Fashion
'Realita Cinta dan Rock'n Roll' Inspirasi Fesyen Anak Muda 'Rebel' Film 'Realita Cinta dan Rock'n Roll' menjadi inspirasi fesyen anak muda 'rebel' di negeri aing (foto: istimewa)

TAHUN 2006 film Realita Cinta Rock'n Roll yang disutradarai oleh Upi Avianto, dibintangi oleh Herjunot Ali, Vino G. Bastian, dan Nadine Chandrawinata, menjadi panutan anak-anak muda. Salah satu daya tariknya adalah dekat dengan dunia anak muda SMA yang tengah mencari jati diri.

Pada film tersebut, sosok yang di 'elu-elukan' ialah Ipang (Vino G. Bastian) dan Nugi (Herjunot Ali). Gaya mereka di film itu terlihat begitu keren oleh anak muda pada zamannya.

Baca Juga:

Anak Emo Negeri Aing Pernah Berjaya Pada Masanya

Vino G Bastian dan Herjunot Ali menjadi trensetter anak muda berkat perannya di film Realita Cinta dan Rock'n Roll (foto: istimewa)

Dari mulai gestur tubuh, gaya bicara, hingga fesyen kedua karakter pada film tersebut menjadi influence anak muda saat itu.

Salah satunya celana boxer warna-warni yang dikenakan Vino dan Junot pada salah satu scene di film tersebut. Pada scene itu, Vino dan Junot mengenakan kacamata hitam model aviator dan celana boxer warna-warni, seraya memamerkan tubuh sixpack-nya yang proporsional.

Karena fesyen Vino dan Junot di salah satu scene film itu, tren celana boxer pun mulai ramai dikenakan para anak muda. Sejumlah distro pun mulai menjual celana boxer kala itu.

Menariknya, banyak anak muda pria saat itu, yang ingin tampil seperti Vino dan Junot di film tersebut. Mereka 'berlomba-lomba' untuk berfoto mirip dengan gaya mirip kedua aktor tersebut untuk diunggah ke media sosial.

Baca juga:

4 Pesan Cinta dari Tayangan Romantis Anak SMA

Boxer warna-warni, kacamata hitam aviator dan gaya rambut poni lempar jadi inspirasi anak muda saat itu (foto: istimewa)

Dari mulai mengenakan celana boxer, memakai kacamata hitam, gestur tubuh agak sedikit miring, pasang tampang 'songong' dan sambil merokok. Saat itu, pandangan style itu dinilai rock'n'roll abis oleh anak muda.

Selain pada scene tersebut, di bagian film lainnya, fesyen Vino dan Junot juga turut menjadi perhatian para anak muda, seperti halnya celana jeans super ketat dan robek-robek, kaos press body, jaket jeans, sepatu converse 'butut' dan ikat pinggang MYSEX.

Gaya rambut poni lempar seperti Vino dan gaya rambut mullet mirip Junot, termasuk dalam daftar starter pack anak rock'n'roll saat itu.

Selain itu yang tak ketinggalan yakni tunggangan Vino dan Junot, mobil sedan Holsen klasik yang kece abis. Kala itu, selain bergaya fesyen ala Vino dan Junot, banyak yang mejeng membawa mobil 'bokap', meski belum punya SIM.

Baca Juga:

Marvel Kembangkan Film X-Men Berjudul ‘The Mutants’

Ikat Pinggan MYSEX, baju pressbody dan celana jeans belel menjadi 'starter pack' rock'n roll di mata anak muda saat itu (Foto: istimewa)

Pandangan fesyen ala film yang berkisah tentang gaya hidup rock'n roll dua orang sahabat di kehidupan urban itu, dahulu juga ditunjang dengan kemunculan tren band rock'n roll lokal yang mulai eksis di jagat musik.

Sebut saja The Sigit, The Changcuters, dan grup band lainnya, yang hampir waktu bersamaan mulai mencuat di industri musik lokal. Tak ayal banyak para anak muda yang ingin ngeband dan membawakan lagu-lagu dari Ipank, yang mengisi soundtrack film Realita Cinta dan Rock'n Roll.

Film ini bercerita tentang dua anak muda SMA kelas 2 bernama Nugi (Herjunot Ali) dan Ipang (Vino G Bastian) yang mempunyai cita-cita membentuk grup band beraliran musik rock 'n' roll.

Mereka setiap hari nge-band hingga mengorbankan sekolahnya. Kedua anak muda tersebut memiliki sahabat perempuan bernama Sandra (Nadine Chandrawinata). Sandra, perempuan cantik dan seksi yang berprofesi sebagai penjaga distro, Sandra kerap menjadi tempat curhati Ipang dan Nugi.

Baca Juga:

Musisi Negeri Aing Gegayaan dengan Kacamatanya

Nongkrong dengan menggunakan mobil sedan classic menjadi inspirasi 'gaul' anak muda saat itu (Foto: istimewa)

.

Selain fesyennya, fenomena film ini seakan menginspirasi banyak anak muda, khususnya anak SMA untuk menjadi pribadi yang rebel.

Mungkin konotasi fesyen, musik dan lifestye rock'n'roll sering diidentikkan dengan kebebasan berekspresi. Namun, tak sedikit yang salah mengartikan konteks kebebasan tersebut.

Namun di sisi lain, terbilang lumrah bila sejumlah aspek rock'n'roll yang ada di film tersebut dilakukan oleh anak-anak sekolah pada zaman itu. Karena pada usia sekitar 15-18 tahun merupakan waktu pencarian jati diri, semisal apa yang dirasa mereka keren, ingin cepat-cepat dilakukan demi eksistensi dan pengakuan orang-orang sekitarnya.

Baca Juga:

Keberagaman Budaya dalam ‘Raya and the Last Dragon’

Hingga Nugi pun jatuh cinta pada Sandra, namun sayang, cintanya bertepuk sebelah tangan. Karena Sandra justru menaruh hati pada Ipang. Nugi tinggal bersama ibundanya yang single parent, setelah berpisah dari ayahnya saat masih kecil.

Ibunya Nugi ini menganut kehidupan hippies dan membuka jasa pengobatan holistk aroma terapi. Tapi Nugi tak menyukai gaya hidup ibunya, terlebih soal pacar sang ibu yang juga hippies.

Berbeda dengan Nugi, keluarga Ipang mengutamakan pendidikan. Ayah Ipang berprofesi sebagai dosen, dan ibunya tidak jauh berbeda dengan ayahnya. Ipank memiliki adik bernama Dido, yang sangat mengagumi dirinya.

Kendati Ipang merupakan kakak yang suka menjahili Dido, di balik itu Ipang merupakan sosok kakak yang sangat menyayangi adiknya. Namun, meski Ipang lahir di keluarga kaya, jalan pikiran Ipang berbeda dengan ayahnya, yang ingin Ipang mengutamakan pendidikan dibanding nge-band. (Ryn)

Baca Juga:

'Dilan 1990' Hits, Jaket Jeans Jadi Gegayaan Terkini di Negeri Aing

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Jenius, Selebritas Korea ini Enggak Hanya Menang Tampang
ShowBiz
Jenius, Selebritas Korea ini Enggak Hanya Menang Tampang

Terbukti lewat skor IQ mereka yang di atas rata-rata.

4 Tips Bikin Dapur Makin Estetik ala Putri Habibie
Fun
4 Tips Bikin Dapur Makin Estetik ala Putri Habibie

Putri Habibie punya cara tersendiri untuk membuat dapur jadi lebih estetik.

Gandeng Kawan Aktor, George Clooney Inisiasi Sekolah Film
ShowBiz
Gandeng Kawan Aktor, George Clooney Inisiasi Sekolah Film

Tujuan besar dari sekolah khusus ini ialah mendiversifikasi industri hiburan Hollywood.

Lagi Hits, Yuk Kenal Lebih Jauh Aplikasi SnackVideo
Fun
Lagi Hits, Yuk Kenal Lebih Jauh Aplikasi SnackVideo

SnackVideo menyuguhkan video menarik dan menghibur.

Kenali Bahaya Gangguan Jantung Akibat COVID-19
Fun
Kenali Bahaya Gangguan Jantung Akibat COVID-19

Paska terinfeksi COVID-19, ada risiko timbulnya bahaya gangguan jantung.

Gong Yoo Sebut 'Squid Game' dan 'The Silent Sea' Sebagai Serial Favoritnya
ShowBiz
LYON Tuangkan Pesan Mendalam di Video Musik ‘Persimpangan Lara’
ShowBiz
LYON Tuangkan Pesan Mendalam di Video Musik ‘Persimpangan Lara’

Lagu ini menghadrikan genre pop-ballad yang memiliki lirik emosional ala LYON.

Biarawati Perancis Ditetapkan sebagai Orang Tertua di Dunia
Hiburan & Gaya Hidup
Biarawati Perancis Ditetapkan sebagai Orang Tertua di Dunia

Lahir sebagai Lucile Randon pada 11 Februari 1904.

Pantaskah Dia Diajak Serius?
Fun
Pantaskah Dia Diajak Serius?

Jika skornya tinggi, maka kamu bisa melaksanakan kencan kedua dengannya

Mau Pamer Pencapaian Aja, Sok Modus Salah Kirim Chat Minta Maaf
Hiburan & Gaya Hidup
Mau Pamer Pencapaian Aja, Sok Modus Salah Kirim Chat Minta Maaf

Dalam menarik perhatian gebetan, ada sejumlah cara yang ampuh, salah satunya yakni dengan modus minta maaf dengan pamer terselubung demi menarik perhatian sang pujaan hati