Sembari 'Work from Home', Coba Pola Makan Ala Vegetarian Yuk! Mencoba pola makan vegetarian selama WFH (Foto: Pexels/Vegan Liftz)

MENGIKUTI imbauan pemerintah, banyak kantor di Indonesia kini memberlakukan kebijakan work from home (WFH). Meski harus tetap melakukan kewajiban pekerjaan, banyak hal lain yang bisa dilakukan selama bekerja dari rumah. Kamu bisa mencoba hobi baru seperti olahraga, bermain game, atau mencoba hal-hal yang belum pernah kamu lakukan sebelumnya. Mencoba pola makan ala vegetarian misalnya.

Menjadi vegan adalah keputusan yang dapat mengubah hidup dan kamu perlu melakukannya dengan perlahan. Agar transisi ini lancar dan mudah, ada beberapa cara untuk mengikuti pola makan vegetarian. Pada akhirnya, kamu akan memiliki gagasan yang jelas dan merasa lebih percaya diri untuk memutuskan menjalani gaya hidup vegetarian. Melansir laman stylecraze, berikut adalah beberapa langkah mudah untuk mencobanya sembari WFH.

Baca juga:

Lakukan 4 Hal Ini Biar Tetap Produktif Saat 'Work From Home'

1. Jangan Paksa Diri Sendiri

Sembari 'Work from Home', Coba Pola Makan Ala Vegetarian Yuk!
Merupakan kebiasaan yang perlu dikembangkan (Pexels/Lisa Fotios)

Jika kamu ingin mencoba pola makan ala vegetarian, jangan ragu untuk memulai. Menjalankan pola makan ala vegetarian bisa jadi kebiasaan sehat yang harus kamu kembangkan dan menjadikannya gaya hidup kamu selama suatu periode.

Mulailah dengan langkah-langkah kecil. Mungkin berhenti mengonsumsi susu atau telur. Kamu juga bisa mulai dengan mengonsumsi satu menu dengan protein non-hewani per hari dan kemudian dilanjutkan dengan dua menu di hari berikutnya.

2. Pelajari Tentang Veganisme

Sembari 'Work from Home', Coba Pola Makan Ala Vegetarian Yuk!
Banyak situs dan forum online yang dapat dijadikan referensi (Pexels/Deeana Garcia)

Mulailah banyak membaca info yang tersebar online bagaimana seorang vegan menjalani pola hidupnya. Ada banyak situs dan grup online yang dapat dijadikan inspirasi.

Kamu juga dapat melihat blog khusus untuk mengetahui mengapa menjadi vegetarian adalah hal terbaik untuk dilakukan, mengonsumsi makanan, resep yang bisa kamu buat, dan restoran terdekat yang menyajikan makanan vegetarian.

3. Kenali Makanan Alternatif

Sembari 'Work from Home', Coba Pola Makan Ala Vegetarian Yuk!
Banyak makanan alternatif vegetarian (Pexels/Boenosia Carol)

Salah satu alasan utama orang kurang tertarik dengan pola makan vegetarian adalah takut kehilangan makanan-makanan lezat. Itu tidak sepenuhnya benar! Banyak jenis alternatif makanan vegetarian, dari susu almond hingga 'tiruan' daging yang rasanya tak kalah lezat.

Baca juga;

Yuk Cari Uang Jajan Tambahan Sembari 'Work From Home'!

Cobalah mengganti susu dengan susu almond dengan kopi atau chai. Cobalah memanggang daging tiruan alih-alih ayam atau sapi. Cobalah tahu renyah dengan sayuran yang ditaburi minyak zaitun dan keju non-hewani. Kamu dipastikan tidak akan bisa membedakannya.

4. Jangan Berkompromi Tentang Nutrisi

Sembari 'Work from Home', Coba Pola Makan Ala Vegetarian Yuk!
Makanan kaya nutrisi selalu diperlukan. (Pexels/Polina Tankilevitch)

Makanan vegetarian tak kalah enak. Tetapi kamu juga akan menemukan junk food vegan, yang rasanya juga enak tetapi tidak memiliki nilai gizi.

Alih-alih junk food, tambahkan lebih banyak sayuran berdaun gelap dan sumber protein nabati yang baik seperti kacang kedelai, kacang-kacangan, dan kacang-kacangan dalam makanan untuk mendapatkan berbagai macam nutrisi dari produk nabati. Suplemen vitamin, mineral, dan omega-3 juga diperlukan untuk mencegah kekurangan gizi.

5. Buatlah Daftar Apa yang Bisa Kamu Makan

Sembari 'Work from Home', Coba Pola Makan Ala Vegetarian Yuk!
Lakukan riset restoran yang akan dituju. (Pexels/Bulbfish)

Seorang vegetarian bukan berarti tidak dapat menikmati malam atau kencan makan siang di luar rumah. Lakukan sedikit riset tentang restoran yang akan kamu kunjungi.

Buat daftar hidangan vegetarian dari menu dan minta koki untuk menyesuaikan makananmu. Jika kamu tidak ingin repot, langsung pilih restoran yang menyajikan makanan vegetarian. (Lgi)

Baca juga:

Dilema Work From Home Di Tengah Isu Corona

Kredit : leonard


Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH