Mencuci Mobil dengan Sabun Cair, Amankah? Mencuci mobil dengan sabun rumah tangga sebaik dihindarkan. (Foto: Pexels/Kaboompics.com)

MENCUCI mobil adalah saat-saat yang membahagiakan bagi pemilik mobil. Ketika mobil sudah bersih dan kinclong membuat pemiliknya tersenyum puas.

Di luar pemakaian produk shampo mobil dan sejenisnya, terkadang orang menggunakan sabun cair untuk membersihkan peralatan rumah tangga pada mobilnya. Amankah?


Baca Juga:

Berapa Lama Daya Baterai Mobil Elektrik?

cuci
Mencuci mobil agar mobil tetap kinclong. (Foto: Unsplash/Norbert Buduczki)


Sabun cair pembersih untuk keperluan pencucian peralatan rumah tangga memang mampu membersihkan peralatan dapur yang berbahan logam. Hasilnya sangat baik, mampu membersihkan semua minyak yang menempel.

Berangkat dari hasil itu dan dasar teori pembersihan yang maksimal, kemudian orang menggunakannya sebagai pembersih pencucian mobil. Padahal cara ini sangat tidak disarankan.

Menurut laman express, lebih dari 40% pemilik kendaraan di Inggris mencuci mobilnya sendiri. Mereka tidak melakukannya di bengkel pencucian mobil. Dari prosentase itu ada sekitar 40%nya yang menggunakan sabun cair untuk keperluan dapur bukan produk yang memang digunakan untuk mencuci mobil.


Baca Juga:

Kiat Merawat Mobil Saat #DiRumahAja

cuci
Sebaknya selalu mencuci mobil di pencucian mobil. (Foto: Unpslash/Jan Kopriva)


Penggunaan sabun cair keperluan dapur itu sangat tidak disarankan. Karena cairan tersebut dapat mengurai wax yang melapisi cat mobil. Makanya produk pembersih itu sudah saatnya tidak boleh dipakai. Sebaiknya menggunakan shampo yang memang ditujukan untuk membersihkan mobil.

Pembersih dapur itu mengandung agen anti lemak yang segera membersihkan dari permukaan peralatan dapur. Jika ini diterapkan pada mobil, maka wax akan tersapu bersih dan menjadikan cat kusam. Begitu juga dengan sabun yang mengandung deterjen dapat merusak warna cat pada body mobil. Alih-alih mobil kinclong malahan menjadi kusam.

Laman MyGarage menyebutkan produk shampo mobil yang bagus adalah yang terasa licin ketika digunakan. Ini karena produk tersebut bebas dari deterjen. Untuk mengetahui produk shampo mobil yang bagus, coba taruh di antara jari telunjuk dan jempol, usap-usap kalau terasa licin maka produk itu bagus. (psr)


Baca Juga:

Mumpung #DiRumahAja Bersihkan Helm Kamu

Kredit : paksi

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH