Bukan Cuma Jago Meracik Kopi, Seperti ini Sosok Barista Idaman Tak cukup sebagai barista hanya bisa meracik kopi (Foto: Pexels/Afta Putta Gunawan)

JAGO meracik kopi tentu sudah menjadi kewajiban seorang barista. Namun, jago meracik saja tidak cukup jika ingin menjadi barista idaman. Ahli dalam membuat kopi nan lezat bukan satu-satunya hal yang harus dimiliki barista.

Profesi barista pun semakin digandrungi banyak orang. Terlebih sekarang ini kedai kopi kian menjamur di mana-mana, mau yang berbentuk rumahan atau restoran sekalipun. Nah, bagi kamu yang mau mencoba jadi seorang barista, tiga hal ini juga perlu kamu miliki, misalnya:

Baca juga:

Yuk Buat Secangkir Kopi yang Kamu Minum Menyehatkan

1. Kebersihan

Kebersihan
Jagalah kebersihan tempatmu bekerja karena pasti akan ada pelanggan yang hendak melihat proses pembuatan kopi (Foto: Pexels/Wendi Wei)

Kebersihan adalah hal utama, baik kebersihan diri maupun kebersihan tempatmu bekerja. Pastikan tempat atau area membuat kopi bersih tanpa sampah yang bisa menimbulkan bau tidak sedap. Pelanggan bisa kabur kalau tahu area kerja meracik kopi kotor.

2. Akrab dengan pelanggan

Akrab dengan pelanggan
Akrab dengan pelanggan bisa jadi satu nilai plus untukmu sendiri (Foto: Pexels/Quark Studio)

Jadilah barista yang ramah. Ajak pelangganmu ngobrol sembari dia menikmati secangkir kopi racikanmu. Basa-basi juga tidak masalah. Obrolan yang kamu buka tak hanya mencairkan suasana ngopi pelanggan. Hal ini sekaligus membangun koneksi baru.

Baca juga:

Mau Tahu Tentang Kopi Lebih Jauh? Tonton 4 Film Ini

Barista idaman juga harus mau menanyakan kopi buatannya kepada pelanggan. Feedback yang diberikan pelanggan juga bisa menjadi bahan pembelajaran agar ke depanya kamu bisa memperbaiki kualitas rasa dari kopi yang kamu buat. Walau feedback dari pelanggan buruk, kamu harus terbuka dengan saran dan masukan. Ini akan meningkatkan kemampuanmu dalam meracik kopi yang lebih baik.

3. Terus belajar

Terus belajar
Teruslah belajar agar skillmu meningkat (Foto: pexels/Quang Nguyen Vinh)

Teruslah belajar dan mencari tahu bagaimana cara menyajikan kopi agar bisa lebih baik lagi. Kepuasan pelanggan adalah nomor satu dan ketika pelanggan kembali untuk menikmati kopimu, ini akan menjadi nilai tersendiri yang akan selalu kamu kenang.

Bagaimana sahabat Merah Putih, tertarik menjadi seorang Barista? (lio)

Baca juga:

Apa Kerennya Profesi Seorang Barista? 5 Alasan Ini Bisa Menjawab


Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH