Spot Wisata Sejarah Menarik di Kota Gudeg Yogyakarta Yogyakarta lekat dengan nilai sejarah yang kaya (Foto: carolus abi)

DIKENAL banyak orang dengan julukan Kota Gudeg, Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki segudang keistimewaan. Mulai dari kebudayaan, kuliner, beragam tempat wisata alam, sampai spot-spot peninggalan bersejarah yang banyak menarik perhatian wisatawan lokal maupun mancanegara.

Beberapa waktu lalu, penulis berkesempatan untuk mengunjungi kota yang juga digadang-gadang sebagai Kota Pelajar tersebut. Dari perjalanan tersebut, penulis menjelajah tempat-tempat menarik yang kental dengan sejarah di baliknya.

Baca juga:

Manjakan Mata, Cek 4 Spot Wisata Unik di Pacitan!

Nah, buat kamu yang gemar dengan hal-hal berbau sejarah, kamu tidak mungkin salah memilih Yogyakarta sebagai destinasi wajib kamu. Berikut beberapa di antaranya.

Tamansari

Merupakan komplek taman indah peninggalan Sultan Hamengkubuwana I. Awalnya tempat ini sering dipilih oleh keluarga kerajaan dan orang-orang dari lingkungan keraton sebagai tempat rekreasi.

Kamu disarankan untuk mengelilingi lorong bawah tanah yang menarik di sana. Sebagai informasi, lorong-lorong tersebut merupakan akses rahasia yang dibangun oleh keluarga kerajaan untuk menghindari serangan musuh. Keren ya!

Monjali

View this post on Instagram

Hari ini, 10 November 2019 Monumen Yogya Kembali, memperingati hari pahlawan. Acara dimulai dengan melaksanakan upacara bendera, kemudian mengibarkan bendera raksasa, diiringi dengan lagu perjuangan menggunakan biola. Adalah Goldy, anak yang masih duduk di bangku kelas 4 sekolah dasar yang memainkan biola di bagian tengah atas (lapik monjali). Sedangkan dibarisan berikutnya ada tim biola dr @sanggarbiolaquinta Masih ada dua acara menarik di Monjali hari ini. Ada hiburan musik electone yang akan menyanyikan lagu perjuangan serta climbing di lapik monjalo khusus untuk pengunjung yang beruntung (akan dipilih oleh panitia) sore nanti. Yuk ikut bergabung. Kami akan buka seperti biasa hingga pukul 16.30 WIB. #monjali #monjalijogja #monumenjogjakembali #museumjogja #museumsejarah #wisatasejarah #wisatajogja #10november #haripahlawan

A post shared by Museum MONJALI (@monjaliyogyakarta) on

Dikenal sebagai monumen yang menceritakan kisah perjuangan masyarakat Yogyakarta. Pada masa itu, perjuangan masyarakat Yogyakarta dipimpin oleh Panglima Jenderal Sudirman.

Terdapat banyak diorama yang menggambarkan detail perjuangan untuk mengusir Belanda. Monjali juga memamerkan berbagai senjata, tandu, foto-foto, dokumen, dan pedati yang dipakai oleh Jenderal Sudirman.

Baca juga:

5 Spot Snorkeling Keren Favorit Pelancong di Sekitar Pulau Komodo

Keraton Yogyakarta

Saat menginjakkan kaki di gerbang pintu masuk keraton, kamu akan mendapatkan kesan megah dan mewah. Tempat ini adalah salah satu peninggalan bersejarah yang paling populer dan masih digunakan hingga saat ini.

Keraton Yogyakarta sangat lekat dengan elemen Jawa, terdapat berbagai koleksi benda bersejarah yang sempat dipakai dalam aktivitas keluarga kerajaan.

Masjid Gedhe Kauman

View this post on Instagram

Masjid Gedhe #masjidgedhekauman #masjid

A post shared by AwanItu AbuAbu (@awan_abu2) on

Didirikan pada tahun 1773 oleh Sri Sultan Hamengkubuwana I, Masjid Gedhe Kaumansampai sekarang masih banyak dikunjungi wisatawan.

Keunikannya bisa terlihat pada bagian atap, pilar, dan mihrabnya. Tidak lupa terdapat ornamen unik berupa ukiran kayu. Dengan usianya yang sudah cukup tua, masjid ini masih berdiri kokoh karena selalu dirawat dengan baik. (lgi)

Baca juga:

Melancong ke Sabang? Jangan Lewatkan 4 Spot Diving Terkenal di Pulau Weh

Kredit : leonard


Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH