Sepeda Biasa Serasa Berkelas, Dimodifikasi Saja Sepeda biasa serasa berkelas (Foto: Pexels/Leandro Boogalu)

SEPEDA harian kamu terasa biasa-biasa saja? Mengapa tidak dimodifikasi saja. Sepeda merek apapun yang kamu punya, bisa disulap menjadi sepeda berkelas. Caranya pun mudah.

Lebih asyiknya lagi, kamu tidak perlu mengganti bagian sepeda dengan spare part harga selangit. Cukup menggantinya dengan part yang harganya kompetitif, sepeda kamu akan serasa berkelas layaknya merek ternama.

Baca juga:

Selamat Hari Sepeda Dunia, Ayo Gowes Biar Bebas Corona

Berikut cara membuat sepedamu jadi berkelas menurut channel YouTube @Ageng Raditya yang sudah memiliki 64 ribu lebih subscriber:

1. Kurangi bobotnya

Lepas bagian-bagian frame set (Foto: Pexels/Vadim B)

Menurut Ageng, sepeda biasa yang harganya sekitar Rp1 jutaan menggunakan frame steel. Bobot frame steel sangat berat. Jadinya kamu harus cukup berusaha saat gowes untuk menahan bobot tersebut.

Solusinya kata Ageng ialah dengan melepas bagian-bagian frame set dan bagian standar. Ganti dengan yang lebih ringan. "Perintilan-perintilan itu mendingan kita buang aja dulu, nanti kita ganti dengan part yang lebih ringan," jelas Ageng.

2. Upgrade steering

Ganti handle bar dengan ukuran lebih panjang (Foto: Pexels/Pixabay)

Biar handling terasa nyaman, ganti handle bar kamu dengan ukuran yang lebih panjang. Sepeda harga Rp1 jutaan memiliki handle bar yang pendek. Kemudian gunakan pula stand yang lebih pendek agar posisi mengendarai sepeda lebih pas.

Ageng menyarankan cukup ganti handle bar lama kamu dengan yang bekas. "Yang second juga banyak. Steeringnya handlingnya akan terasa beda," tuturnya.

3. Handgrip empuk

Harga handgrip empuk cukup kompetitif (Foto: Pexels/Bianca Goncalves)

Handgrip juga menjadi bagian penting untuk membuat sepeda kamu jadi lebih berkelas. Handgrip yang keras akan membuat genggaman tanganmu terasa tidak nyaman. Harga handgrip yang empuk juga cukup kompetitif. "Gak nyampe 100 ribu itu rasanya udah beda banget," kata Ageng.

Baca juga:

Hobi Bersepeda? Yuk Intip 5 Kota yang Sangat Ramah untuk Pengendara Sepeda

4. Rem hidrolik

Rem hidrolik tidak membuat jari tangan pegal (Foto: Pexels/Markus Spiske)

Segera ganti rem mekanik kamu, itu hanya membuat jari tangan kamu pegal saat melakukan pengereman. Lebih baik gunakan rem hidrolik. Menarik pedal rem hidrolik dengan satu jari saja akan terasa nyaman.

Tidak perlu mengganti rem di bagian depan, cukup yang bagian belakang saja. "Beli aja rem hidrolik satu untuk rem belakang. Empuknya berasa banget," imbuhnya.

5. Pedal lebar

Pedal yang lebar memudahkanmu menapak (Foto: Pexels/Alexander Dummer)

Saat gowes jarak jauh kaki kamu tentu butuh istirahat. Tidak akan nyaman apabila pedal sepeda kamu berukuran kecil. Gunakan pedal yang lebih lebar. "Pedal membantu kamu untuk menapak," tukasnya.

Jadi kapan nih mau modifikasi sepeda kamu sobat Merah Putih? (ikh)

Baca juga:

Mungil Tapi Mahal, 5 Merek Sepeda Lipat dengan Harga Fantastis

Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=FH-Ner5H4HM
Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH