Segudang Manfaat dari Minyak Zaitun Minyak zaitun memiliki segudang manfaat. (Foto: Pixabay/stevepb)

MINYAK zaitun adalah minyak alami yang diekstrak dari buah zaitun. Di dalamnya terdapat kandungan omega 3 dan asam oleat yang bagus untuk kesehatan. Minyak zaitun juga memiliki banyak lemak baik jika dibandingkan dengan jenis minyak lainnya. Sehingga menggunakan minyak zaitun dalam memasak sama dengan menambahkan nutrisi ke dalam makanan tersebut.

Melansir dari healthline.com, minyak zaitun sering digunakan sebagai alternatif minyak yang jauh lebih sehat. Selain itu khasiatnya juga patut diacungi jempol. Selain bermanfaat bagi kesehatan kulit, minyak ini juga berperan dalam menjaga kesehatan organ vital manusia. Kamu bisa menggunakan zaitun sebagai minyak goreng atau dressing salad. simak ulasan berikut.

Baca juga:

Ampuh, Usir Kantung Mata dengan Cara Ini

1. Sumber Antioksidan

Trivia 1 _ Antioksidan tinggi menjaga kesehatan kulit. (Foto: Pixabay/7945425)
Antioksidan tinggi menjaga kesehatan kulit. (Foto: Pixabay/7945425)

Sejak zaman Mesir kuno, minyak zaitun digunakan sebagai produk perawatan kecantikan. Terdapat kandungan antioksidan tinggi di dalamnya yang mampu menutrisi kulit secara keseluruhan. Antioksidan berperan aktif dalam membunuh jaringan radikal bebas dan membantu produksi kolagen dalam lapisan kulit.

2. Mencegah Penyakit Jantung

Minyak zaitun mencegah serangan jantung. (Foto: Pixabay/mohamed_hassan)
Minyak zaitun mencegah serangan jantung. (Foto: Pixabay/mohamed_hassan)

Asam lemak tak jenuh di dalam minyak zaitun berperan memperbaiki fungsi pembuluh darah. Tidak ada lagi masalah peredaran darah yang tersumbat sehingga kerja jantung semakin lancar. Kalorinya yang rendah tidak membuat organ jantung dilapisi tumpukan lemak sehingga risiko serangan jantung semakin kecil.

Baca juga:

Cara Masak yang Tepat Jaga Nutrisi Sayuran

3. Menurunkan Berat Badan

Kalorinya rendah sehingga mampu mengurangi berat badan. (Foto: Pixabay/PublicDomainPictures)
Kalorinya rendah sehingga mampu mengurangi berat badan. (Foto: Pixabay/PublicDomainPictures)

Lemak baik yang terdapat di dalam minyak zaitun tidak menyebabkan masalah kegemukan. Kalori rendah sehingga sangat cocok bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan. Kamu juga tidak perlu khawatir karena minyak zaitun tidak menyebabkan kolestrol jika dikonsumsi dalam jumlah banyak. (mar)

Baca juga:

Perempuan Wajib Makan Buah dan Sayur, ini Alasannya


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH