Rum yang Diolah Menjadi Minuman Tropikal Favorit Semua Orang Rum yang diolah menjadi berbagai koktail menyegarkan. (Foto Pexels/magda ehlers)

RUM sudah ada sejak berabad-abad lalu dan kerap muncul pada film-film berlatarbelakang bajak laut. Lihat saja Jack Sparrow dalam serial Pirate of the Caribbean, selalu mencari rum, ‘yo hohoho and a bottle of rum’.

Rum memang masuk dalam minuman beralkohol yang dapat diolah menjadi koktail. Kesan tropikal pada rum tak habis dalam berbagai koktail yang populer di kalangan penikmat minuman beralkohol.


Baca Juga:

Rutin Minum Air Hangat? Ini yang Akan Kamu Dapatkanmai


Kuba Libre

rum
Ramuan rum, cola dan perasan jeruk nipis hadir dalam segelas koktail kuba libre (Foto baconismagic.com)

Membaca namanya diartikan sebagai Kuba Merdeka!. Memang konon dalam sejarahnya minuman ini muncul dalam pemberontakan di Kuba melawan kolonial Spanyol. Laman the blacklabel menuliskan bahwa koktail ini tadinya hanya merupakan ramuan antara rum, madu atau tetes tebu dan air.

Ketika Kuba kemudian merdeka dari Spanyol, maka perbatasan terbuka. Tentunya yang datang pertama kali adalah orang-orang Amerika, terutama para pebisnis. Mereka membawa berbagai produk Amerika ke Kuba, termasuk Coca cola. Kemudian minuman bersoda inipun menjadi ramuan dalam koktail Kuba Libre ini. Kuba Libre yang dikenal saat ini merupakan ramuan antara rum, cola dan potongan jeruk nipis.

Brand yang dipakai biasanya adalah Bacardi yang memiliki penyulingan di Santiago de Cuba sejak tahun 1862. Rum Bacardi bukan hanya untuk koktail Kuba Libre saja, juga jadi bahan dasar dari koktail Daiquiri. Koktail ini meramu rum dengan jeruk nipis dan es serut.

Mai Tai

rum
Mai Tai, koktail yang mengkombinasikan rasa tropis polinesia dan Karibia. (Foto food n focus)


Koktail yang memadukan almond, jeruk dan rum memberikan kesegaran pada iklim tropis. Menurut laman curacaoliqueur, koktail ini muncul di tahun 1944 dibuat oleh pria bernama Victor Jules Bergeron atau dikenal dengan nama Trader Vic. Ia memiliki restoran dengan nama aliasnya itu di Oakland. Restorannya ini merupakan perpaduan antara budaya Polinesia dan Karibia atau disebut budaya tiki.

Tak mengherankan bila rum adalah salah satu sajian di restoran ini. Sampai satu saat ia menyajikan minuman terbaru pada dua temannya. Ia terinspirasi dari koktail sederhana seperti Martini, Manhattan dan Daiquiris yang kemudian melahirkan Mai Tai.

Pada awalnya ia menggunakan rum berumur 17 tahun berlabel J. Wray Nephew dari Jamaica. Pertimbangannya waktu itu ia menginginkan sesuatu yang tidak terlalu kuat namun menghadirkan aroma Jamaica yang kental. Kemudian ia mencapurkannya dengan jeruk nipis, jeruk curaçao, gula dan sedikit sirup orgeat dari Prancis. Kemudian ia campurkan dengan es serut, lalu disajikan dengan potongan jeruk nipis dan daun mint.

Baca Juga:

Kamu Gemar Minum Wine? Ketahui 5 Jenis yang Paling Sehat Untukmu


Mojito

rum
Kandungan alkohol dalam mojito relatif rendah (Foto Pexels/picography)


Koktail ini memang sangat populer di kalangan penikmat minuman beralkohol. Kadar alkoholnya rendah namun memberikan kesegaran pada peminumnya. Ramuannya terdiri dari rum putih, gula, jeruk nipis, air soda dan spearmint, semacam daun mint yang digunakan sebagai herbal atau campuran pada permen karet.

Menurut laman the culture trip, siapa dan kapan mojito muncul masih dalam perdebatan. Versi bajak laut mengisahkan anak buah kapal bajak laut Sir Francis Drake di tahun 1500-an, terserang kudis dan disentri. Ia kemudian memerintahkan anak buahnya mencari obatnya. Sampai kemudian mereka kembali dengan minuman, daun mint, jeruk nipis dan air tebu sebagai obatnya. Tak berapa lama di Kuba kemudian populer koktail bernama El Draque yang memiliki campuran bahan yang sama.

Sementara versi budak, menyebutkan kalau Mojito berasal dari budak-budak Afrika yang ada di Kuba. Para pendukung teori ini yakin kalau mojito berasal dari kata mojo yang berarti ‘membacakan mantera’.

Adapula versi pemilik bar di Havana, La Bodeguita del Medio, yang mengisahkan bahwa seorang bartendernya lah yang menciptakan mojito.


Susu regal

rum
Susu kekinian dengan menambahkan biskuit dan rum (Foto cookpad.com)


Sementara di Indonesia yang populer adalah susu regal. Minuman ini meramu rum non-alkohol dan biskuit Regal yang menjadi favorit generasi milenial. Minuman ini tersebar di hampir gerai kopi. Mulai dari Jabodetabek hingga luar kota lainnya. Di antaranya, gerai Kopi Soe yang menjual Es Roegal (Rum Regal), Nosh Kitchen menu Royal Legal Milkshake, Djournal Coffee menu Regally Blonde Shake dan lainnya. Harga yang ditawarkan mulai Rp23 ribu hingga Rp60 ribu/gelas. (Dys)


Baca Juga:

Manfaat Minum Air Es, Nomor 4 Belum Ada yang Tahu



Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH