Hobi Bersepeda? Yuk Intip 5 Kota yang Sangat Ramah untuk Pengendara Sepeda Beberapa kota ini ramah banget buat pesepeda (Foto: Unsplash/@febiyanr)

SELAMAT Hari Sepeda Dunia! Mengendarai sepeda memang punya banyak manfaat. Selain berguna untuk menjaga kesehatan, kegiatan yang satu ini jadi salah satu cara untuk mencintai bumi lho. Soalnya kendaraan ini enggak menghasilkan polusi yang merusak planet kita tercinta. Jadi kebiasaan ini perlu banget dijalankan.

Baca juga:

Selamat Hari Sepeda Dunia, Ayo Gowes Biar Bebas Corona

Nah, ini daftar lima kota yang terkenal dengan pengendara sepedanya. Sampai-sampai beberapa kota ini dijuluki sebagai kota yang paling ramah untuk pesepeda, seperti dikutip dari data Statista tahun 2019. Patut ditiru nih.

5. Amsterdam, Belanda

Hobi Bersepeda? Yuk Intip 5 Kota yang Sangat Ramah untuk Pengendara Sepeda
Jalanan yang rata semakin memudahkan pengendara sepeda (Foto: Unsplash/@noralinayla)

Kamu tidak bisa menikmati pengalaman sesungguhnya di Amsterdam kalau belum menjelajahinya dengan sepeda. Kabarnya di kota ini ada lebih banyak sepeda daripada orang lho. Totalnya ada lebih dari 800 ribu sepeda di ibu kota Belanda ini demikian dilansir dari laman Mental Floss.

Hal tersebut didukung dengan jalanan yang relatif rata sehingga membuatnya jadi ramah untuk pesepeda. Masyarakat biasanya menaiki sepeda untuk pergi bekerja, mengantar anak ke sekolah, dan berbelanja.

Ketika kamu berwisata ke sana, ada banyak sekali destinasi turis yang menyediakan penyewaan sepeda. Jadi kamu bisa sepedaan sambil berkeliling nikmati suasana Amsterdam.

4. Copenhagen, Denmark

Hobi Bersepeda? Yuk Intip 5 Kota yang Sangat Ramah untuk Pengendara Sepeda
Copenhagen dilengkapi dengan fasilitas yang mendukung untuk pengendara sepeda (Foto: Unsplash/@febiyanr)

Copenhagen pasti selalu masuk dalam daftar kota yang ramah bagi pesepeda. Bahkan turis akan dikejutkan dengan pemandangan sepeda yang begitu banyak. Rumornya sih anak-anak yang belum masuk usia sekolah saja sudah diajari naik sepeda.

Apalagi kota ini punya infrastruktur bernama Cycle Super Highway yang menghubungkan Copenhagen dengan kota Albertslund.

Enggak hanya itu, di sepanjang jalan pemerintah sudah siapkan berbagai fasilitas yang menunjang, seperti pompa ban, persimpangan aman, dan lampu lalu lintas. Wah pantesan pada betah bersepeda ya soalnya fasilitasnya mendukung banget sih.

Baca juga:

Mungil Tapi Mahal, 5 Merek Sepeda Lipat dengan Harga Fantastis

3. Antwerp, Belgia

Hobi Bersepeda? Yuk Intip 5 Kota yang Sangat Ramah untuk Pengendara Sepeda
Antwerp jadi terkenal karena inisiatif visionernya (Foto: visitanwerpen)

Selama tiga tahun terakhir, kota Antwerp di Belgia semakin terkenal dengan reputasinya sebagai salah satu kota yang ramah buat para pengendara sepeda demikian dilansir dari laman Wired. Hal ini terjadi berkat inisiatif visioner, keahlian profesional, dan tindakan pemerintahnya yang mendorong mobilitas dengan sepeda.

Ketika kamu datang ke Antwerp, kota ini punya rancangan yang fokus untuk meningkatkan dan menghubungkan persimpangan jalur sepeda. Lewat pengaturan lampu lalu lintas, perbaikan jalan, dan batas kecepatan sepeda di hampir semua jalan.

Selain itu, Anwerp juga menyediakan tempat parkir sepeda di stasiun keretanya dan berusaha memperluas jalan raya khusus sepeda.

2. Munster, Jerman

Hobi Bersepeda? Yuk Intip 5 Kota yang Sangat Ramah untuk Pengendara Sepeda
Munster dikenal sebagai kota Jerman yang paling ramah untuk pesepeda (Foto: Unsplash/@mparzuchowski)

Kota Munster ini disebut sebagai kota Jerman yang paling ramah bagi pesepeda. Bahkan warganya enggak bisa membayangkan kota Munster tanpa sepeda. Dikutip dari laman Munster.de, ada lebih dari 100 ribu penduduknya yang menggunakan sepeda sebagai bagian dari keseharian mereka.

Entah untuk pergi bekerja, sekolah, berolahraga, atau hanya sekadar mengelilingi kota. Munster juga dijuluki sebagai rumah dari 500 ribu sepeda.

Kota ini sediakan jalur sepeda sepanjang 450 kilometer untuk semua pengendaranya. Enggak tanggung-tanggung, mereka bahkan menyediakan jalan khusus sepeda yang lebih diutamakan daripada mobil.

1. Utrecht, Belanda

Hobi Bersepeda? Yuk Intip 5 Kota yang Sangat Ramah untuk Pengendara Sepeda
Utrecht lebih memprioritaskan sepeda dibandingkan mobil (Foto: Unsplash/@mauricesmeets)

Peringkat pertama dalam daftar kota yang paling ramah untuk pesepeda menurut data Statista adalah kota Utrecht. Hampir sama dengan kota-kota lainnya, Utrecht sediakan insfrastruktur kelas dunia untuk sepeda. Namun yang membedakannya adalah kemampuan inovasi dan politiknya terkait pengendara sepeda.

Politikus di kota tersebut ingin sepeda menjadi moda transportasi yang paling berpotensi. Sampai-sampai mereka lebih memprioritaskan mengayuh sepeda daripada mengemudikan mobil. Rencananya Utrecht juga akan menargetkan untuk menggandakan jumlah mobilitas sepeda pada 2030. (sam)

Baca juga:

Sepeda Lipat Hingga BMX, Mana Jenis yang Cocok Buatmu?



Ananda Dimas Prasetya