5 Spot Snorkeling Keren Favorit Pelancong di Sekitar Pulau Komodo Pulau Komodo, destinasi favorit pecinta panaorama bawah laut. (Foto: unsplash/Rizknas)

REPUTASINYA sudah sampai ke seluruh penjuru dunia. Pulau Komodo telah menjadi salah satu destinasi wisata terkenal karena merupakan rumah dari hewan reptil asli Indonesia, Komodo. Selain Komodo, Pulau ini juga memiliki keindahan alam yang menakjubkan. Salah satuya adalah keindahan panorama bawah laut. Terdiri dari keindahan ekosistem dan kekayaan biota laut, berikut beberapa spot snorkeling keren yang ada di wilayah Pulau Komodo.

Baca juga:

5 Pantai Tersembunyi di Lombok, Sungguh Memesona

Manta Point

Di bagian selatan, terdapat Manta Point yang terletak berdekatan dengan Pulau Komodo. Mendapat julukan Manta Point karena merupakan rumah dari mamalia pari manta yang banyak terdapat di dekat wilayah ini.

Pelancong yang diving ataupun snorkeling dapat merasakan sensasi berenang berdekatan dengan pari manta. Selain itu, banyak ditemukan beragam terumbu karang yang sangat indah dan bermacam ikan eksotis.

Makassar Reef

View this post on Instagram

Berenang diantara penangkaran hiu yang jinak mungkin sudah pernah dirasakan, jika berenang dengan manta (ikan pari) bisa saja belum pernah dialami. Pulau Komodo ternyata memiliki area manta point yang dicari – cari para penyelam di dunia, bernama Makassar Reef atau warga lokal menyebut ‘Taka Makassar’ Sesuai dengan namanya, di sini kamu bisa berkesempatan untuk melihat serta berinteraksi secara langsung dengan ikan pari manta yang dikenal sebagai spesies ikan pari terbesar kamu bisa mencoba perairan yang berada tak jauh dari Pulau Taka Makassar. Kamu bisa menikmati pemandangan alam bawah laut secara sempurna, karena perairan di sini terkenal begitu jernih. Ada berbagai jenis terumbu karang dan hewan laut eksotis yang bisa kamu saksikan di sini Photo by @rodtrvn #backpackerjakarta #backpacker #bpj #bpjtoge7her #makassarreef #pulaukomodo #indonesia #eksploreindonesia

A post shared by BACKPACKER JAKARTA (@backpackerjakarta) on

Terdapat di sebelah barat Pulau Tatawa Besar, Makassar Reef merupakan spot diving favorit. Di sini juga terdapat terdapat pulau kecil dihiasi hamparan pasir putih.

Karena letaknya yang berdekatan dengan Pulau Komodo, menjadikannya spot yang sering dikunjungi oleh pelancong. Memiliki keindahan panorama laut dengan biota laut yang kaya.

Baca juga:

Mau Melancong ke Kalimantan Timur? Ini 4 Spot Wisata yang Rekomen

Pulau Kanawa

View this post on Instagram

????Kanawa Island (Komodo, Indonesia). #pezpayaso#kanawa#kanawaisland#komodo#komodoisland#indonesia

A post shared by Mónica (@pasos_x_el_mundo) on

Berada di tengah perairan di Kepulauan Komodo, Pulau Kanawa berada dalam wilayah Kabupaten Manggarai Barat. Memiliki pemandangan pantai yang indah ini berjarak 15 km dari Labuan Bajo dan menjadi spot diving dan snorkeling favorit di Kepulauan Komodo. Level kedalaman perairannya termasuk dangkal, sangat cocok bagi yang ingin snorkeling.

Batu Bolong

Terdapat di sebelah selatan Makassar Reef, dijuluki Batu Bolong karena adanya batu berlubang di permukaannya. Sering menjadi spot diving karena kedalaman air yang sempurna bagi para penyelam. Pelancong dapat berinteraksi dengan beragam ikan jinak. Spot ini juga merupakan habitat dari mamalia jenis pari.

Pulau Tatawa Besar

Berada di sebelah utara Pulau Rinca, Pulau Tatawa Besar terdiri dari beberapa pantai pasir putih yang indah. Kondisi perairan di sekitar Pulau Tatawa Besar tergolong cukup tenang dengan keindahan bawah air menakjubkan. (lgi)

Baca juga:

Spot-Spot Memesona di Kepulauan Kei Maluku, Dijamin Bikin Betah

Kredit : leonard


Ananda Dimas Prasetya