Selamat Hari Sepeda Dunia, Ayo Gowes Biar Bebas Corona Ayo gowes biar sehat (Foto: Pexels/Philipp M)

BANYAK sepeda wara-wiri di jalanan selama pandemi Corona. Agaknya situasi sekarang ini membuat banyak orang bersepeda untuk mengusir rasa bosan #DiRumahAja. Nah kamu ikut bersepeda juga tidak di masa pandemi ini?

Buat kamu yang sepedanya masih dibiarkan nganggur di pojok garasi, yuk mulai gowes. Apalagi hari Rabu (3/6) ini juga bertetapan dengan Hari Sepeda Dunia. Sayang banget kalau kamu gak ikut eksis bersepeda.

Baca juga:

Rumit, Pembuatan Sepeda Brompton Harus Melalui 9 Tahapan

Kamu harus selalu menjaga tubuh kamu tetap bugar dan sehat agar tidak tertular virus Corona. Bersepeda akan memberikan kamu banyak manfaat kesehatan. Berikut manfaat bersepeda yang perlu kamu ketahui:

1. Meningkatkan energi

Bersepeda meningkatkan energi (Foto: Pexels/Pixabay)

Laman Telegraph mengatakan bersepeda membuat stamina, kekuatan otot, dan ketahanan fisik secara keseluruhan. Intinya energi kamu akan bertambah dengan rajin bersepeda.

Menjalani aktivitas harian tentu akan terasa mudah dengan energi yang cukup. Percaya deh, saat mulai ngantor setelah PSBB, kamu pasti memilih naik tangga daripada lift menuju lantai gedung kantormu. Karena tubuh kamu lebih bugar dari biasanya.

2. Meningkatkan kesehatan mental

Bersepeda mengusir stres (Foto: Pexels/Clem Onojeghuo)

Bersepeda dapat meredakan perasaan stres, depresi, atau kecemasan. Mengutip Healthline, bersepeda membantu mengembangkan konsentrasi dan kesadaran karena melepaskan hormon endorfin. Manfaat kesehatan mental ini bahkan bisa kamu dapatkan hanya dengan bersepeda selama 10 menit.

Baca juga:

Sepeda Lipat Hingga BMX, Mana Jenis yang Cocok Buatmu?

3. Mengurangi risiko kanker

Mengurangi risiko kanker usus besar dan payudara (Foto: Pexels/Nubia Navarro)

Banyak peneliti telah mempelajari hubungan antara olahraga dan kanker, terutama kanker usus besar dan payudara. Melansir BetterHealth, sebuah penelitian menunjukkan bersepeda akan mengurangi risiko kanker usus. Penelitian lainnya mengatakan kanker payudara juga bisa dicegah dengan rutin bersepeda.

4. Mengatur berat badan

Tubuh jadi ideal dengan bersepeda (Foto: Pexels/Alex Powell)

Bersepeda dengan intensitas tinggi membantu menurunkan kadar lemak tubuh. Selain itu, bersepeda akan meningkatkan metabolisme dan membentuk otot, yang memungkinkan kamu membakar lebih banyak kalori, bahkan saat istirahat. Mau punya tubuh ideal? Segera mulai bersepeda ya.

Yuk gowes sobat Merah Putih. Jangan lupa ya, tetap patuhi prosedur kesehatan untuk mencegah COVID-19 selama bersepeda. Selalu pakai masker dan cuci tangan setelah bersepeda. (ikh)

Baca juga:

Mungil Tapi Mahal, 5 Merek Sepeda Lipat dengan Harga Fantastis

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH