Memilih Sabun Mandi, Cocokan dengan Kulit Pilihlah sabun dengan baik. (Foto: pixabay/joe137)

JANGAN asal membeli sabun mandi. Jangan pula terpengaruh oleh iklan sabun mandi. Memilih sabun mandi tidak sesederhana membelinya.

Anda berpikir sabun mandi sama saja, padahal lebih dari itu bila memilih sabun mandi. Memang semuanya sama memiliki prinsip membersihkan tubuh. Namun sabun mandi memiliki jenis-jenisnya yang cocok dengan kulit Anda.

Perhatikan langkah berikut:

Pilih

Perhatikan kandungan sabun yang Anda akan beli. Jika mengandung triclosan dan vailex, sabun tersebut memiliki kemampuan menetralkan serta mengontrol bau badan.

Olahraga

Bagi Anda yang suka berolahraga, sabun yang sebaiknya Anda pilih adalah sabun mandi yang memiliki kandungan antibakteri. Tentunya dapat membasmi bakteri yang melekat bersama keringat yang diproduksi selama berolahraga.

Lembab

Bagi Anda yang ingin menjaga kelembapan dan kehalusan kulit. Maka carilah sabun dengan kandungan glycerin, petroleum, dan beeswax atau madu alamilah.

Bersihkan Pori

Bagi Anda yang menginginkan kebersihan total hingga ke pori. Maka sebaiknya mencari sabun mandi berjenis abrasive soap berguna membersihkan kulit hingga pori-pori bagian paling dalam.

Kedaluarsa

Kedalurasa sering dilupakan oleh orang. Sabun mandi juga memiliki masa kedaluarsa. Lihat dan perhatikan pada kemasan sabun. Pastikan produk sabun yang akan dibeli mencantumkan tanggal kedaluwarsa untuk mengetahui jangka waktu pemakaian yang aman.

sabun
(Foto: pixabay/kboyd)

Pilih pH

Jika Anda menginginkan sabun yang bersifat ringan dan hipoalergenik. Maka yang harus diingat adalah memilih sabun yang mempunyai pH yang mendekati pH kulit, yaitu 5,5-6,5.

Hindari

Yang patut Anda ingat adalah menghindari jenis sabun yang memiliki zat pewarna dan mengandung triclosan C, sodium hydroxide, lemak hewani, serta kandungan pH di atas 7. Kandungan itu dapat menyebabkan kulit menjadi iritasi, bahkan berminyak dan berjerawat.

Sabun Batangan

Kesukaan itu realtif, bila Anda lebih menyukai sabun batangan dibanding sabun cair. Maka yang harus diperhatikan adalah penggunaannya. Gunakan sabun yang masih berbusa dengan baik. Jika sabun sudah berubah menjadi lembek, permukaannya berlendir, dan pernah jatuh ke lantai, sebaiknya jangan dipakai.

Segera ganti dengan sabun mandi yang baru. Sebab, bukan tak mungkin sabun mandi justru menjadi tempat bersarangnya bakteri yang terkontaminasi oleh kelembapan dan air yang menggenang di kotak sabun. (psr)

Kredit : paksi

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH