Kesehatan

Sabun Mandi bisa Dipakai untuk Cuci Muka?

Andreas PranataltaAndreas Pranatalta - Kamis, 27 Oktober 2022
Sabun Mandi bisa Dipakai untuk Cuci Muka?
Jangan asal memilih sabun cuci muka. (Foto: Unsplash/Matthew Tkocz)

KAMU mungkin pernah mencuci muka menggunakan sabun mandi, entah karena tidak ada sabun cuci muka atau sedang buru-buru. Sebenarnya, boleh enggak sih?

Cuci muka merupakan bagian dari perawatan kulit yang dapat membuat muka menjadi lebih bersih dan bebas dari masalah. Dalam memiliih sabun untuk mmuka, kamu tidak boleh sembarangan, ya. Soalnya, pemilihan sabun cuci muka dan handuk atau alat yang digunakan untuk mengeringkan kulit juga berkaitan dengan kebersihan dan kesehatan wajah.

Baca Juga:

Mencuci Mobil dengan Sabun Cair, Amankah?

Sabun Mandi bisa Dipakai untuk Cuci Muka?
Sabun mandi dapat membuka kulit jadi kering. (Foto: Unsplash/Sinitta Leunen)

Jika kamu sering lupa cuci muka setelah beraktivitas, justru wajahmu bisa berjerawat, terlihat kusam, dan memicu penuaan dini pada kulit. Masalah kulit juga bisa muncul kalau kamu salah memilih sabun cuci muka, misalnya menggunakan sabun mandi.

Perlu kamu ketahui, kulit muka cenderung lebih tipis dibandingkan kulit bagian tubuh lain. Jadi, formulai dan komposisi di dalam sabunnya pun tentunya akan berbeda. Nah, atas dasar inilah penggunaan sabun mandi tidak disarankan untuk muka.

Mengutip laman Alodokter, ada beberapa alasan lain mengapa sebaiknya sabun mandi tidak digunakan untuk cuci muka. Pertama, kulitmu akan jadi kering. Umumnya, sabun muka mengandung bahan yang dapat mengunci kelembapan kulit. Namun, beberapa jenis sabun mandi memiliki kadar dan jenis pelembap yang berbeda dengan sabun muka. Jadi, kalau sabun mandi dipakai pada wajah, kulit wajah bisa menjadi kering.

Baca juga:

Memilih Sabun Mandi, Cocokan dengan Kulit

Sabun Mandi bisa Dipakai untuk Cuci Muka?
Mencuci muka adalah bagian dari perawatan kulit. (Foto: Unsplash/Joseph Gonzalez)

Beberapa produk sabun mandi biasanya mengandung bahan tambahan, seperti wewangian dan pewarna. Bila digunakan untuk cuci muka, kulit wajah berisiko teritasi, seperti terasa gatal serta muncul kemerahan dan flek. Hal ini lebih rentang terjadi kalau kamu memiliki kulit yang sensitif.

Sabun mandi juga umumnya mengandung bahan yang lebih keras daripada sabun khusus muka. Kalau kamu gunakan untuk cuci muka, kulit wajahmu dapat memproduksi minyak berlebih. Alhasil, wajahmu rentan berjerawat atau jerawat yang sudah ada bisa semakin parah. Sabun mandi juga memiliki pH yang lebih tinggi dibandingkan dengan sabun muka. Hal ini membuat sabun mandi bersifat abrasif dan dapat mengikis lapisan kulit kalau dipakai di wajah.

Ada beberapa tips untuk memilih sabun cuci muka. Pilihlah sabun muka yang diformulasikan khusus untuk kulit wajah dan sesuai jenis kulit. Terakhir, pastikan sabun muka tidak mengandung alkohol, wewangian, dan tidak bersifat abrasif. (and)

Baca juga:

Sabun Mandi Batangan Termahal di Dunia Bernilai Rp39,6 Juta, Intip Keunggulannya

#Kesehatan #Wajah #Perawatan Wajah
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan