Manjakan Mata, Cek 4 Spot Wisata Unik di Pacitan! Rekomendasi tempat-tempat wisata di Kabupaten Pacitan (Foto: Instagram/@kitapacitan)

DIKENAL dengan julukan Kota 1.001 gua, Kabupaten Pacitan terletak di Kabupaten Jawa Timur. Kota ini menawarkan beragam spot wisata menarik yang terkenal dengan keunikan dan keindahaanya. Selain wisata gua, Pacitan juga populer dengan ombak pantai yang sering dikunjungi para surfer mancanegara. Pacitan sangat cocok bagi para pelancong penikmat wisata alam.

Jangan takut kekurangan tempat rekreasi saat melancong ke Pacitan, berikut rekomendasi spot-spot menarik yang menawarkan keunikan dan keindahan alam Pacitan, seperti yang dilansir dari laman Pesona Indonesia.

Baca juga:

5 Spot Snorkeling Keren Favorit Pelancong di Sekitar Pulau Komodo

Gua Tabuhan

Di Gua Tabuhan terdapat stalaktit yang dapat menghasilkan bunyi suara mirip gamelan. Beberapa kelompok seni lokal terkadang mengunjungi Gua Tabuhan dengan tujuan untuk mengadakan pagelaran musik bagi para pelancong.

Pantai Watukarung

Pantai Watukarung sangat rekomen bagi mereka yang hobi olah raga surfing. Menawarkan ombak dengan karakter yang sangat menantang menjadi andalan pantai ini, merupakan daya tarik tersendiri dari pantai ini.

Berada lumayan jauh dari pusat kota Pacitan, namun siapapun akan dibuat takjub melihat pemandangan karang dan pasir pantai putihnya.

Baca juga:

Spot-Spot Memesona di Kepulauan Kei Maluku, Dijamin Bikin Betah

Gua Gong

Terletak di Desa Bromo Kecamatan Punung, Gua Gong disebut-sebut sebagai goa terindah se-Asia Tenggara. Terdapat keindahan dari pemandangan stalaktif saat para pelancong masuk ke bagian dalam gua.

Memiliki kedalaman sekitar 700 sampai 800 meter, di goa terdapat tujuh ruangan berukuran besar yang sangat unik. Terdapat kolam air jernih yang disebut Sendang Bidadari yang berada di salah satu ruangannya. Selain itu, juga terdapat batu yang jika ditabuh akan mengeluarkan suara mirip gong yang berada di ruangan lain.

Pantai Klayar

Pantai Klayar terdapat di Kecamatan Donorojo. Berjarak sekitar 45 km dari kota Pacitan. menawarkan keunikan berupa fenomena alam unik, yaitu seruling laut. Adalah fenomena alam unik berupa batu karang bercelah yang membumbung tinggi ke atas yang terdapat di pantai.

Saat ombak laut menerjang batu karang, air akan muncrat ke atas melalui celah karang dan mengeluarkan suara mirip seruling. Di pantai ini juga terdapat batu karang berukuran sangat besar yang mirip dengan patung Sphinx. (Lgi)

Baca juga:

Melancong ke Sabang? Jangan Lewatkan 4 Spot Diving Terkenal di Pulau Weh

Kredit : leonard


Ananda Dimas Prasetya