Manfaat Minum Air Es, Nomor 4 Belum Ada yang Tahu Jangan pantang minum air es (Foto: Pexels/rawpixel.com)

BANYAK orang menghindari minum air es karena kebiasaan ini dianggap buruk. Sebab, air es disebut bisa menimbulkan beragam penyakit semisal pilek dan radang tenggorokan. Padahal, ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dari minum air es. Bahkan bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Air es justru bisa menurunkan demam, menghidrasi tubuh setelah berolahraga, mengatasi radang tenggorokan, hingga mengobati nyeri otot. Selain itu, setiap harinya kamu memang dianjurkan minum 2 liter air putih, termasuk air es. Nah, menurut laman Alodokter, ada empat manfaat minum air es seperti berikut ini.

1. Meredakan demam dan mengatasi sakit tenggorokan

Air es bisa meredakan demam (Foto: Pexels/Pixabay)

Kamu pasti mengira air es memperparah demam dan sakit tenggorokan. Sebaliknya, kamu bisa mengatasi demam dan sakit tenggorokan dengan mengonsumsi air es. Saat mengalami demam, tubuh membutuhkan asupan cairan untuk mencegah dehidasi. Air es dapat memberikan asupan tersebut.

2. Menghidrasi tubuh setelah berolahraga

Air es solusi mengurangi rasa lelah setelah berolahraga (Foto: Pexels/John Seldon)

Olahraga membuat suhu tubuh meningkat. Ketika suhu tubuh panas keringat akan mengucur keluar dan membuat tubuh cepat lelah. Untuk menyejukkan tubuh dan mengurangi rasa lelah, air es ialah solusinya.

Baca juga:

Makna Hari Air Sedunia Bagi Nugie

3. Meringankan nyeri otot

Basahi kain dengan air es untuk mengompres bengkak (Foto:Pexels/rawpixel.com)

Otot akan terasa nyeri saat keseleo. Air es bisa kamu gunakan untuk mengobati kondisi tersebut. Caranya mudah banget. Kamu cukup mengkompres bagian yang nyeri dan bengkak dengan kain yang dibasahi air es untuk mengurangi pembengkakan dan nyeri otot.

4. Menurunkan berat badan

Air es akan membuat tubuh kamu bekerja lebih keras (Foto: Pexels/Pixabay)

Tubuh akan bekerja kerasa untuk menghangatkan air yang kamu minum. Sehingga tubuh akan sekaligus bekerja untuk membakar kalori. Ya, air es yang dingin banget, akan membuat tubuh kamu bekerja sangat keras. Perut kamu juga akan terasa lebih kenyang.

Yuk sahabat Merah Putih, enggak perlu pantang minum air es. Tapi tetap batasi juga ya. (ikh)

Kredit : digdo


Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH