Rutin Minum Air Hangat? Ini yang Akan Kamu Dapatkan Air hangat (Sumber: Pixabay/95839)

Kita semua tahu manfaat dari air putih. Meskipun kebanyakan orang lebih suka mengonsumsi air normal, para peneliti telah menunjukkan bahwa minum air hangat memiliki beberapa manfaat eksklusif untuk kesehatan.

Menurut pengobatan Tiongkok dan India kuno, memulai hari dengan segelas air hangat membantu memulai sistem pencernaan. Minum air hangat bisa meredakan hidung tersumbat dan bahkan bisa membuat kamu merasa rileks.

Nah, dilansir dari Boldsky, berikut ini manfaat jika kamu rutin memilum air hangat.

1. Membantu pencernaan

Membantu pencernaan (Sumber:Pixabay/silviarita)
Membantu pencernaan (Sumber:Pixabay/silviarita)

Minum air hangat membantu menenangkan dan mengaktifkan saluran pencernaan. Saat air hangat melewati perut dan usus, organ pencernaan terhidrasi lebih baik dan mampu menghilangkan limbah dengan cepat. Selain itu, ia bertindak sebagai pelumas yang membuat pencernaan terus berjalan.

2. Menenangkan sistem saraf

Mampu menenangkan sistem saraf (Sumber: Pixabay/ColiN00B)
Mampu menenangkan sistem saraf (Sumber: Pixabay/ColiN00B)

Minum air hangat dapat membantu menenangkan sistem saraf pusat dan melumasi tubuh. Sistem saraf yang berfungsi dengan baik akan membuat tubuh kamu lebih tahan terhadap serangan penyakit.

3. Membantu menurunkan berat badan

Membantu menurunkan berat badan (Sumber: Pixabay/Tumisu)
Membantu menurunkan berat badan (Sumber: Pixabay/Tumisu)

Minum air hangat membantu memecah timbunan lemak dari tubuh dan membantu penurunan berat badan. Air hangat juga menurunkan suhu internal yang pada akhirnya meningkatkan metabolisme. Untuh hasil yang maksimal, minum air hangat dengan lemon, madu atau keduanya setiap selesai makan.

4. Menghilangkan racun

Menghilangkan racun (Sumber: Pixabay/Alexas_Fotos)
Menghilangkan racun (Sumber: Pixabay/Alexas_Fotos)

Minum air hangat membantu mengeluarkan racun berbahaya dari tubuh. Ketika kamu minum air hangat secara teratur, sistem endokrin tubuh aktif menyebabkan kamu berkeringat. Ini membantu menyingkirkan racun dan menghilangkannya dari tubuh.

5. Mengurangi nyeri haid

Mengurangi jeri haid (Sumber: Pixabay/silviarita)
Mengurangi nyeri haid (Sumber: Pixabay/silviarita)

Salah satu manfaat utama dari minum air hangat adalah dapat membantu mengurangi kram menstruasi. Panas dari air menghasilkan efek meredakan dan menenangkan pada otot-otot perut, sehingga mengurangi kejang dan kram.

6. Mengelola stres

Mengelola stres (Sumber: Pixabay/pedrofigueras)
Mengelola stres (Sumber: Pixabay/pedrofigueras)

Jika pada akhir-akhir ini kamu merasa stres, minumlah air hangat. Karena air hangat mampu menekan kortisol, hormon yang menyebabkan kamu stres. Air hangat juga mampu merilekskan otak sehingga mengurangi tingkat stres.



Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH