya. Itu berarti lebih bagi saya daripada setiap bit emas di Bin Uang saya," kata Paman Gober di laman Fandom.

Paman Gober seperti mendapatkan inspirasi dari koin Amerika itu. Ia berpikir sudah saatnya pergi ke Amerika dan menjadi bagian melting pot seperti imigran lainnya dari seluruh dunia. Paman Gober akhirnya berhasil menjadi bebek kaya di Amerika.

2. the Lucky Dime bukan jimat

Don Rosa mengklarifikasi bahwa koin keberuntungan Paman Gober bukan jimat (Foto: giantbomb.com)

Saat memiliki the Lucky Dime paman Gober selalu mendapatkan banyak uang. Sebaliknya saat the Lucky Dime tidak ada padanya, Paman Gober sering kehilangan uang. Paman Gober benar-benar meyakini koin inilah yang membuatnya kaya.

Meski begitu, penulis komik Paman Gober, Don Rosa mengklarifikasi koin tersebut bukanlah jimat dan hanya sugesti Paman Gober saja. Buktinya terlihat saat musuh Paman Gober, penyihir Magica De Spell mencuri koin tersebut di masa lampau.

Baca juga:

Fakta dan Silsilah Keluarga Donald Bebek Belum Kamu Ketahui!

Magica De Spell dalam beberapa episode komik Paman Gober selalu berusaha mencuri koin tersebut. Magica yakin koin tersebut dapat mengubah benda apapun menjadi emas.

Saking niatnya, Magica De Spell kembali ke masa pertama kali Paman Gober mendapatkan koin itu menggunakan mesin waktu untuk mencurinya. Namun, setelah sang penyihir memilikinya, koin tersebut tidak ada gunanya sama sekali.

Koin tersebut memang pernah menyelamatkan Paman Gober saat ditangkap komplotan The Beagle Boys. Paman Gober berhasil melepas ikatan tali menggunakan koin tersebut.

Namun, bukan karena koin tersebut sakti, melainkan sudah berusia tua jadi sangat tajam, sehingga bisa memotong benda lunak seperti tali.

3. Ayah Paman Gober sengaja menyuruh Burt memberikan the Lucky Dime

Fergus McDuck (Foto: ducktalks.com)

Ternyata Burt bukan tanpa niat memberikan Paman Gober koin the Lucky Dime. Burt memang disuruh ayah paman Gober, Fergus McDuck untuk memberikan koin itu. Ya, sang ayah ingin memberikan pelajaran kepada Paman Gober agar bisa menjadi sosok mandiri di masa depan.

Paman Gober tidak pernah tahu koin tersebut merupakan pemberian sang ayah. Fergus McDuck hanya memberi tahu Matilda dan Hortense, saudara Paman Gober tentang hal ini. Tentunya Magica De Spell tau sejarah itu karena melakukan perjalanan waktu ke masa lalu.

Intinya Paman Gober kaya bukanlah karena koin keberuntungannya. Ia menjadi kaya karena usahanya sendiri. Paman Gober tidak pernah menyerah dan selalu bekerja keras. (ikh)

Baca juga:

Kisah Romantis Donald dan Daisy Duck Dikemas dalam Beberapa Film Pendek

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH