Mungil Tapi Mahal, 5 Merek Sepeda Lipat dengan Harga Fantastis Sepeda Helix (Foto: bikeradar.com)

SEPEDA lipat belakangan memang jadi pilihan sebagian orang. Tak hanya ramah lingkungan, setiap kayuhan sepeda dapat memberikan manfaat kesehatan. Terlebih sepeda lipat sangat praktis untuk digunakan. Orang kantoran kerap menggunakan sepeda sebagai penyambung dari penggunaan transportasi umum.

Walaupun tidak memiliki mesin, rupanya sepeda lipat memiliki harga yang fantastis. Ada lima merek sepeda lipat di dunia ini yang memiliki harga di luar perkiraanmu. Soalnya sepeda-sepeda ini memiliki komponen tak biasa dan fitur yang luar biasa.

Baca juga:

Manfaat Rahasia di Balik Bersepeda yang Jarang Diketahui

Nah apa saja lima merek sepeda termahal itu? Berikut ulasannya menurut laman BikeFolded.

5. Hummingbird

Hummingbird serat karbon kuning (Foto: hummingbirdbike.com)

Hummingbird merupakan sepeda lipat teringan di dunia. Sepeda ini tersedia dalam beberapa variasi dengan roda 16 inci atau roda 20 inci. Sepeda ini tersedia dalam empat warna termasuk serat karbon kuning, merah, hitam, dan mentah. Seri termurah sepeda ini adalah Single-speed Hummingbird dengan roda 16 inci seharga Rp 22 jutaan.

4. IoT Brompton

Dibekali teknologi IoT (Foto: brompton.com)

Brompton merupakan salah satu produsen sepeda lipat terbesar. Adanya fitur teknologi Internet of Things (IoT) menghasilkan produksi sepeda yang cerdas, dapat dilacak, dan dapat diprogram.

Teknologi ini membuat pengendara dapat memilih rute yang lebih tenang dan tidak tercemar. Selain itu, teknologi IoT memungkinkan kamu untuk membuat layar darurat dengan informasi kontak penting jika terjadi kecelakaan.

3. Allen Sports Ultra X

Mudah dilipat (Foto: foldingcyclist.com)

Dirilis pada awal 2015, Allen Sports Ultra X dibanderol dengan harga Rp 68 jutaan. Sepeda ini bahkan lebih ringan dari sepeda Brompton yang memiliki roda kecil. Ultra X hanya memilki bobot sekitar 8 kg. Menariknya, sistem lipat Press-Link yang dipatenkan membuat proses pelipatan jadi mudah. Kerangka sepeda seakan-akan seperti lentur.

Baca juga:

Rumit, Pembuatan Sepeda Brompton Harus Melalui 9 Tahapan

2. Dahon Clinch

20% lebih kuat dari 6061 alumunium (Foto: eu.dahon.com)

Dahon Clinch merupkan seri unggulan baru dari merek sepeda Dahon. Mereka merilis beberapa versi seperti Clinch D10, Clinch D20 dan Clinch Pro dengan harga bervariasi dari Rp 27 jutaan hingga 69 jutaan.

Pada bagian handlepost menggunakan sistem penjepit terbalik Dahon, yang katanya menghemat berat dan memperkeras kemudi sepeda. Kerangka D10 Clinch terbuat dari tabung Dalloy bertali ganda yang dipatenkan, yang katanya 20% lebih kuat dari 6061 aluminium.

1. Helix

Seri dengan spesifikasi terendah bisa seharga Rp 20 juta (Foto: helix.ca)

Helix menjadi favorit di banyak kalangan pencinta sepeda karena dilengkapi dengan roda 24-inci dan rem cakram besar tapi hanya memiliki bobot 9 kg. Lipatan Helix bisa kecil banget. Setelah dilipat, ukurannya hanya sedikit lebih besar dari roda. Frame sepeda ini terbuat dari titanium. Tidak mengherankan kalau harga sepeda Helix dengan spesifikasi bisa mencapai Rp 20 juta.

Bagaimana sahabat Merah Putih, sepeda merek apa yang paling kamu suka? (ikh)

Baca juga:

BMX Jadul yang Tak Lekang oleh Waktu

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH