Tak Cuma Bikin Kopi, Seorang Barista Juga Harus Punya 4 Skill Ini Jadi barista tak Melulu tentang Kopi (Foto: Unsplash/Quan Le)

SETIAP pergi ke cafe, pasti kamu melihat sosok yang berdiri di belakang sebuah mesin canggih dengan berbagai tuas yang mengeluarkan hitam yang dinamakan espresso. Ya, tentu saja profesi yang dinamakan barista ini sudah cukup melabar luas di berbagai negara termasuk di Indonesia. Pekerjaan ini ternyata tak semudah membalikkan telapak tangan lho. Meski terlihat mudah, ternyata untuk lulus menjadi seorang barista harus melalui berbagai tahapan kompetensi.

Baca juga:

Bukan Cuma Jago Meracik Kopi, Seperti ini Sosok Barista Idaman

Umumnya barista bekerja di kedai kopi, membuat espresso lalu diracik menjadi segelas kopi yang enak dengan penuh keterampilan. Selain bermain dengan mesin kopi, barista juga harus mempelajari bagaimana teknik steam susu untuk menghasilkan rasa dan foam yang bagus untuk disajikan. Lalu di akhiri dengan teknik latte art, di mana unsur seni berperan penting dalam prosesnya.

Ketika kamu sudah melewati tersebut, apakah kamu bisa disebut sebagai barista handal atau profesional? Ternyata belum. Beberapa hal di atas hanyalah sebagian teknik dasar. Hal terpenting untuk menjadi barista adalah bagaimana kamu bisa mengembangkan skill interpersonal untuk menimbulkan customer experience yang baik.

Pada gilirannya jika semua telah dilakukan dengan benar, itu memungkinkan pelanggan untuk kembali lagi untuk secangkir kopi. Melansir laman thebalancecareers, berikut beberapa skill lain yang harus kamu punya selain bikin kopi untuk menjadi barista.

1. Memperhatikan Detail

Tak Cuma Bikin Kopi, Seorang Barista Juga Harus Punya 4 Skill Ini
Barista harus memperhatikan berbagai hal secara detail (Foto: Pixabay/Emiliopatro24)

Dalam dunia kopi, pelanggan tidak hanya orang-orang biasa yang duduk dan bersantai minum kopi. Beberapa di antaranya pasti memiliki permintaan tersendiri untuk secangkir kopi yang diinginkannya. Apalagi jika bertemu dengan seorang pakar kopi, permintaanyaa akan sangat detail.

Hal tersebut harus dimiliki oleh setiap barista untuk bisa mengukur secara akurat takaran-takaran yang diinginkan oleh customer tipe tersebut. Ini membutuhkan pengalaman dan perhatian yang tinggi, serta keterampilan mengukur dan matematika umum.

2. Pelayanan Pelanggan

Tak Cuma Bikin Kopi, Seorang Barista Juga Harus Punya 4 Skill Ini
Barista harus ramah dengan pelanggannya (Foto: Pixabay/Stocksnap)

Ada pepatah yang mengatakan pelanggan adalah raja, Hal ini sangat penting dalam dunia barista. Sebagai seorang barista, kamu akan berhadapan langsung dengan pelanggan setiap harinya.

Selain rasa kopi yang enak, kamu harus memiliki keterampilan interpersonal yang kuat. Kamu harus terlihat ramah dengan menunjukkan raut wajah yang ramah saat berinteraksi dengan pelanggan.

Permintaan customer harus didengarkan sebaik mungkin untuk menghindari adanya kesalahan yang bisa menurunkan reputasi barista dan tempat kerjanya. Keterampilan komunikasi sangat diperlukan di sini.

Baca juga:

Minum Kopi Kurang Lengkap Tanpa Camilan Lezat, Nih 4 Rekomendasinya!

3. Multitasking

Tak Cuma Bikin Kopi, Seorang Barista Juga Harus Punya 4 Skill Ini
Barista harus mampu multitasking (Foto: Pixabay/Stocksnap)

Tak jarang kamu melihat barista hanya bekerja sendirian di dalam sebuah cafe. Kamu pasti berpikir bahwa bosnya sangat jahat dan tidak pengertian. Sebenarnya, hal tersebut cukup keliru.

Barista dituntut belajar untuk bisa melakukan beberapa hal sekaligus. Barista bisa membuat beberapa minuman sambil mendengarkan permintaan dari semua pelanggan.

Hal ini bisa menyebabkan stres, terutama di kedai kopi yang ramai. Barista harus mampu menangani tekanan dari lingkungan kerja dan harus mampu menyelesaikan beberapa tugas dengan tenang di waktu bersamaan.

4. Bertanggung Jawab

Tak Cuma Bikin Kopi, Seorang Barista Juga Harus Punya 4 Skill Ini
Memiliki tanggung jawab akan pekerjaannya (Foto: Unsplash/Jennifer Bedoya)

Menjadi seorang barista juga seperti menjadi seorang profesional dan memiliki rasa tanggung jawab. Dengan rasa tanggung jawab, barista melatih diri untuk bisa memiliki skill, ketepatan, dan fokus dalam menjalankan profesinya. (Nic)

Baca juga:

Mencicip Kopi Gandja Racikan Jenderal Buwas


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH