Perempuan Wajib Makan Buah dan Sayur, ini Alasannya Buah dan sayur amat penring bagi perempuan. (foto: pixabay/hevoli)

STRES tidak hanya berdampak mengganggu kesehatan mental, tapi juga bisa berdampak negatif terhadap kesehatan fisik. Sebuah studi yang dilaporkan Medical News Today mengungkapkan stres yang berat dapat meningkatkan risiko obesitas. Selain itu, penelitian lain telah menemukan bahwa stres dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan diabetes.

Perempuan cenderung lebih mudah terkena stres. Menurut American Psychological Association, sekitar 3 dari 4 orang perempuan dewasa setidaknya mengalami stres sebulan sekali. Ciri-cirinya, mudah marah, cemas, gugup bahkan sampai depresi.

BACA JUGA: Ini yang Terjadi pada Tubuhmu Setelah Meminum Soda

Namun untungnya, stres pada perempuan dapat diatasi dengan konsumsi buah dan sayur yang cukup. Penelitian yang dilakukan Binh Nguyen PhD dari University of Sydney menyatakan makan sayur dan buah dapat mencegah stres yang rentan dialami perempuan dewasa.

Perempuan yang makan 3 hingga 4 porsi sayuran per hari memiliki 18% risiko stres lebih rendah daripada wanita yang tidak makan sayur atau buah sama sekali. Selain itu, perempuan yang makan 2 porsi buah per hari memiliki 16% risiko stres lebih rendah daripada wanita yang tidak makan sayur dan buah sama sekali. Asupan 5 hingga 7 porsi sayur dan buah per hari pada perempuan menurunkan 23% risiko stres daripada wanita yang tidak makan sayur dan buah sama sekali.

apple
Buah dan sayur menghindarkan perempuan dari stres. (foto: pixabay/public domain pictures)

Oleh karena itu, asupan sayuran dan buah setiap hari bagi perempuan amatlah penting, karena asupan buah dan sayur dapat menurunkan risiko stres psikologis. Untuk hasil terbaik, kamu tetap harus mengimbangi dengan pola hidup yang sehat, menghindari perilaku yang memicu stres, dan selalu berpikir positif.(*)



Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH